Budaya

Integritas Masyarakat Jepang

Jepang
Jepang. (Canva Pro)

Seorang asing yang sedang melakukan perjalanan bisnis ke Jepang tiba-tiba berpikir: “Integritas orang Jepang dikatakan sebagai yang terbaik di dunia saat ini. Saya harus mencoba mencari tahu seberapa baiknya.”

Dia meletakkan koin 200 yen di bangku umum dan menunggu hasilnya. 200 yen berubah menjadi 300 yen. Melihat tambahan 100 yen, orang asing yang melakukan tes itu tercengang. Dia memposting topik tersebut di Internet untuk meminta penjelasan: “Apakah koin melahirkan koin?”

Postingan tersebut menarik banyak balasan. Banyak netizen yang bercerita tentang pengalamannya di Jepang.

Seorang netizen berkata: “Suatu kali, saya hendak naik kereta pulang setelah membeli hadiah Natal. Saya tidak sengaja meninggalkan tas di kursi di stasiun, jadi saya harus kembali ke tempat saya berangkat. Setelah 25 menit, saya tiba dan menemukan tas itu masih di tempat yang sama.”

Netizen lain berkata: “Pengalaman saya, saya menghabiskan dua tahun di sekolah pascasarjana Jepang dan melihat laptop seseorang ditinggalkan di tempat selama 24 jam, tetapi tidak ada yang mencoba mencurinya selama waktu itu.”

Ginza adalah distrik tersibuk di Jepang, dengan arus komuter yang sangat besar setiap harinya. Seseorang berkata bahwa ketika dia datang ke negara itu untuk bekerja, dia meletakkan kamera Hasselblad senilai US$25.000 di Ginza dan mengamatinya dari jarak 300 meter untuk melihat apa yang akan terjadi. Tidak ada yang orang yang menyentuhnya.

Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa 200 yen adalah uang yang sangat sedikit. Tidak ada yang akan mengambil keuntungan dari jumlah kecil itu.

Netizen lain berkata: “Suatu kali, dompet saya yang berisi 100.000 yen tertinggal di kereta, dan dompet itu kembali dalam 8 jam.”

Netizen lainnya berkomentar: “Jangan khawatir jika kamu tidak sengaja kehilangan sesuatu di Jepang. Baik berharga atau tidak, barang yang hilang akan ditempatkan di tempat yang sama atau di dekatnya.”

Seperti yang dikatakan orang Tiongkok kuno, hal penting dalam masyarakat bermoral adalah “tidak harus mengunci pintu di malam hari dan tidak mengambil barang-barang yang tertinggal di jalan.” Pernyataan ini sederhana, namun menjadikannya konsensus nasional adalah hal yang sulit. Bagaimana cara orang Jepang melakukannya?

Integritas Jepang berasal dari Sistem Hukumnya

Apakah karena orang-orang di sini secara alami lebih baik daripada orang-orang di tempat lain? Tidak, tingginya integritas masyarakat sebagian besar disebabkan oleh sistem hukum negara yang sempurna, yang telah membatasi perilaku masyarakat dalam jangka waktu yang lama. Ketika kebiasaan menjadi alami, perlahan-lahan hal itu menciptakan lingkungan sosial negara.

Mengambil benda yang hilang atau tidak bertuan adalah kejahatan yang dapat dihukum hingga satu tahun penjara dan denda hingga 100.000 yen di bawah hukum “penyalahgunaan benda yang hilang atau tidak bertuan.”

Tentu saja, jika anda menemukan dompet dan menyerahkannya kepada polisi, dan jika pemiliknya tidak mengambil dompet tersebut dalam waktu tiga bulan, dompet tersebut akan diserahkan kepada orang yang menemukannya; jika pemilik mengklaim dompet tersebut dalam waktu tiga bulan, orang yang menemukan dompet tersebut boleh meminta imbalan sebesar 5-20 persen kepada pemiliknya.

Jepang bukan hanya sebuah masyarakat yang secara umum mengakui nilai integritas, namun juga merupakan masyarakat yang memiliki nilai-nilai kerendahan hati dan toleransi.

Seorang teman mengatakan dia pernah menginjak kaki seorang gadis di Jepang. Ketika dia hendak meminta maaf, gadis itu menundukkan kepalanya dan mengatakan kepadanya: “Saya minta maaf!” Dia terkejut. “Itu salahku, tapi gadis itu malah meminta maaf padaku!”

Belakangan, dia menyadari bahwa hal seperti ini biasa terjadi di kalangan masyarakat Jepang. Jalanan dan kereta bawah tanah begitu sunyi sehingga tidak terbayangkan melihat orang berebut kursi atau berdebat di jalan.

Peradaban masyarakat manusia tidak terlepas dari aturan hukum. Ketika peradaban mencapai tingkat tertentu, perilaku sosial masyarakat secara alamiah meningkat menjadi pengendalian diri berdasarkan kriteria moral. Mungkin inilah sebabnya mengapa integritas masyarakat Jepang berulang kali mengejutkan para pengunjung. (nspirement)

Lebih banyak kisah Budaya, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

VIDEO REKOMENDASI