Budaya

Cara Memanfaatkan Prinsip Yin dan Yang untuk Pikiran dan Tubuh

Pria dan Wanita
Pria dan Wanita. (Getty Images)

Konsep Yin dan Yang adalah konsep Taoisme yang paling dikenal. Anda mungkin pernah mendengar atau melihat simbol Yin-Yang dibanyak tempat, tapi tahukah anda maknanya yang lebih dalam?

Begitu anda memahami filosofi Tao kuno ini, anda akan mulai menyadarinya di banyak bidang dan aspek kehidupan yang tak ada habisnya.

Mengintegrasikan Yin dan Yang dalam kehidupan sehari-hari dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi anda pada tingkat mental, fisik, emosional, dan spiritual.

Memahami Yin dan Yang

Filosofi Yin dan Yang paling baik diwakili oleh simbolnya (Taijitu). Simbol ini adalah lingkaran yang dibagi oleh garis lengkung menjadi dua bagian yang sama.

Bagian Yin berwarna hitam, sedangkan bagian Yang berwarna putih. Dan simbol Yin-Yang yang lebih modern memiliki titik hitam dan putih tambahan untuk menunjukkan kemungkinan transformasi dalam karena setiap bagian selalu membawa bagian dari yang lain.

Singkatnya, Yin-Yang adalah konsep dualitas.

Filosofi Yin-Yang berasal dari pengamatan sifat sebenarnya dari Alam Semesta kita.

Semuanya memiliki dua aspek; kegelapan memiliki cahaya, penyakit memiliki kesehatan, dan tidak ada yang total baik atau total jahat.

Yin dan Yang saling membentuk, menyeimbangkan satu sama lain, dan berubah menjadi satu sama lain; mereka adalah komposisi dari dunia fisik.

Keseimbangan Yin-Yang

Yin dan Yang sepenuhnya saling terkait dan memerlukan satu sama lain. Itu berarti yang satu tidak akan ada tanpa adanya yang lain.

Ketika hidup mencapai keseimbangan Yin-Yang yang tepat, maka kehidupan akan mengalir dengan mantap, memelihara dan meningkatkan kesehatan mental dan fisik yang baik.

Tetapi kebanyakan orang memandang Yin dan Yang sebagai dua elemen yang terpisah. Dan mudah untuk condong ke satu hal daripada hal lainnya; olahraga atau istirahat, kebebasan atau hubungan jangka panjang, atau bekerja terlalu keras atau terlalu santai.

Namun, anda harus menerima dan merangkul keduanya untuk mengakses keharmonisan dan kekuatan dari prinsip Yin-Yang.

Teks kuno dari karya klasik Tiongkok ini, Tao Te Ching, menggambarkan keseimbangan Yin-Yang dengan sangat baik:

“Ketika orang melihat hal-hal sebagai indah,
keburukan diciptakan,
Ketika orang melihat hal-hal sebagai kebaikan,
kejahatan diciptakan.
Menjadi dan tidak menjadi menghasilkan satu sama lain,
Susah dan mudah saling melengkapi,
Panjang dan pendek saling menentukan,
Tinggi dan rendah saling bertentangan,
Depan dan belakang saling mengikuti.”

Yin dan Yang dalam kehidupan sehari-hari

Seperti telah disebutkan, Yin dan Yang adalah kekuatan yang berlawanan tetapi saling melengkapi. Yin cenderung pada kewanitaan, misteri, bulan, kegelapan, kelembutan, dan banyak lagi.

Di sisi lain, Yang mewakili tema-tema seperti kegagahan, kejernihan, matahari, cahaya, dan aksi, diantara banyak lainnya.

Jadi bagaimana filosofi Yin-Yang dapat membantu anda di dunia yang serba cepat dan tidak dapat diprediksi?

Kesehatan

Anda dapat menggunakan filosofi Yin-Yang untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran pribadi. Ini membentuk kerangka filosofis untuk pengobatan Tiongkok. Hal ini dibahas dalam The Yellow Emperor’s Classic of Internal Medicine, sebuah teks referensi yang berpengaruh bagi praktisi pengobatan Tiongkok selama lebih dari dua ribu tahun.

Pada pengobatan Tiongkok, penyakit tertentu disebabkan oleh makanan dan gaya hidup tertentu, atau lebih sering terjadi pada musim yang berbeda, sesuai dengan ketidakseimbangan Yin-Yang dalam tubuh anda.

Olah Raga

Olahraga sangat baik untuk kesehatan anda. Tapi akan kontraproduktif ketika anda mengorbankan istirahat untuk berolahraga atau langsung melakukan angkat berat setelah seharian bekerja.

Coba perkenalkan gerakan ke dalam rutinitas harian anda karena pendekatan Yang (aksi dan ekspansi tanpa akhir) adalah resep untuk cedera. Juga, dengarkan tubuh anda sebelum berolahraga.

Keseimbangan Kehidupan dan Kerja

Dunia modern menyukai sisi Yang dari keseimbangan Yin-Yang. Anda didorong untuk menjadi lebih produktif, meningkatkan limit anda, meningkatkan hasil anda, atau menghasilkan lebih banyak. Tetapi anda mungkin melewatkan waktu yang dibutuhkan untuk beristirahat, menyembuhkan, dan menyehatkan tubuh anda.

Ketika ini terjadi terus-menerus, anda mungkin akan mengalami “kekurangan Yin”, dan munculnya gejala seperti frustrasi, otot tegang, masalah tidur, dan kecemasan.

Penting untuk menjadwalkan aktivitas yang lebih bersifat Yin ke dalam hidup anda. Luangkan waktu untuk istirahat, bernapas, makan, meditasi, dan yang terpenting, untuk rasa syukur. Bersyukurlah untuk sesuatu sebelum tidur, bahkan ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan anda.

Filosofi Yin-Yang menunjukkan keseimbangan adalah kunci kesejahteraan, kesehatan, dan kemakmuran.(nspirement)

Lebih banyak kisah Budaya, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

VIDEO REKOMENDASI