Budi Pekerti

Integritas

Integritas @Canva Pro
Integritas @Canva Pro

Seorang gelandangan di jalan melihat seorang pria berbaju jas terbaring di tanah badannya kejang-kejang dan terus-menerus mengerang, karena kasihan, dia datang menanyakan apa dia membutuhkan bantuan. 

Pria itu sambil terus mengerang meminta gelandangan itu merogoh kantongnya mengambil obatnya, dimasukkan ke dalam mulutnya, memberinya air minum, dan berjanji akan memberinya satu juta karena telah menolongnya.

Gelandangan ini segera membeli segelas air mineral, dan membantu orang ini minum obat. Setelah makan obat, segera orang menjadi jauh lebih baik. Setelah ia kembali ke normal, gelandangan ini menunggu pengusaha ini mewujudkan janjinya.

Pengusaha itu merogoh kantong celananya dan mengeluarkan dompetnya, memberi gelandangan itu seratus ribu rupiah. Gelandangan terkejut dan bertanya: “Bukankah tadi engkau berjanji untuk memberi satu juta rupiah? ” Pengusaha itu dengan marah berkata: “Tiba-tiba mendapatkan seratus ribu rupiah, bagi gelandangan seperti Anda, sudah cukup beruntung, bagaimana bisa Anda tidak puas dengan hal itu?”

Gelandangan itu mengatakan: “Ini bukan masalah uang, ini masalah integritas”. Dengan acuh tak acuh, orang itu buru-buru pergi dan masuk ke dalam mobilnya yang terparkir tak jauh dari situ.

Kemudian, pengusaha ini mencalonkan diri menjadi anggota DPR, kampanye pemilu sangat intens. Pada satu kesempatan, pengusaha membuat janji-janji politik dalam pidato kampanye, dan mengatakan setelah berhasil terpilih akan melaksanakan janji-janjinya. 

Ketika dia berpidato sampai separuh, diantara penonton tiba-tiba ada seseorang yang berteriak: “Dia adalah pembohong, komitmennya akan tidak dapat dipercaya”  orang yang berteriak itu adalah gelandangan yang pernah menolong pengusaha tersebut, dia tiba-tiba menjadi fokus media. 

Keesokan harinya, liputan media besar-besaran melaporkan hal tersebut, mulai saat itu jajak pendapat dari pengusaha turun drastis, dan akhirnya dia kalah dalam pemilu. 

Manusia tidak dapat menepati janjinya merupakan orang yang tidak berintegritas, karakternya akan ditandai dengan tanda tanya, akhirnya akan kehilangan lebih banyak.(minghui school)

Lebih banyak artikel Budi Pekerti, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini

VIDEO REKOMENDASI