Budi Pekerti

Membuat Orang Lain Turut Menjaga Kebersihan

Vas bunga
Vas bunga. @Pixabay

Ada sepasang suami-istri mengendarai mobil melewati sebuah restoran kecil yang berada di desa. Ketika mereka berhenti dan masuk ke restoran tersebut untuk makan, istrinya sembari menunggu pesanan, pergi ke toilet restoran.

Begitu masuk ke toilet, segera terlihat satu vas berisi bunga yang sedang mekar, diletakkan di atas sebuah meja kayu kuno tapi sangat anggun. Ruangan di dalam toilet ditata dengan sangat rapi, boleh dikatakan tak berdebu sedikitpun, nyonya ini setelah menggunakan wastafel dalam toilet, dia juga secara otomatis mengelap wastafel itu dengan bersih setelah selesai digunakan.

Sebelum nyonya ini kembali ke mobil, dia berkata pada pemilik restoran tersebut bahwa bunga-bunga itu sangat indah.

“Nyonya, apakah Anda tahu? Saya telah meletakkan bunga-bunga itu sudah sepuluh tahun lamanya. Anda pasti tidak bisa bayangkan bahwa vas bunga yang kecil itu entah telah meringankan berapa banyak pekerjaan saya untuk membersihkan,” kata pemilik restoran dengan bangga.

Menggunakan sedikit pikiran yang cerdik, akan membuat lingkungan di mana kita tinggal lebih indah, bagaimanapun juga semua orang tidak memiliki pikiran untuk merusak lingkungan yang bersih, tetapi jika tempat itu adalah tempat yang kotor maka orang juga tidak akan peduli untuk ikut menjaga kebersihannya.

Sayapun mengagumi atasan saya, yang selalu sabar menghadapi setiap masalah, dan sangat jujur, tidak pernah memakai fasilitas kantor untuk keperluan pribadi, dan tidak pernah mau menerima uang pelicin proyek apapun. Baginya, sesuatu urusan tidak seharusnya dipersulit, memikirkan orang lain sebelum diri sendiri. Melihat dirinya yang begitu baik dan sabar, menginspirasi para anak buahnya–seperti saya, ingin merubah pribadi menjadi seperti dirinya.

Biarlah kita semua selalu mempertahankan sebuah jiwa yang murni, bersamaan dengan itu juga agar kita bisa mempengaruhi orang lain. (minghui school)

Lebih banyak artikel Budi Pekerti, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini

VIDEO REKOMENDASI