Budi Pekerti

Curang

Curang @Canva Pro
Curang @Canva Pro

Raja Xuan dari negara Qi mempunyai hobby mendengar musik, terutama orkestra yang dimainkan oleh ratusan orang. Raja Xuan ingin merekrut musisi dalam jumlah besar, Nan Guo mendengar kabar tersebut, datang melamar.

Nan Guo sebenarnya adalah seorang kurir barang. Ia tidak bisa memainkan alat musik. Dia datang melamar karena dia tahu bahwa pekerjaan ini gajinya besar. Sempat ragu, namun ia berhenti dari pekerjaannya dan terus melanjutkan rencananya. 

Nan Guo sangat beruntung, di kelompok orkestra tersebut tidak ada orang yang menyadari dia bermain curang hanya pura-pura meniup terompet. 

Tetapi ini tidak berlangsung lama, Raja Xuan tidak berapa lama kemudian wafat, dan putra mahkota Min naik tahta.

Raja Min juga sangat suka musik, tetapi dia berpikir 300 orang musisi terlalu banyak. Demi efisiensi, tanpa pemberitahuan sebelumnya, pada suatu hari semua musisi diuji satu per satu untuk memilih hanya pemusik bertalenta tinggi yang tetap dipertahankan di orkestra kerajaan.

Dalam ujian itu, kebohongan Nan Guo selama ini ketahuan, karena ia sama sekali tidak bisa main musik, dan akibatnya dia dijebloskan ke penjara dan harus membayar denda berupa pengembalian gajinya yang diterima selama ini.

Nan Guo sangat menyesal, sudah kehilangan pekerjaan, masuk penjara, harus bayar denda, lebih lebih lagi nama baiknya menjadi rusak dan membuat malu keluarganya. (minghui school)

Lebih banyak artikel Budi Pekerti, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini

VIDEO REKOMENDASI