Budi Pekerti

10 Kebiasaan Baik yang Digunakan Orang Sukses

Bahagia @Getty Images via Canva Pro
Bahagia @Getty Images via Canva Pro

Kebiasaan baik menentukan hidup yang baik. Hidup anda adalah akumulasi dari kebiasaan anda yang tak terhitung jumlahnya.

Jika anda mengembangkan kebiasaan baik, maka anda tidak jauh dari kesuksesan. Lihatlah berapa banyak yang dapat anda lakukan.

10 kebiasaan baik yang digunakan orang sukses

1. Pergi tidur tanpa telepon

Daya pikat ponsel terlalu besar untuk orang modern. Jika anda pergi tidur dengan telepon, anda akan sering menunda waktu tidur normal anda.

Selain itu, bermain dengan telepon sambil duduk di tempat tidur sangat berbahaya bagi mata dan tulang belakang leher anda.

Menjauhi produk elektronik sebelum tidur dan membaca buku di tempat tidur dapat membantu menenangkan otak. Pertahankan keadaan tenang dan jangan melakukan aktivitas berat agar otak anda bisa rileks, sehingga meningkatkan kualitas tidur.

2. Sepuluh Menit Lebih Cepat dari Segalanya

Apa pun yang anda lakukan, yang terbaik adalah memberi diri anda kelonggaran. Rencanakan 10 menit lebih awal untuk semuanya; Dengan begitu, anda dapat memberi diri anda cukup waktu untuk menghadapi keadaan darurat, dan anda tidak akan selalu berada dalam keadaan yang sangat tegang. Bangun 10 menit lebih awal dan keluar 10 menit lebih.

3. Prioritaskan Hal-Hal yang Lebih Penting

Sebelum mulai bekerja setiap hari, anda perlu menenangkan diri, berpikir, dan memprioritaskan sesuatu. Orang-orang sukses melakukan hal-hal yang mendesak dan penting terlebih dahulu, dan kemudian mereka melakukan hal-hal yang kurang mendesak. Menyelesaikan tugas pada hari itu tidak hanya akan memastikan pekerjaan yang efisien, tetapi juga penggunaan waktu yang rasional.

4. Belajar Mengatakan Tidak

Belajarlah untuk mengatakan tidak pada waktu yang tepat; jangan biarkan hal-hal sepele membuang waktumu. Ketika orang lain meminta bantuan anda, jika itu adalah tugas yang menghabiskan waktu dan energi anda, tidak apa-apa untuk menolaknya dan ini akan membantu menghentikan orang lain untuk selalu bergantung pada anda.

5. Belajar berempati

Jika anda menganggap meminta bantuan sebagai upaya terakhir, anda akan lebih jarang bertanya dan mendapatkan kemandirian. Sebelum berbicara, cobalah bertukar tempat dengan orang lain, dan tanyakan pada diri sendiri apakah anda dapat menangani permintaan semacam ini.

Jika jawabannya tidak, maka anda harus memikirkan cara lain. Ketika anda menempatkan diri anda pada posisi orang lain dan melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain, anda akan menemukan bahwa cara anda menangani sesuatu benar-benar penting.

6. Dengarkan Orang Lain dengan Sabar

Mendengarkan orang lain dengan sabar adalah kesopanan yang paling mendasar dalam berurusan dengan orang lain, dan itu juga merupakan semacam rasa hormat terhadap orang lain. Orang sukses selalu mengikuti aturan ini.

Konfusius, orang bijak Tiongkok, berkata: “Berjalan di antara tiga orang, saya menemukan guru saya di antara mereka. Saya memilih apa yang baik di dalamnya dan mengikutinya, dan apa yang buruk dan mengubahnya.”

Jika anda memperhatikan, anda selalu bisa mendapatkan apa yang anda butuhkan dari kata-kata dan perbuatan orang lain.

Oleh karena itu, mendengarkan orang lain dengan sabar juga merupakan cara penting untuk menyerap kebijaksanaan.

7. Tetap berolahraga

Hidup terletak pada olahraga, dan untuk menjadi sukses, perlu mengembangkan kebiasaan baik untuk berolahraga. Baik berolahraga di gym, berlari, atau jogging di sekitar rumah, semuanya baik untuk kesehatan anda. Bersepeda atau berjalan kaki juga merupakan pilihan yang baik.

8. Belajar Mengelola Uang

Beberapa orang menghabiskan uang dengan sangat santai dan tidak memiliki konsep manajemen keuangan sama sekali. Ketika saya masih muda, saya sering mendapatkan $10.000 dan menghabiskan $8.000. Belakangan, saya secara bertahap menemukan bahwa cara konsumsi ini sangat tidak rasional. Orang-orang sukses tidak melakukan ini dengan uang mereka.

Bukanlah hal yang memalukan untuk menghasilkan uang, menyimpan uang, dan berinvestasi sebagai gaya hidup. Dengan menghabiskan banyak uang secara sembrono, anda akan menemukan bahwa tidak akan ada uang ketika anda benar-benar membutuhkannya.

Manajemen keuangan bukan tentang tidak menghabiskan uang, tetapi tentang merencanakan pendapatan dan pengeluaran anda saat ini secara wajar, yang membantu berfungsi sebagai rencana hidup dan jalan menuju kesuksesan.

9. Jauhi Mengeluh

Jangan buru-buru mengeluh saat menghadapi masalah. Mengeluh tidak akan membuat anda sukses, itu hanya akan menyakiti perasaan anda. Carilah ke dalam diri anda, lihat apa yang belum anda lakukan dengan cukup baik, perbaiki kesalahan yang mungkin anda lakukan, dan hindari membuat kesalahan.

Jika semua orang bisa berpikir seperti ini, maka kesuksesan sudah tidak jauh lagi.

10. Belajarlah Mengendalikan Emosi Anda

Orang-orang temperamental akan selalu menghadapi hal-hal yang tidak menyenangkan. Orang-orang sukses mengontrol emosi mereka sendiri dan tidak menaruh kemarahan mereka pada orang lain. Kehilangan kesabaran tidak akan menyelesaikan masalah; sebaliknya, itu akan memperumit hal-hal sederhana.

Ketika anda memperlakukan segala sesuatu dengan pikiran yang damai, anda akan menemukan bahwa banyak hal dapat diselesaikan dengan mudah.

Lebih banyak artikel Budi Pekerti, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

VIDEO REKOMENDASI