Budi Pekerti

Niat Baik yang Merubah Kehidupan Seseorang

Ibu Guru dan gadis kecil @Canva Pro
Ibu Guru dan gadis kecil @Canva Pro

Ini ada sebuah kisah yang diceritakan seorang guru kepadaku,  kisah ini sampai sekarang masih sangat terkesan didalam hati saya, membuat saya mengerti kehidupan di dunia ini, seharusnya kita tidak melepaskan kesempatan kita jika dapat menolong orang lain.

Pada suatu hari puluhan tahun yang lalu, seorang guru sedang beristirahat siang di rumahnya, tiba-tiba telepon berbunyi, setelah mengangkat telepon dia mendengar sebuah suara asing yang sedang marah :”Anakmu mencuri buku, sekarang tertangkap oleh kami, engkau harus segera datang!”
Di seberang sana dia mendengar suara seorang anak perempuan sedang menangis dan suara cemoohan dari orang disekitarnya.

Dia memalingkan kepalanya melihat putrinya sedang mengerjakan PR bersama suaminya, didalam hatinya segera mengerti ada sesuatu yang terjadi.

Melalui telepon, seolah-olah dia bisa melihat sebuah pandangan mata ketakutan dari seorang gadis kecil yang sedang memohon pertolongan, dia mengerti sekilas niat pikiran, gadis kecil ini dalam keadaan bingung. Oleh sebab itu dia bertanya dimana alamat toko buku tersebut dan bergegas menuju kesana.

Seperti yang dia bayangkan, di dalam toko buku berdiri seorang gadis kecil seluruh wajahnya tergelinang air mata, gemetaran dan ketakutan, dan orang dewasa disekelilingnya sedang mencemohnya.

Dia bergegas menuju kehadapan gadis kecil yang ketakutan dan merangkulnya kedalam pelukannya, lalu berkata kepada pelayan disekelilingnya,”Ada masalah apa katakan kepada saya.”

Didalam gerutu pelayan yang tidak sabaran akhirnya dia membayar uang pembelian buku yang katanya dicuri tersebut, lalu membawa gadis kecil ini keluar dari toko, pada saat ini dia baru memperhatikan wajah gadis kecil yang penuh air mata dan ketakutan.

Dia membawa pulang gadis ini pulang kerumahnya, membersihkan wajahnya menenangkannya, tidak bertanya sepatah katapun, lalu membiarkan gadis kecil ini meninggalkan rumahnya, ketika gadis kecil ini keluar pintu, dia sengaja berpesan kepadanya, jika ingin membaca buku, lain kali datang saja ke rumah tante, di rumah tante banyak buku.

Gadis kecil yang belum tenang, dengan padangan berterima kasih memandangnya, lalu seperti terbang lari keluar, dan tidak pernah muncul lagi.

Waktu berlalu dengan cepat, tidak tahu sudah berapa tahun berlalu, dia sudah melupakan kejadian ini, setiap hari tetap mengajar dan hidup dengan damai.

Pada suatu hari, bel dirumahnya berbunyi. Ketika dia membuka pintu, didepan rumahnya berdiri seorang gadis muda asing dengan wajah penuh dengan senyum, ditangannya memegang banyak hadiah. “Engkau mencari siapa nona?” dia dengan heran bertanya kepada gadis ini.

Tetapi gadis ini karena terharu tidak mengucapkan sepatah katapun. Beberapa saat kemudian, setelah gadis muda ini tenang, dia baru mengerti, rupanya gadis yang dihadapannya adalah gadis kecil yang dahulu dituduh mencuri buku, gadis ini baru tamat dari perguruan tinggi terkenal, sudah mendapatkan pekerjaan yang membuat orang iri kepadanya, dia sengaja datang mengucapkan terima kasih.

Dengan mata berkaca-kaca, dia berkata, “Dahulu dalam keadaan panik menelpon, salah pencet telepon ke rumahmu. Walaupun sampai sekarang saya tidak mengerti, kenapa engkau mau menjadi ibu saya membantu saya terlepas dari bahaya tersebut, tetapi selama bertahun-tahun ini didalam hati saya selalu bersyukur dan ingin memanggil engkau sebagai mama? sebab mama saya sudah meninggal ketika melahirkan saya” Setelah berkata demikian air mata membasahi wajahnya. Pandangan mata guru ini juga mulai kabur…..

Setelah beberapa saat, dia dengan heran bertanya, “Jika saya tidak membantumu apa yang akan terjadi.?” Gadis ini menggelengkan kepalanya berkata, “Saya juga tidak tahu, mungkin saya akan berbuat hal yang bodoh, mungkin akan bunuh diri.”

Guru sangat terkejut. Memandang ke wajah gadis yang tertawa dengan bahagia, dia juga ikut tertawa dan bahagia. (minghui school)

Lebih banyak artikel Budi Pekerti, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini

VIDEO REKOMENDASI