Budi Pekerti

Para Dewa Membantu Anak yang Berbakti

Bakti kepada orang tua
Bakti kepada orang tua. (shenyuncollections)

Pada masa Dinasti Ming, ada seorang pria bernama Peng Da. Dia tinggal di Kabupaten Cili di Provinsi Hunan. Keluarganya sangat miskin, dan dia hanya memiliki seorang ibu yang sudah tua. Peng Da adalah anak yang berbakti. Dia bekerja sebagai pembantu untuk sebuah keluarga kaya, dan ketika majikannya memberinya daging dan buah, dia selalu membawanya pulang untuk diberikan kepada ibunya. Di musim panas, pada malam hari, dia selalu berdiri di depan tempat tidur ibunya dan mengipasi ibunya hingga ibunya tertidur. Di musim dingin, dia membantu menghangatkan kaki ibunya. Dia terkadang terbangun beberapa kali di malam hari untuk mengambilkan teh hangat atau sup untuk diminum ibunya. Dia melakukan itu selama bertahun-tahun. Saat berbicara dengan ibunya, ia selalu berbicara dengan suara lembut dan berharap apapun yang diucapkannya akan membuat ibunya tersenyum.

Suatu hari, ibunya ingin makan buah pir. Peng Da tidak ragu sedikit pun dan segera berangkat ke pasar. Jarak dari rumahnya ke pasar lebih dari tiga mil, dan ada gunung besar di jalan. Ada jalan pegunungan sempit di sepanjang tebing. Di satu sisi jalan terdapat tebing curam, dan di sisi lain terdapat sungai yang dalam. Dengan ketinggian dari tebing ke sungai, membuat orang pusing saat melihat ke bawah. Jalan pegunungan kadang-kadang lebarnya hanya sekitar satu kaki dan karenanya sangat berbahaya, jadi orang-orang yang melalui jalan ini berjalan sangat lambat agar tidak jatuh ke bawah.

Pada hari itu, ketika Peng Da kembali dari pasar dan sedang berjalan di jalan sempit, tiba-tiba dia mendengar harimau mengaum di belakangnya. Ketika dia berbalik untuk melihat, dia melihat dua ekor harimau di belakangnya. Dia ketakutan dan berlari secepat yang dia bisa. Saat itu juga bumi tiba-tiba berguncang dan terdengar suara gemuruh. Dia berbalik dan melihat tanah longsor! Tak lama kemudian jalan yang baru ia lewati terkubur batu. Jika harimau-harimau itu tidak muncul, dia tidak akan berlari dan pasti akan terkubur hidup-hidup.

Para Dewa selalu melindungi orang-orang baik. Peng Da adalah anak yang berbakti, sehingga ia dibantu oleh para Dewa ketika ia berada dalam situasi berbahaya. (shenyuncollections)

Lebih banyak artikel Budi Pekerti, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

VIDEO REKOMENDASI