Budaya

Feng Shui: Memberi Energi Ruang untuk Ketenangan Batin

Jembatan (Kredit: Martin Damboldt @Pexels)
Jembatan (Kredit: Martin Damboldt @Pexels)

Feng shui, diterjemahkan secara harfiah sebagai “air angin”, adalah praktik Tiongkok kuno yang menyelaraskan unsur fisik dan energik dari suatu lingkungan untuk mencapai keharmonisan dan keseimbangan, menghasilkan peningkatan energi dan suasana hati bagi mereka yang menghuni ruang tersebut.

Meskipun sering disalahartikan sebagai alat ajaib untuk mendapatkan kekayaan dan keberuntungan, prinsip paling dasar feng shui adalah logis dan mudah diterapkan, karena sangat mendasar bahkan hewan pun diketahui mempraktikkannya. Kita semua sadar akan apa yang membuat kita merasa aman, tenang, dan seimbang, meskipun kita mungkin telah kehilangan kontak dengan beberapa indra tersebut.

Revolusi Industri membuat orang berpaling dari cara hidup dan berpikir tradisional. Dengan meningkatnya teknologi, keseimbangan dan keharmonisan sebagian besar dilupakan, stres pribadi dan lingkungan meningkat, dan penyakit menjadi lebih umum terjadi. Feng shui dapat membantu kita bersatu kembali dan menghormati unsur alam disekitar kita, meningkatkan keadaan kita secara keseluruhan.

Awal Sederhana dari Feng Shui

Sementara semua budaya kuno telah menggunakan geomansi intuitif untuk membentuk lingkungan mereka dengan cara yang menguntungkan, feng shui diyakini telah ada sejak sekitar 4.000 tahun yang lalu di Tiongkok, sebagian besar sebagai panduan untuk usaha pertanian dan peternakan. Kedua usaha ini yang mempertimbangkan karakteristik alam dengan hati-hati lebih mampu menghadapi kekuatan destruktif alam.

Belakangan, feng shui digunakan secara spiritual, dalam menemukan lokasi pemakaman yang optimal untuk menghormati almarhum. Teknik menjadi lebih tepat dengan penemuan kompas pada masa dinasti Han, dan sekitar 2.000 SM, feng shui telah digunakan baik dalam perencanaan kota maupun arsitektur.

Karena feng shui berputar disekitar hubungan kita dengan unsur-unsur alam, maka feng shui berlaku secara luas saat ini dalam arsitektur, upaya ekologi, dan keberlanjutan.

Berbagai Metode Feng Shui

Ada dua aliran utama feng shui: feng shui bentuk dan feng shui kompas. Ada juga yang disebut “feng shui bintang terbang” – sistem kompleks yang menggunakan numerologi, dan “feng shui topi hitam” – interpretasi modern yang menggunakan objek simbolis dan berfokus pada niat. Disini kita akan mematuhi tradisi.

Feng Shui Bentuk

Feng shui bentuk melihat hubungan antara faktor fisik, termasuk bentang alam dan aspek lingkungan ruang luar, atau sifat dan posisi objek yang berbeda di dalam ruang interior.

Sebagian besar intuitif, feng shui bentuk melibatkan pengorganisasian ruang kita untuk keamanan dan kenyamanan. Perasaan takut dan tidak nyaman berkontribusi pada stres kronis, beban yang dialami oleh sistem kekebalan tubuh kita. Dengan menciptakan lingkungan yang aman dimana kita merasa nyaman dan terpelihara, kita menghasilkan suasana yang mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan.

Prinsip dasar feng shui bentuk meliputi, perlindungan, kebersihan, keseimbangan, dan meminimalkan keberadaan benda tajam atau mengancam.

Feng Shui Kompas

Feng shui kompas meneliti hubungan antara lima unsur (wu xing): logam, kayu, air, api, dan tanah, dan pengaruhnya terhadap berbagai aspek kehidupan kita.

Aliran ini didasarkan pada delapan trigram, atau bagua, diagram kuno yang penuh teka-teki yang menggambarkan aliran energi alami yang berhubungan dengan semua kepentingan manusia. Bagua diyakini sebagai hadiah dari dewa, pertama kali muncul di cangkang kura-kura dari Kaisar Fu Hsi yang bijaksana.

Menguraikan tanda-tanda tersebut mengungkapkan hubungan kosmik yang mendalam antara alam dan manusia, langit dan bumi. Feng shui kompas mempromosikan keseimbangan dan harmoni melalui penyesuaian kekuatan unsur yang terkait dengan ruang disetiap arah kompas sesuai dengan penggunaan dari ruang.

Menerapkan Prinsip Dasar Feng Shui

Prinsip paling mendasar dari feng shui melibatkan pemenuhan kebutuhan dasar kita. Perlindungan, kebersihan, pemeliharaan, dan keseimbangan akan membuat ruang apapun terasa seperti rumah.

