Budi Pekerti

5 Cara Luar Biasa untuk Mendorong Diri Anda Bekerja Lebih Keras

Naik tangga (Getty Images via Canva Pro)
Naik tangga (Getty Images via Canva Pro)

Saya suka menulis tentang kerja keras karena saya menyadari bahwa melalui itu, seseorang dapat mencapai tingkat kesuksesan yang tinggi, dan mencapai tempat yang tidak pernah dia bayangkan.

Jauh di lubuk hati kita, kita tahu bahwa kerja keras adalah kunci kesuksesan. Namun, terlepas dari pengetahuan ini, kita selalu merasa sulit untuk mendorong diri kita bekerja lebih keras.

Pada tahap awal melaksanakan sebuah ide, seringkali kita memiliki semangat untuk bekerja keras dan berkomitmen untuk mencapai tujuan kita. Namun, setelah jangka waktu tertentu, kemalasan merayap masuk, dan kita kehilangan semangat.

Kita kemudian percaya bahwa kita tidak ditakdirkan untuk sukses karena semangat kerja keras tidak ada dalam diri kita. Namun, satu hal yang telah saya pelajari adalah bahwa setiap orang termasuk orang sukses memiliki kemalasan di dalam dirinya karena tidak ada orang yang secara alami adalah pekerja keras.

Seorang pekerja keras adalah individu yang baru saja menemukan cara untuk membuat dirinya bekerja lebih keras.

Saya adalah seorang pekerja keras, dan saya juga menyadari 5 taktik yang membuat saya bekerja sangat keras setiap hari. Saya percaya taktik itu juga akan membuat anda mendorong diri anda hingga batasnya.

Cara untuk Mendorong Diri Lebih Keras

Berikut adalah 5 taktik yang juga bisa anda terapkan untuk membuat diri anda bekerja sangat keras.

1. Berlatih Bekerja Keras

Kerja keras adalah keterampilan, dan seperti keterampilan lainnya, seseorang harus melatihnya untuk menyempurnakannya. Oleh karena itu, jika ingin menjadi pekerja keras, anda harus berlatih bekerja keras.

Berlatih bangun pagi, berlatih melakukan banyak pekerjaan, dan berlatih bekerja lebih lama. Latih saja segala sesuatu yang berhubungan dengan kerja keras, dan suatu saat ketika anda bangun akan menyadari bahwa anda adalah seorang pekerja keras.

2. Memiliki Tujuan yang Mantap

Jika anda tidak memiliki tujuan yang mantap, maka akan sulit bagi anda untuk bekerja keras karena bagaimanapun anda akan bekerja keras untuk apa? Banyak pekerja keras selalu memiliki tujuan besar yang memaksa mereka untuk bekerja ketika mereka memikirkannya.

Jangan hanya berpikir untuk bekerja keras sehingga anda mampu membeli mobil atau rumah besar karena ini bukan tujuan yang cukup kuat untuk mendorong anda maju. Contoh tujuan besar adalah memutuskan bahwa anda bekerja keras sehingga anda membawa perubahan dalam kehidupan keluarga, teman, dan lingkungan anda, atau bekerja keras sehingga anda dapat membantu mengurangi tingkat kemiskinan di negara anda.

Tujuan yang kuat selalu melibatkan membawa perubahan positif yang besar dalam pengaturan tertentu. Penemu seperti Albert Einstein, Thomas Edison, dan Wright bersaudara bekerja sangat keras karena mereka memiliki tujuan yang hebat.

3. Kelilingi Diri Anda dengan Pekerja Keras

Jika anda dikelilingi orang-orang malas, anda juga akan menjadi malas, tetapi jika anda dikelilingi orang-orang pekerja keras, anda akan mendapati diri anda bekerja keras untuk mencapai tujuan anda. Hindari teman yang hanya ingin bersenang-senang sepanjang waktu. Jenis teman seperti ini akan selalu mematahkan semangat anda saat anda berusaha bekerja keras.

Oleh karena itu, selalu kelilingi diri anda dengan pekerja yang agresif karena jika teman anda adalah pekerja keras, anda akan mendapati diri anda bekerja keras karena mereka akan selalu memotivasi anda untuk bekerja keras, dan bahkan mungkin akan menghindari anda jika mereka menyadari bahwa anda adalah orang yang malas.

4. Baca dan Tonton Hal-hal yang Menginspirasi

Anda juga dapat mendorong diri anda lebih keras dengan membaca dan menonton materi yang menginspirasi.

Saya selalu membaca buku-buku inspiratif dan menonton video-video motivasi karena akan mendorong saya untuk bekerja lebih keras. Buku-buku seperti The Science of Getting Rich oleh Wallace D. Wattles, dan Success Through a Positive Mental Attitude oleh Napoleon Hill dan Clement Stone akan meyakinkan anda bahwa anda dapat mencapai apapun yang anda inginkan selama anda bekerja keras.

Sulit untuk bekerja keras ketika anda tidak percaya pada diri sendiri atau ketika anda pesimis.

Bagaimanapun, hal-hal yang menginspirasi membuat anda bekerja lebih keras menuju impian anda karena membuat anda percaya pada diri sendiri. Inspirasi itu juga membuat anda tahu bahwa usaha anda tidak akan pernah sia-sia selama anda terus bekerja keras tanpa menyerah.

5. Luangkan Waktu Anda dan Bayangkan Seperti Apa Kegagalan Itu

Terakhir, terlepas dari kenyataan bahwa kita perlu membayangkan kesuksesan agar kita bekerja lebih keras, saya yakin penting juga untuk membayangkan bagaimana jadinya hidup jika anda gagal dalam hidup.

Bayangkan bagaimana orang akan mengabaikan anda karena orang selalu mengabaikan orang yang bangkrut, atau bayangkan anak-anak anda harus berjuang hanya karena anda tidak punya cukup uang untuk membuat hidup mereka lebih baik. Dengan kata lain, luangkan waktu anda dan bayangkan segala macam hal yang mungkin terjadi jika anda gagal bekerja keras dan mencapai impian anda.

Setiap kali saya merasa malas, saya selalu membiarkan imajinasi semacam ini ada di pikiran saya karena itu akan mengingatkan saya bahwa saya akan dapat menghindari jenis kehidupan yang tidak saya inginkan, hanya jika saya bekerja lebih keras untuk mencapai tujuan saya.

 “Berkomitmen pada diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang inovatif yang orang biasa takut melakukannya. Bidik tinggi dan dorong diri anda untuk mencapai semua yang anda inginkan. ”– Anil Sinha

 “Raihlah. Dorong diri anda sejauh yang anda bisa.”– Christa McAuliffe

 “Mendorong diri anda untuk menjadi yang terbaik tidak berkelanjutan. Cukup dorong diri anda untuk menjadi lebih baik dari hari sebelumnya.”– Simon Sinek

Lebih banyak artikel Budi Pekerti, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

VIDEO REKOMENDASI