Budaya

Musik Adalah Obat Dalam Seni Pertunjukan Shen Yun

Pertunjukan Shen Yun (Kredit: Shen Yun Performing Arts)
Pertunjukan Shen Yun (Kredit: Shen Yun Performing Arts)

Dalam pertunjukan Shen Yun, musik adalah obat yang menyehatkan jiwa anda. Shen Yun adalah pertunjukan yang menghidupkan kembali budaya Tiongkok kuno yang indah melalui tarian dan musik tradisional.

Pertunjukan ini adalah letupan warna dan kostum tradisional, penuh dengan cerita dan legenda yang kaya dan dengan bakat dan musik yang luar biasa.

Di Tiongkok Kuno, Salah Satu Tujuan Awal Musik Adalah Untuk Penyembuhan.

Karakter Tiongkok untuk “musik” berasal dari karakter untuk “obat”.

Para gadis memainkan seruling untuk Menteri Han Xizai dalam lukisan abad ke-10 ini, ‘Night Revels of Han Xizai.’ (Kredit: Shen Yun Performing Arts)

Lima nada dari tangga nada pentatonik Tiongkok berhubungan dengan lima sistem organ yang berbeda dalam pengobatan tradisional Tiongkok: jantung, ginjal, paru-paru, limpa dan hati-api, air, logam, tanah dan kayu.

Lima nada tersebut adalah gong (宫), shang (商), jue (角), zi (徽), dan yu (羽).

Nada pertama, gong (宫), terhubung ke elemen tanah dan sistem pencernaan. Musik berdasarkan nada ini membuat orang merasa tenang. Jue (角), disisi lain, adalah nada untuk kayu yang terhubung dengan kesehatan hati.

Karakter musik Tiongkok berasal dari karakter obat. (Kredit: Shen Yun Performing Arts)

Orang dahulu percaya bahwa musik adalah obat

Orang dahulu percaya musik elegan yang memelihara kebajikan akan menempatkan organ seseorang dalam harmoni, sehingga memiliki efek penyembuhan pada tubuh. Budaya adalah hadiah dari dewa-dewa, dan mereka merasakan hubungan alami dengan surga.

Jika anda juga bertanya-tanya apa arti nama Shen Yun, berikut penjelasannya:

Shen (神) adalah istilah umum untuk makhluk tingkat tinggi. Sejarah Tiongkok kuno dipenuhi dengan karakter-karakter ini, apakah itu Dewa, Tao abadi atau Buddha.

Dan bagian kedua-Yun (韻) berarti “sajak” atau “irama”, tetapi dalam hal ini, ini diterjemahkan menjadi ekspresi halus dari bahasa tubuh seseorang.

Alat musik tradisional Tiongkok dari kiri ke kanan: Mangkuk lonceng, pipa, dan erhu bersenar dua. (Kredit: Shen Yun Performing Arts)

Seorang penonton pada pertunjukan tahun lalu menyatakan “Ketika pertunjukan solo erhu instrumen tradisional Tiongkok dimulai, seolah-olah tidak ada orang lain di teater dan rasanya seperti hampir berbicara langsung ke hati saya. Saya belum pernah mendengar alat musik seperti itu dimainkan dengan begitu lembut sebelumnya”.

Musiknya adalah perpaduan antara Timur dan Barat, dan sangat selaras untuk mengiringi pertunjukan, membuat anda merasa hangat di dalam. (nspirement)

Lebih banyak kisah Budaya, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI