Budi Pekerti

Jika Anda Ingin Bahagia, Hiduplah di Saat Ini

Berpikir @Canva Pro
Berpikir @Canva Pro

Terlalu sering, anda membiarkan waktu berlalu begitu saja, membiarkan waktu berlalu tanpa disadari, membuang detik-detik berharga dalam hidup anda saat anda mengkhawatirkan masa depan dan merenungkan masa lalu.

Anda tenggelam dalam kubangan masa lalu atau teror masa depan saat anda hidup di masa sekarang.

Ketika otak anda terbebani dengan penyesalan masa lalu, kenangan menyakitkan, dan kecemasan dan ketakutan tentang masa depan, anda membuat hidup anda menjadi sulit.

Dalam artikel ini, kami akan mencoba mendefinisikan konsep kesenangan dan momen saat ini, dan mencari cara untuk tetap lebih bahagia dengan hidup di saat ini.

Hidup di Saat ini

Hidup di saat ini, sering dikenal sebagai perhatian penuh dengan apa yang kita lakukan saat ini (mindfulness), akan mengarah kepada kebahagiaan. Ini adalah keadaan fokus yang terbuka, aktif, dan terarah pada kondisi saat ini.

Ketika anda mempraktikkan mindfulness, anda menyadari bahwa anda bukanlah pikiran anda; sebaliknya, anda menyaksikan pikiran anda tanpa menghakiminya. Mindfulness berarti menerima ide-ide anda apa adanya tanpa usaha untuk meraih atau mendorongnya pergi.

Segalanya, pada kenyataannya, terjadi saat ini. Ini adalah sumber kebahagiaan dan kesenangan anda. Anda kehilangan hubungan dengan kenyataan ketika anda terpaku pada masa lalu atau masa depan.

Ketika anda memikirkan masa lalu, anda terlibat dalam pikiran saja. Anda secara teratur fokus pada masa lalu karena kondisi itu memprovokasi emosi tertentu, atau anda tidak bisa menghentikan diri sendiri. Jenis merenungkan masa lalu ini sering kali kontraproduktif.

Apa itu Kebahagiaan Sejati?

Anda mungkin memiliki perasaan bahagia, tetapi ketika diminta untuk mendefinisikannya, anda mungkin kesulitan untuk memberikan jawaban yang akurat dan ringkas. Selain itu, kemungkinan besar tidak akan diterima secara umum bahkan jika anda merasakannya.

Faktanya adalah bahwa orang yang berbeda mendefinisikan kebahagiaan secara berbeda. Mungkin ada perbedaan besar diantara para profesional, seperti psikolog, ekonom, akademisi dan tokoh agama.

Jadi apa yang harus anda lakukan? Pilihlah istilah yang paling mendekati dengan kondisi anda sekarang dan terbuka untuk memperbaruinya seiring dengan perkembangan spiritual anda.

Manfaat Hidup di Saat Sekarang

Hidup di saat ini sangat memengaruhi kesehatan mental dan fisik anda. Anda sadar bahwa tingkat stres mental anda berdampak negatif pada kesehatan anda. Hanya melalui hidup pada saat ini anda dapat berada dalam kondisi menerima.

Anda hanya dapat menerima hidup apa adanya dibandingkan dengan apa yang anda impikan. Akan membantu jika anda terlebih dahulu mengalami yang buruk, untuk dapat menghargai yang baik.

Ya, anda harus belajar dari kesalahan anda untuk membuat keputusan yang lebih baik di masa depan, tetapi tidak dengan mengorbankan masa kini anda.

Akhir Kata

Anda belajar untuk hidup di saat ini bagaikan seorang anak kecil. Hari-hari baru datang secara alami kepada anda. Anda tidak memikirkan masa lalu untuk disesali, atau masa depan untuk dikhawatirkan. Hidup itu sejatinya mudah. Hanya karena anda mengumpulkan beban emosional atas hal yang telah berlalu seiring bertambahnya usia dan mulai mengkhawatirkan masa depan, hidup menjadi lebih rumit.

Ketika hidup anda menjadi lebih rumit, hidup di saat sekarang menjadi lebih kompleks, dan anda kehilangan perasaan bahagia dan bersyukur. Kabar baiknya adalah anda dapat merebutnya kembali dengan melatih diri anda untuk hidup pada saat ini.

Anda dapat melihat seluruh alam semesta jauh lebih dalam ketika anda hidup di saat ini dan dapat hidup bahagia. Mungkin bisa lebih menggembirakan daripada ketika anda berusia lebih muda.

Anda dapat melihat hal-hal yang belum pernah anda lihat sebelumnya dengan menggabungkan peningkatan kesadaran anda dengan informasi yang anda terima melalui pendidikan dan pengalaman anda. Sebagai hasilnya, pemahaman dan kebijaksanaan anda akan berkembang, dan anda akan menemukan kebahagiaan bahagia yang anda cari. (nspirement)

Lebih banyak artikel Budi Pekerti, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

VIDEO REKOMENDASI