Budi Pekerti

Mengenali Berkat Anda Didalam Hidup

Berdoa (Getty Images via Canva Pro)
Berdoa (Getty Images via Canva Pro)

Sebuah pepatah klasik mengatakan: “Anda tidak akan tahu bagaimana cara menghitung berkat ketika Anda berada di tengah-tengah kehidupan yang penuh berkah.”

Pepatah ini mengingatkan orang bahwa mereka harus bersyukur atas segala sesuatu yang mereka miliki saat ini. Tidak peduli seberapa sulitnya kehidupan seseorang, orang lain di dunia ini menjalani kehidupan yang lebih sulit dan kompleks.

Seorang pria kaya sedang bepergian dengan sebuah kapal dengan sekelompok pelayan. Salah satu pelayannya belum pernah melihat lautan atau mabuk laut, jadi dia menangis tanpa henti dan takut mabuk laut. Tidak peduli bagaimana orang kaya itu dan yang lainnya mencoba menghiburnya, mereka tidak bisa menenangkannya.

Kebetulan ada seorang filsuf di kapal yang berkata kepada orang kaya itu: “Biarlah saya coba, dan mungkin saya bisa menenangkannya.” Orang kaya itu dengan senang hati menyerahkannya kepada filsuf tersebut, yang segera melemparkan pelayannya ke laut, di mana ia tenggelam dan terapung-apung beberapa kali, lalu mengangkatnya kembali.

Dan ketika ia membawanya ke atas, pelayan itu berhenti menangis dan menjadi sangat tenang. Orang kaya itu bertanya kepada filsuf itu: “Apa rahasia metode Anda?”

Sang filsuf berkata: “Awalnya, dia tidak tahu rasa sakitnya tenggelam atau betapa beruntungnya dia duduk dengan selamat di atas perahu. Setelah mengalami penderitaan karena hampir tenggelam, dia menyadari betapa beruntungnya karena selamat.”

Terkadang, Anda mungkin lupa bahwa Anda berada di tengah-tengah berkat, mengeluh tentang ini dan itu, dan merasa menjalani hidup yang menyedihkan. Jika Anda memikirkan para pengungsi di negara-negara miskin yang kelaparan tetapi tidak memiliki apa-apa untuk dimakan, dan mereka yang tinggal di negara-negara yang dilanda perang yang bahkan lebih sulit untuk mencari sesuap nasi dan tidur dengan nyenyak, Anda tidak akan mengeluh lagi. Oleh karena itu, Anda harus bersyukur atas apa yang Anda miliki dan menghargai berkat-berkat Anda.

Rahasia Awet Muda

Beberapa tahun yang lalu, Rose, seorang wanita kecil, keriput, berusia 87 tahun yang masih kuliah, diundang untuk berbicara di sebuah pesta makan malam di akhir semesternya tentang kehidupan, dan dia mengatakan hal berikut:

“Kita tidak berhenti bermain karena kita sudah tua; kita menjadi tua karena kita berhenti bermain. Hanya ada empat rahasia untuk tetap awet muda, bahagia, dan meraih kesuksesan: Anda harus tertawa dan menemukan humor setiap hari. Anda harus memiliki mimpi. Ketika Anda kehilangan tujuan, Anda akan mati.

“Ada perbedaan antara menjadi tua dan menjadi dewasa… Siapa pun bisa menjadi tua. Hal itu tidak membutuhkan bakat atau kemampuan apa pun. Idenya adalah menjadi dewasa dengan selalu mencari peluang untuk berubah dan tidak menyesal. Orang yang lebih tua biasanya tidak menyesali apa yang telah mereka lakukan, melainkan apa yang tidak mereka lakukan. Satu-satunya orang yang takut mati adalah mereka yang memiliki penyesalan!”

Nilai Setetes Air Dapat Menyelamatkan Nyawa

Setetes air dapat menembus tanah dan meruntuhkan gunung; setetes air dapat berkumpul menjadi aliran air dan membentuk sungai atau lautan.

Ada sebuah cerita tentang seorang guru Zen di Jepang yang membasuh kaki masternya dengan seember air. Ketika dia selesai membasuh, airnya yang didalam ember belum habis.

Dia menuangkannya dengan santai ke tanah, dan master-nya menegurnya, dengan berkata: “Kamu merusak nilai air. Air dapat menyelamatkan nyawa, memuaskan dahaga, menjadi samudera, dan mengalir hingga tak terbatas. Bagaimana Anda bisa begitu mudah mengorbankan dan menyia-nyiakan setengah ember air yang belum digunakan?”

Guru Zen itu berkeringat banyak setelah mendengar ajaran Sang Master, dan untuk mengingat hal ini, dia mengubah namanya menjadi “Air yang Menetes” untuk merefleksikannya. Zen Master Dripping Water akhirnya menjadi nama yang terkenal di Jepang. (nspirement)

Lebih banyak artikel Budi Pekerti, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

VIDEO REKOMENDASI