Budi Pekerti

Ciri-Ciri Orang yang Bertanggung Jawab

Kurir yang mengantarkan paket sampai tujuan @Canva Pro
Kurir yang mengantarkan paket sampai tujuan @Canva Pro

Orang-orang diharapkan untuk berperilaku bertanggung jawab. Bertanggung jawab berarti dapat diandalkan, menepati janji, dan menghormati komitmen kita. 

Itu adalah menerima konsekuensi dari apa yang kita katakan dan lakukan. Itu juga berarti mengembangkan potensi kita.

Menjadi orang yang bertanggung jawab berarti secara sadar membuat keputusan dan melakukan perilaku yang berusaha untuk meningkatkan diri sendiri dan/atau membantu orang lain. 

Yang paling penting, orang seperti itu menerima konsekuensi dari tindakan dan keputusan mereka.

Bertanggung jawab memberi kita banyak manfaat. Ini dapat membantu Anda mencapai tujuan dan sasaran Anda di area mana pun dalam hidup Anda. 

Tanggung jawab memungkinkan Anda untuk menciptakan prinsip dan moral dan membantu Anda untuk menjalani hidup Anda. Ini juga membantu Anda mencapai dan melakukan banyak hal baik. Karena itu, berikut adalah beberapa sifat yang biasa dimiliki orang yang bertanggung jawab.

Ciri-ciri orang yang bertanggung jawab

Mereka tidak melewatkan tanggung jawab mereka

Orang yang bertanggung jawab tidak membuat alasan. Mereka menyelesaikan tugas yang seharusnya mereka lakukan tepat waktu tanpa diingatkan. 

Inilah yang mereka lakukan baik di tempat kerja maupun di rumah. Begitu mereka berkomitmen untuk melakukan sesuatu, mereka tidak akan mundur, kecuali dalam situasi yang ekstrim.

Mereka terorganisir dan tepat waktu

Tanda utama dari orang yang bertanggung jawab adalah mereka diatur oleh alam. Orang seperti itu akan sangat berhati-hati dalam menjaga segala sesuatunya tetap sinkron. 

Mereka percaya untuk tetap disiplin, mulai dari membayar tagihan tepat waktu hingga mendukung perusahaan tempat mereka bekerja, terwujud dalam menyelesaikan pekerjaan yang ditugaskan kepadanya.

Anda akan menemukan orang-orang seperti itu menggunakan catatan tempel di meja kerja mereka, sehingga mereka tidak melupakan tugas yang akan datang. Beberapa dari mereka juga mengatur pengingat di ponsel mereka untuk tujuan yang sama. 

Anda akan menemukan orang-orang yang bertanggung jawab mencapai tempat mana pun lebih cepat dari jadwal, sehingga mengambil tindakan pencegahan untuk tidak melapor terlambat di tempat kerja atau pertemuan atau acara terjadwal lainnya.

Mereka tidak membatalkan janji pada saat-saat terakhir

Seberapa sering Anda merasa kesal pada teman atau kolega yang mundur dari sesuatu pada saat-saat terakhir? Ini bisa berupa meeting, kencan makan malam atau suatu kunjungan ke suatu tempat yang direncanakan. 

Namun, orang yang bertanggung jawab tidak pernah membatalkan rencana apa pun di saat-saat terakhir kecuali dalam keadaan darurat. 

Jika mereka tidak dapat menghadiri acara atau berpartisipasi dalam acara sosial apa pun, mereka memberi tahu Anda jauh sebelum waktu yang dijadwalkan.

Mereka mengakui kesalahan

Kebanyakan orang mengutamakan ego mereka dan menolak untuk menerima kesalahan mereka. Namun, orang yang bertanggung jawab melakukan yang sebaliknya. 

Jika mereka melihat mereka melakukan kesalahan, mereka akan mengakuinya. Ini karena mereka tahu mengakui kesalahan membuka jalan untuk perbaikan.

Mereka tidak kehilangan ketenangan dengan cepat

Anda mungkin marah atau jengkel dalam banyak situasi. Ini bisa di tempat kerja, di rumah, atau pertemuan sosial, karena berbagai alasan. 

Salah satu faktor utama yang membedakan orang yang bertanggung jawab dari orang yang impulsif dan pemarah adalah cara mereka menangani situasi stres dan kemarahan. 

Mereka biasanya menahan amarah dalam kondisi seperti itu dan tidak membuat adegan di depan umum dengan provokasi semacam itu.

Mereka menemukan Solusi dan Tidak Larut dalam Masalah

Anda mungkin pernah bertemu dengan orang yang pendendam. Orang-orang seperti itu dapat ditemukan di antara rekan kerja dan teman Anda. Mereka menemukan kesalahan dalam segala hal. 

Namun, orang yang benar-benar bertanggung jawab tidak memikirkan hal-hal negatif. Sebaliknya, mereka mencoba mencari solusi alternatif. Anda tidak akan pernah melihat orang seperti itu terus-menerus mengeluh tentang masalah atau keluhan.

Mereka tidak dipengaruhi oleh Dorongan Mendadak

Desakan dan pendapat orang lain tidak mempengaruhi orang yang bertanggung jawab. Mereka membutuhkan waktu untuk membuat keputusan yang bijaksana. 

Mereka tidak melakukan sesuatu berdasarkan dorongan hati, baik berbelanja atau membentuk opini tentang orang lain (nspirement)

Lebih banyak artikel Budi Pekerti, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini

VIDEO REKOMENDASI