Budi Pekerti

15 Pelajaran Hidup untuk Kebahagiaan Setelah Usia 50

Lansia @Canva Pro
Lansia @Canva Pro

Psikolog terkenal Rusia Pavlov berkata: “Kebahagiaan adalah satu-satunya rahasia kesehatan yang baik.”

Karena kebahagiaan dan kesehatan terhubung secara alami, bagaimana kita bisa membuat diri kita lebih bahagia seiring bertambahnya usia?

Jika anda sudah berusia 50 tahun, inilah 15 pelajaran hidup untuk kebahagiaan

1. Hargai Keindahan Hidup dan Hiduplah pada Saat ini

Perhatikan keindahan di sekitar anda, seperti menyaksikan matahari terbit dan terbenam bersama orang yang anda cintai. Belajarlah untuk hidup di masa sekarang dan hargai berkah di sekitar anda, daripada hidup di masa lalu atau di masa depan, untuk memberi anda kebahagiaan.

2. Berhenti Menekan Diri

Setelah 50 tahun, anda bukan lagi pahlawan super. Berhentilah terburu-buru sepanjang hari dan hiduplah dengan nyaman. Misalnya, makan makanan anda satu suapan pada satu waktu, dan lakukan tugas anda sedikit demi sedikit. Namun, santai saja tidak cukup. Jika perlu, anda tetap dapat menunjukkan semangat anda agar hari-hari yang membosankan menjadi cerah.

3. Ada Dua Sisi dari Segala Sesuatu

Apa yang anda anggap salah mungkin tampak benar bagi orang lain; apa yang menurut anda benar belum tentu paling cocok bagi orang lain. Jadi jangan membuat keputusan untuk hidup anak-anak anda; yang terbaik adalah memberikan saran.

4. Kualitas Hidup Tergantung Pola Pikir Anda Sendiri

Makan banyak makanan enak atau mengendarai mobil bagus setiap hari bukanlah hal yang harus disamakan dengan kehidupan atau kebahagiaan berkualitas tinggi. Hanya ketika anda mencapai kepuasan mental maka anda dapat menikmati hidup yang berkualitas.

5. Memaafkan dan Toleransi Memupuk Kehangatan dalam Hubungan

Jika anda mengalami keterasingan dalam ikatan kekeluargaan, dekati dengan sikap ringan, pemaaf, dan toleransi. Sikap ini akan membuat hati anda tetap terbuka, damai, dan hangat.

6. Penting untuk Memiliki Pola Pikir yang Optimis

Lebih memikirkan hal-hal yang baik dan tetap optimis ketika menghadapi masalah. Pasti ada alasan untuk segala sesuatu. Kebahagiaan datang dari tetap positif dan ini selalu lebih baik daripada menjadi negatif.

7. Penting untuk Memilih Teman yang Tepat

Bertemanlah dengan orang-orang yang optimis dan berpikiran sama dan anda akan menemukan kebahagiaan. Anda juga akan menjadi optimis dan ceria.

8. Jangan Pernah Berhenti Belajar

Turuti filosofi bahwa belajar adalah perjalanan seumur hidup. Tetaplah ingin tahu tentang pengetahuan baru terkait profesi dan hobi anda, dan berani mencoba hal-hal yang anda minati, seperti mencoba resep baru, kegiatan baru, dll.

9. Mengandalkan Diri Sendiri Lebih Baik daripada Mengandalkan Orang Lain

Beberapa masalah perlu diselesaikan sendiri. Percayalah pada diri sendiri, hadapi tantangan secara langsung, lihat setiap kesulitan sebagai peluang, dan belajar memecahkan masalah secara kreatif.

10. Peningkatan Diri dan Watak Lebih Penting daripada Gelar dan Status

Status dan gelar itu seperti gelas, sedangkan peningkatan diri dan karakter anda adalah apa yang ada di dalam gelas itu. Gelas yang berkilau mungkin penuh dengan air kotor, sedangkan gelas yang sederhana mungkin penuh dengan anggur.

Adalah upaya terus menerus anda untuk meningkatkan perilaku dan karakter moral anda yang paling penting, bukan penghargaan eksternal.

11. Fokus pada Diri Sendiri

Berkonsentrasilah untuk menciptakan kehidupan yang anda inginkan, dan jangan terlalu peduli dengan perkataan dan perbuatan orang lain, apalagi rumor atau pelecehan. Juga tidak perlu membuat penilaian tentang hal ini, karena setiap orang memiliki cara hidupnya sendiri.

12. Orang dengan Hati yang Bersyukur Hidup Lebih Bahagia

Untuk setiap berkat, besar atau kecil, anda harus bersyukur. Hargai keluarga, pekerjaan, dan teman yang anda miliki. Mengapa tidak memberi tahu mereka secara langsung bahwa anda merasakan kebahagiaan karena mereka ada dalam hidup anda?

13. Belajar Memaafkan adalah Pelajaran Wajib

Menyimpan dendam adalah salah satu bentuk “melukai diri sendiri”. Memaafkan orang lain dapat menenangkan pikiran anda. Pada saat yang sama, anda harus belajar dari kesalahan anda dan memaafkan diri sendiri.

14. Tertawa Membuat Anda Awet Muda

Jangan terlalu serius tentang diri sendiri atau kehidupan. Cobalah untuk menemukan kegembiraan di sekitar anda, jadilah humoris dari waktu ke waktu, dan penuhi hidup anda dengan canda dan tawa.

15. Memiliki Seseorang yang Merawat Anda adalah Berkah Terbesar

Jika anda tidak memiliki seseorang untuk merawat anda maka anda dapat mengurus diri sendiri. Anda perlu memastikan istirahat yang baik, olahraga teratur, dan pola makan yang sehat.

Libatkan otak anda dalam aktivitas yang menarik dan merangsang agar pikiran anda tetap aktif. Berapa pun usia anda, penting untuk membuat diri anda bahagia! (nspirement)

Lebih banyak artikel Budi Pekerti, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

VIDEO REKOMENDASI