Perlindungan

Untuk merasa nyaman dan rileks, seseorang perlu merasa aman. Orang cenderung merasa lebih aman dengan memunggungi dinding atau benda padat lainnya, karena posisi ini memungkinkan kita untuk melihat bahaya yang mendekat. Hal ini dapat diterapkan dalam penempatan kursi, pengaturan tempat tidur, dan bahkan lokasi perumahan. Lokasi yang paling diinginkan berada diatas bukit yang menghadap ke sekeliling.

Benda tajam dianggap mengancam. Pisau dan bentuk yang runcing membuat orang merasa tidak nyaman, bahkan menunjuk dengan jari pun dianggap tidak sopan oleh sebagian besar budaya. Untuk menanamkan rasa rileks, jauhkan pisau dan senjata lain dari pandangan. Fitur lembut, bulat, dan pola bunga pada furnitur dan dekorasi lebih disukai daripada tepi tajam dan desain geometris.

Kebersihan

Menjaga rumah tetap bersih dan rapi tidak hanya membantu mencegah penyebaran kuman dan virus, tetapi juga meningkatkan pikiran yang jernih dan hati yang tenang. Membersihkan kekacauan, baik didalam maupun diluar ruangan, dapat menghasilkan ledakan energi, karena kita melepaskan objek yang tidak perlu yang telah membebani pikiran dan menguras energi kita.

Orang yang sangat perseptif telah lama memahami bahwa segala sesuatu memiliki kehidupan, dan sains telah memverifikasi bahwa objek yang berbeda memiliki medan energi getaran yang berbeda, yang saling berinteraksi dan memengaruhi.

Sebuah ruangan dimana banyak kesedihan dialami, misalnya, dapat membawa energi negatif yang kuat yang perlu dibersihkan agar orang lain dapat menikmati ruangan tersebut kembali.

Ada berbagai metode “pembersihan ruang”, dimana seseorang menggunakan cahaya, suara, aroma, atau meditasi untuk menghilangkan energi negatif yang tersisa. Pilih salah satu yang sesuai dengan selera anda untuk setiap ruangan yang terasa bersih, namun tidak nyaman.

Pemeliharaan

Sebagai ruang untuk mendorong pertumbuhan dan produktivitas, tidak hanya perlu memberikan rasa aman; tetapi juga perlu memelihara jiwa. Ruangan yang steril dan tak bernyawa mungkin tampak menyegarkan pada awalnya, tetapi tanpa sentuhan pribadi untuk merangsang minat dan imajinasi, ruangan itu akan segera terasa seperti sel penjara.

Benda-benda dari alam selalu digunakan sebagai cara untuk membuat rumah terasa lebih nyaman. Tumbuhan, kerang laut, batu, hiasan air, dan gambar pemandangan semuanya memiliki efek menenangkan jiwa, yang dapat membuka pintu datangnya inspirasi.

Penggunaan bahan alami (bukan buatan manusia) di rumah membantu kita merasa terhubung dengan alam dan merasa nyaman dengan lingkungan kita. Bahan alami seperti kayu dan batu juga memiliki banyak keuntungan praktis.

Bahan ini tahan lama, mudah dirawat, lebih menarik, dan lebih nyaman daripada tiruan buatan manusia. Kain alami juga lebih disukai daripada poliester untuk meminimalkan mikroplastik di lingkungan tempat tinggal anda.

Keseimbangan

Dalam banyak hal, ketidakseimbangan mudah dideteksi dan dapat cepat diperbaiki. Saat kita merasa kedinginan, kita memakai lebih banyak pakaian; jika radio terlalu keras, kita mengecilkan volumenya; saat terlalu gelap untuk membaca, kita menghadirkan sedikit cahaya. Feng shui mengatasi ketidakseimbangan tidak hanya di alam fisik, tetapi juga di tingkat spiritual.

Dua karakter (angin) dan (air) yang membentuk kata feng shui dapat dikatakan mewakili semangat energi yang selalu berubah, dengan kecenderungan untuk mengalir. Ketika ada ketidakseimbangan, energi macet, dan perasaan cemas, frustrasi, penolakan, dan ketegangan akan muncul.

Untuk mengenali dan mengobati ketidakseimbangan alam spiritual, ada baiknya memiliki pemahaman dasar tentang lima unsur:

Lima elemen diagram siklus kreatif dan destruktif. (Kredit: Shandi Greve Penrod via Wikimedia Commons CC BY-SA 3.0)

Memahami Kelima Unsur

Menurut kebijaksanaan Tiongkok kuno, lima unsur logam, kayu, air, api, dan tanah merupakan semua hal yang tak terhitung jumlahnya di alam semesta. Mereka adalah bagian dari siklus ganda penciptaan dan penghancuran yang dapat diprediksi dan dikelola. Belajar mengenali unsur-unsur di sekitar anda akan memungkinkan anda untuk menyeimbangkan energi mereka dan meningkatkan keharmonisan dalam hidup anda.

