Budi Pekerti

Kekuatan Tak Terduga dari Kasih Seorang Ibu

Ibu dan anak (Getty Images via Canva Pro)
Ibu dan anak (Getty Images via Canva Pro)

Suatu ketika ada seorang wanita kaya yang kekayaan bersihnya lebih dari satu miliar dolar.

Dalam suatu perjalanan belanja, dia terlibat kecelakaan mobil kecil. Untungnya, kecelakaan itu tidak parah, dan dia hanya mengalami beberapa goresan. Setelah membawa mobilnya yang rusak ke bengkel, dia menyadari bahwa rumah ibunya berada di dekat situ, tempat yang sudah lama tidak dikunjunginya.

Satu malam di rumah

Maka, wanita kaya itu pergi dan menginap di rumah orang tuanya. Ketika dia pergi keesokan harinya, dia mengambil pakaian yang diberikan oleh ibunya dan menemukan bahwa bagian yang robek pada pakaian yang dia kenakan saat kecelakaan telah diperbaiki dengan cermat.

Dia merasa terharu, namun juga sedikit tidak senang – dia memiliki banyak uang dan dapat dengan mudah membeli pakaian baru. Dia akan membuang pakaian itu ketika dia sampai di rumah, tetapi karena jadwalnya yang padat, dia lupa tentang hal itu dan akhirnya mengenakan gaun yang sudah ditambal itu ke berbagai tempat, dan bahkan berhasil menggolkan sebuah kesepakatan besar dengan klien yang selama ini sangat sulit diraih. Saat larut malam, barulah ia teringat akan kondisi pakaiannya, sehingga ia melepas gaun itu dan membuangnya ke tempat sampah.

Pujian yang Tak Terduga

Keesokan paginya, saat penandatanganan resmi kesepakatan yang telah ia dapatkan sehari sebelumnya, kliennya bertanya kepadanya: “Mengapa Anda tidak mengenakan gaun bertambal yang Anda kenakan kemarin?” Dengan sedikit malu, ia menjawab: “Saya sudah melepasnya untuk dicuci.” Klien tersebut berkomentar: “Anda mungkin tidak mengetahui hal ini, tetapi kami memutuskan untuk menandatangani kontrak dengan Anda justru karena tambalan di gaun Anda. Kami tahu dari tambalan itu bahwa Anda adalah seorang pekerja keras dan sederhana, dan orang yang bekerja keras dan sederhana tidak diragukan lagi adalah mitra terbaik!”

Wanita kaya itu pulang ke rumah dan mengeledah tempat sampah mencari gaun yang bertambal, mencucinya dan disimpan di sudut lemari.

Luput dari Bahaya

Seminggu berlalu. Suatu pagi, saat ia hendak berangkat kerja, dua orang polisi tiba di rumahnya. Ternyata seorang wanita lainnya telah diculik dan dibunuh pada minggu sebelumnya. Para penculik ditangkap pada malam yang sama. Selama interogasi, mereka mengaku bahwa target awal mereka adalah si wanita kaya ini, itulah sebabnya polisi datang untuk menasihatinya agar berhati-hati.

Terkejut, wanita kaya itu bertanya kepada polisi: “Mengapa mereka akhirnya tidak menculik saya?” “Karena Anda mengenakan gaun yang ditambal,” jawab mereka. “Melihat tambalan di gaun Anda, para penculik mengira Anda tidak sekaya yang diberitakan, karena orang kaya tidak akan mengenakan pakaian yang ditambal.”

Bobot kasih seorang ibu

Pada saat itu, wanita itu dipenuhi dengan emosi yang mendalam. Dia tidak pernah menyangka bahwa tambalan yang tidak disengaja dapat menyelamatkan hidupnya. Setelah polisi pergi, ia membuka lemarinya, mengeluarkan gaun yang ditambal, dan dengan lembut mengelus jahitan yang dijahit dengan cermat, sambil meneteskan air mata seperti anak kecil.

Sepanjang hidup, terlepas dari status atau kekayaan Anda, ingatlah untuk memperlakukan ibu Anda dengan baik. Kasih seorang ibu bagaikan aliran sungai kecil yang halus, tidak bersuara namun mampu menyuburkan jiwa yang kering. Biasa saja, tetapi mengandung kehebatan yang luar biasa. Terkadang, kasih ibu adalah obat manjur yang menyelamatkan jiwa yang tertatih-tatih di ambang keputusasaan.

Di lain waktu, kasih ibu adalah mercusuar di lautan kehidupan, membimbing kita keluar dari jalan yang tersesat menuju cahaya. Seperti halnya rumput yang rendah hati tidak mungkin membalas sinar matahari musim semi yang menjadi sumber pertumbuhannya, demikian juga kita tidak mungkin membalas kasih yang luar biasa yang telah diberikan oleh ibu kita. (nspirement/sia/may)

Lebih banyak artikel Budi Pekerti, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

VIDEO REKOMENDASI