Budi Pekerti

Mindfulness untuk Mengurangi Stres dan Lebih Rileks

Stres (Getty Images via Canva Pro)
Stres (Getty Images via Canva Pro)

Sulit tidur? Merasa mudah tersinggung atau murung? Sering gelisah, melupakan hal-hal kecil atau merasa kewalahan? Jangan khawatir. Kita semua pernah mengalami itu. Anda mungkin hanya stres. 

Pernahkah Anda mendengar tentang mindfulness ?Kita semua tahu bagaimana rasanya merasa stres, dan kita menghadapinya secara berbeda. 

Tapi berapa banyak stres yang terlalu banyak? Tubuh Anda akan memberi tahu saat Anda stres berlebihan, mungkin karena ketegangan otot, telapak tangan berkeringat, atau kesulitan bernapas. Anda mungkin merasa khawatir, takut, lelah, atau sulit berkonsentrasi. 

Ini bisa menjadi tanda-tanda stres tetapi konsekuensinya bisa jauh lebih besar, baik dalam hidup Anda maupun orang-orang di sekitar Anda.

Kapan stres itu baik dan buruk?

Stres adalah sesuatu yang dialami setiap orang ketika merasa tertantang, tetapi itu tidak selalu merupakan hal yang buruk. 

Dalam jangka pendek, stres bisa menguntungkan. Stres bisa berguna untuk memberika energi seketika dan fokus ekstra ? seperti saat Anda bermain olahraga kompetitif, atau harus berbicara di depan umum. 

Tapi ketika stres terjadi terus menerus, jenis yang kebanyakan kita hadapi hari demi hari, itu sebenarnya mulai mengubah otak Anda. Stres kronis dari hal-hal seperti terlalu banyak bekerja atau sering bertengkar di rumah dapat memengaruhi ukuran otak, strukturnya, dan cara kerjanya hingga merubah gen Anda.

Lebih dari sekadar emosi, stres adalah respons fisik terprogram yang menjalar ke seluruh tubuh. Jika dibiarkan terlalu lama, stress tidak hanya mengubah otak, tetapi juga merusak banyak organ dan sel lain di seluruh tubuh. 

Apa pun pengalaman Anda, penting untuk mengendalikan stres Anda. Dalam menanggapi stres, banyak orang saat ini beralih ke meditasi atau mindfulness.

Apa itu mindfulness dan bagaimana caranya membantu mengatasi stres?
Mindfulness didefinisikan sebagai kesadaran yang tidak menghakimi dari pengalaman hidup saat ini. 

Para peneliti menemukan bahwa mindfulness memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan emosi positif, mengurangi stres, dan meningkatkan kesejahteraan.

Mindfulness membantu Anda mengatur pikiran bercabang, pola berulang dan pikiran tidak produktif yang menyebabkan stres. Ini pada dasarnya memungkinkan Anda untuk mengatur diri sendiri.

Fitur lain dari mindfulness adalah memiliki sikap terbuka dan menerima terhadap situasi stres tinggi. Pikiran terbuka mengarah pada penerimaan yang lebih tinggi terhadap apa yang sedang terjadi dan kemampuan yang lebih baik untuk menoleransi situasi sulit yang pada akhirnya berkontribusi mengurangi perasaan stres.

Inti dari mindfulness adalah niat, perhatian, dan sikap. Mindfulness membantu mengembangkan sikap “Kekhawatiran ini bukan tentang saya,” atau “Pikiran ini bukan tentang saya,” yang memupuk kemampuan untuk melihat situasi apa adanya. 

Saat Anda melakukannya lebih dan lebih, kepercayaan diri Anda pada kemampuan Anda untuk mengatasi situasi tumbuh, dan Anda cenderung tidak stres oleh peristiwa yang sebelumnya menyebabkan stres.

Ketika harus mengubah cara berpikir Anda, mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai. 

Apakah ini terdengar sulit? Tidak selalu begitu. Idenya adalah melakukan sesuatu selangkah demi selangkah untuk menghindari diri kita kewalahan.

 “Berhenti” adalah cara mudah untuk melatih kesadaran ketika menghadapi situasi yang penuh tekanan. Ketika sesuatu memicu Anda, cukup berhenti, dan.. 

Tarik Napas

Amati perasaanmu? Apa yang kamu pikirkan?

Timbang dan pertimbangkan

Jika Anda mendapati diri Anda menjadi stres tentang apa pun, akui itu. Ini adalah langkah pertama yang penting untuk menyelesaikan masalah. 

Jika Anda lelah, sakit kepala, atau otot kaku, pertimbangkan apakah itu karena stres. Jangan takut untuk melihat tanda-tandanya atau mengabaikannya. 

Sekarang setelah Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang manfaat mindfulness dan bagaimana Anda dapat mulai menerapkan beberapa teknik ke dalam kehidupan sehari-hari Anda, gunakan itu untuk tetap lebih bahagia dan lebih sehat, apa pun yang terjadi dalam hidup.(nspirement)

Lebih banyak artikel Budi Pekerti, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini

VIDEO REKOMENDASI