Budi Pekerti

Fleming dan Laboratorium Sederhana

Fleming ( IWM (Imperial War Museums)
Fleming ( IWM (Imperial War Museums)

Kamu bercita-cita jadi orang sukses namun bukan berasal dari keluarga kaya? Jangan kecil hati, lihat kisah nyata dari penemu terbesar di dunia ini: Sir Alexander Fleming.

Ahli bakteriologi Skotlandia, Sir Alexander Fleming (1881 – 1955) dilahirkan dalam keluarga petani, sejak masa kanak-kanak hidup sederhana, lingkungan yang miskin menempanya memiliki karakter pekerja keras dan bersungguh-sungguh belajar menuntut ilmu, sehingga akhirnya menemukan antibiotoik Penisilin.

Pada suatu hari, Fleming diundang untuk memberikan kuliah di sebuah laboratorium yang luas, sangat modern, terang benderang dan bersih. Rekan sejawatnya berkomentar kepadanya, “Sayang sekali laboratorium Anda waktu itu sangat sederhana dan fasilitasnya sangat tidak memadai, kalau tidak tentunya akan ada lebih banyak temuan.”

Sambil tertawa Fleming menjawab: “Kalau waktu itu laboratorium saya sangat mewah, tentu saya tidak bisa menemukan Penisilin”

Ternyata laboratorium Fleming pada masa itu memanglah sangat sederhana, namun dia tidaklah patah semangat, melainkan masih tetap melakukan berbagai percobaan dengan bersungguh-sungguh.

Pada suatu hari terdapat spora jamur Penicilium yang terbang melewati jendela yang sudah reot dan jatuh memasuki cawan petri pembiakan bakteri Staphylococcus penyebab penyakit yang sedang diamatinya. Kejadian itu terjadi saat ia meninggalkan laboratoriumnya di London selama 2 minggu untuk mudik ke Skotlandia.

Setelah kembali, ia lalu memperhatikan bahwa di cawan petri itu tumbuh jamur yang tidak biasa, sementara bakteri Staphylococcus semuanya mati. Ia terkejut dan mengamati jamur tersebut dan memfokuskan penelitiannya untuk mengidentifikasi jamur tersebut, yang ternyata adalah jamur Penicillium Notatum penghasil penisilin yang dapat membunuh bakteri Staphylococcus, dan temuan ini telah membawa kemajuan besar dalam dunia kedokteran sampai saat ini. (Huang Rong/The Epoch Times)

Lebih banyak artikel Budi Pekerti, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI