Budi Pekerti

7 Cara Ampuh untuk Mengatasi Stres dalam Pernikahan Anda

Pernikahan @Canva Pro
Pernikahan @Canva Pro

Pernikahan adalah salah satu hubungan paling menantang yang dapat dihadapi oleh setiap manusia. Tapi itu juga salah satu yang paling bermanfaat. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh British Medical Journal, orang-orang dalam hubungan cinta yang sehat memiliki kesehatan mental dan fisik yang lebih baik dan hidup lebih lama daripada mereka yang berada dalam hubungan yang tidak sehat.

Namun, komitmen cinta seumur hidup, sesempurna kelihatannya, tidak pernah sebuah hamparan mawar. Tidak ada buku panduan baku tentang pernikahan; oleh karena itu, setiap ikatan akan berbeda dan terkadang bisa membuat stres. Ada faktor-faktor tertentu yang dapat memicu stres dalam pernikahan. Ini antara lain termasuk kebiasaan komunikasi yang buruk, masalah kesuburan, masalah keuangan, kurangnya keintiman seksual, pembagian tugas yang tidak seimbang, dan ketidaksetiaan.

Penting untuk dipahami bahwa “abaikan saja dan itu akan hilang” tidak berlaku untuk stres dalam pernikahan. Masalah stres yang tidak terselesaikan dalam pernikahan dapat menyebabkan lebih banyak masalah. Jadi bagaimana anda mengatasi stres dalam hubungan anda?

7 cara untuk mengurangi stres dalam pernikahan

1. Komunikasi

Terbuka dengan pasangan anda. Beri tahu mereka apa yang membuat anda stres, dan pastikan anda juga mendengarkan mereka. Apa pun itu, jika itu menyebabkan stres, maka itu layak untuk dibicarakan, jadi jangan dipendam. Menahan diri dapat menyebabkan lebih banyak stres dan bahkan mungkin depresi.

Pernikahan adalah jalan dua arah. Mungkin ada saat-saat ketika anda berdua sedang stres pada saat yang sama, jadi ingatlah juga untuk mendengarkan ketika pasangan anda berbicara tentang apa yang membuat mereka khawatir.

2. Bicara tentang keuangan dan tagihan

Uang adalah penyebab utama stres dalam kebanyakan pernikahan. Membicarakan tagihan dan masalah keuangan dengan pasangan bisa menyelamatkan pernikahan anda.

Melalui percakapan tentang keuangan akan membantu anda memahami satu sama lain dengan lebih baik. Orang yang satu mungkin boros, sementara yang lain sebaliknya.

Jadi diskusikan hutang, kartu kredit, skor kredit, dan pinjaman. Sepakati apakah anda akan memiliki rekening bersama atau terpisah. Penting juga untuk membicarakan rekening bank anda dan bagaimana seharusnya dioperasikan untuk menghindari tekanan keuangan di masa depan.

3. Seimbangkan pekerjaan rumah tangga

Melakukan semua pekerjaan rumah tangga bisa sangat melelahkan, dan semua orang menghargai uluran tangan. Membagi pekerjaan rumah tangga 50/50 tanpa berdebat tentang siapa yang bekerja lebih lama atau lebih lelah dapat menyelesaikan banyak masalah dalam pernikahan.

Anda dan pasangan dapat melakukan tugas pada hari yang paling nyaman bagi anda atau hari yang sesuai dengan jadwal kerja anda. Menyewa seseorang untuk membersihkan rumah untuk anda juga merupakan pilihan bagus jika anda terlalu sibuk atau lelah setelah bekerja.

4. Prioritaskan hubungan anda

Pasangan anda harus selalu didahulukan. Luangkan waktu, sesibuk apa pun jadwal anda, untuk menghabiskan beberapa jam atau hari bersama orang yang anda cintai. Berkencan, berlibur singkat, atau habiskan waktu jauh dari anak-anak, berdua saja.

Mempelajari bahasa cinta pasangan anda juga dapat membantu anda terhubung dengan lebih baik. Anda tidak akan pernah salah dalam hal ini. Jika pasangan anda menyukai hadiah, mengejutkannya sesekali akan sangat membantu untuk menegaskan kembali kepadanya bahwa anda masih peduli.

5. Mengutamakan keintiman

Kurangnya keintiman dalam pernikahan dapat menyebabkan stres dan perceraian. Keintiman tidak selalu berarti seks. Pasangan anda membutuhkan teman yang dapat mereka percayai dan nyaman. Berpelukan saat anda menonton acara TV atau film favorit anda dan tertidur dalam pelukan satu sama lain dapat membantu memperkuat hubungan anda.

Pernikahan tanpa keintiman bisa menimbulkan trauma. Keintiman adalah pilar pernikahan yang sukses, jadi luangkan waktu untuk itu dan tunjukkan kasih sayang yang tulus kepada pasangan anda.

6. Fokus pada kekuatan anda

Alih-alih memikirkan kekurangan pasangan anda, anda dapat memilih untuk fokus pada kekuatan mereka dan hal-hal yang anda sukai dari mereka. Saling mendukung sehingga anda dapat mengatasi kelemahan pribadi masing masing dan menemukan apa yang paling membuat anda senang tentang pasangan anda.

7. Beri ruang pada pasangan anda

Menghabiskan waktu jauh dari pasangan anda sesekali dapat meremajakan pernikahan anda. Seringkali ada orang yang mengatakan bahwa mereka merasa “tercekik” dalam suatu hubungan. Mengizinkan pasangan anda untuk melakukan hobinya, menghabiskan waktu bersama teman-temannya, atau minum sendirian akan membuat mereka bebas tanpa merasa dikendalikan atau tertekan.

Beberapa orang ingin dibiarkan sendiri, sementara yang lain suka menghabiskan waktu bersama pasangan. Pilihan terbaik adalah menemukan keseimbangan dan melakukan apa yang berhasil untuk pernikahan anda.

Menikmati pernikahan tanpa stres

Ada banyak cara untuk mengurangi stres dalam pernikahan anda. Semuanya tentang komunikasi dan menyeimbangkan apa yang cocok untuk anda dan pasangan.

Alangkah baiknya jika anda dan pasangan dapat menghadapi tantangan apa pun yang anda hadapi dan mengatasinya bersama. Tetapi jika anda tidak dapat menyelesaikan masalah anda sendiri, carilah penasihat pernikahan untuk membantu anda. (nspirement)

Lebih banyak artikel Budi Pekerti, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

VIDEO REKOMENDASI