Siklus produktif mengalir secara positif dari air ke kayu, kayu ke api, api ke tanah, tanah ke logam, dan logam ke air; karena setiap unsur memberi makan atau memelihara unsur berurutan berikutnya dalam siklus.

Siklus destruktif bukanlah kebalikan dari yang dibayangkan. Sebaliknya, hubungan ini adalah ikatan antara dua unsur terjauh dari setiap unsur yang digambarkan dalam diagram pentagonal. Dalam urutan ini, air melemahkan api, api melemahkan logam, logam melemahkan kayu, kayu melemahkan tanah, dan tanah melemahkan air.

Untuk melihat bagaimana segala sesuatu tersusun dari kelima unsur ini, kita perlu memperluas persepsi kita tentang kelima unsur tersebut.

Kayu

Tidak hanya mengacu pada kayu dan pohon, misalnya; tetapi juga mencakup semua tanaman hidup dan tidak hidup, dan produk alami yang dibuat darinya. Unsur kayu diwakili oleh nuansa hijau dan bentuk vertikal tinggi.

Api

Tidak terbatas pada nyala api panas yang pertama kali terlintas dalam pikiran; juga mencakup berbagai sumber panas dan cahaya – listrik, matahari, dan tentu saja bahan bakar yang terbakar. Nuansa merah dan bentuk segitiga atau kerucut melambangkan unsur api.

Air

Ada dalam berbagai bentuk, mulai dari lautan dan sungai hingga akuarium dan tempat minum burung. Barang-barang yang terbuat dari kaca juga dikategorikan sebagai unsur air, karena permukaan pantul yang mengkilap merupakan karakteristik dari air. Nuansa biru dan melengkung, bentuk-bentuk bebas mewakili unsur air.

Logam

Diwakili oleh setiap dan semua benda yang terbuat dari logam, termasuk keran dapur baja tahan karat, perhiasan emas, lonceng angin, dan koin. Unsur ini dicirikan oleh bentuk bulat dan warna terang seperti abu-abu, perak, dan putih.

Tanah

Adalah unsur yang terdiri dari mineral. Pasir, batu, kristal, keramik, batu bata, dan semen semuanya merupakan unsur tanah. Meskipun kita sering menggunakan kata tanah dan bumi secara bergantian, tanah yang subur akan memiliki banyak bahan organik yang dianggap sebagai unsur kayu. Bentuk kristal seperti kubus dan bujur sangkar, dan warna tanah klasik mewakili unsur ini.

Mempraktikkan Feng Shui

Dengan informasi dasar ini, kita dapat menilai apa unsur utama dalam ruang tertentu dan menyeimbangkannya seperlunya.

Misalnya, kamar tidur dengan perabotan kayu solid plus lantai kayu mungkin mendapat manfaat dari beberapa unsur logam. Lampu kuningan di ujung meja, cermin besar, atau Tibetian Singing Bowls akan membantu menyeimbangkan unsur kayu, yang jika berlebihan dapat menimbulkan perasaan marah.

Di kamar mandi, unsur air yang kuat diseimbangkan dengan perlengkapan porselen dan ubin. Jika unsur tanah menjadi berlebihan, gunakan beberapa tanaman sebagai unsur kayu.

Ruangan yang didominasi air, seperti kamar mandi, akan diimbangi oleh unsur tanah. Ada logika feng shui dibalik pancuran keramik dan bak porselen. Ketakutan adalah emosi yang terkait dengan air, jadi jika anda menderita kecemasan, anda mungkin menemukan bahwa mengumpulkan batu atau keramik sebagai hobi yang menyehatkan.

Sebaliknya, dapur mungkin memiliki unsur tanah yang melimpah, dengan meja granit, peralatan masak dari tanah, dan piring keramik. Lemari kayu alami, talenan kayu atau serbet kain dapat meningkatkan pengalaman memasak anda dengan mengurangi kekhawatiran emosi yang terkait dengan unsur tanah yang berlebih.

Sebuah garasi yang dipenuhi mobil, sepeda, dan perkakas akan memiliki kelebihan logam, unsur yang terkait dengan kesedihan. Untuk keseimbangan, perkenalkan unsur api dengan pencahayaan yang melimpah dan sumber kehangatan.

Api, sumber kegembiraan, tidak mungkin membanjiri ruangan mana pun – kecuali jika anda memiliki ruangan berwarna merah dengan perapian dan TV layar besar; dalam hal ini anda bisa menyeimbangkannya dengan unsur air.

Namun, sangat penting untuk memasukkan beberapa unsur api disetiap ruang. Pencahayaan yang cukup diketahui penting untuk kesehatan mental dan fisik, tapi siapa sangka itu juga adalah feng shui?

Sementara feng shui bisa jauh lebih rumit dan kompleks, cara ini sering digunakan sebagai sarana untuk mencapai keseimbangan batin.

Manfaat spiritual feng shui sebenarnya dapat diwujudkan dengan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk kesadaran dan refleksi. (visiontimes)

Lebih banyak kisah Budaya, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

VIDEO REKOMENDASI