Budi Pekerti

PODCAST Harta Yang Sesungguhnya

Petani
Petani. (Screenshot Storyblocks)

Di sebuah desa, ada seorang petani yang sudah tua dan sakit-sakitan. la tahu waktu hidupnya tidak lama lagi, maka ia pun memanggil ketiga anaknya untuk menyampaikan amanat.

PODCAST

Petani: “Putra-putraku, pertahankan ladang yang aku wariskan untuk kalian. Jangan kalian jual, karena di tanah itu ada harta karun. Aku tidak akan memberitahu kalian di mana Ietaknya. Kalian harus menggali dan mencarinya sendiri. Ingat, kalian jangan mudah menyerah! Kelak, kalian akan berhasil.”

Beberapa hari kemudian, petani itu pun meninggal dunia. Ketiga putranya berkumpul dan mereka membagi tanah ladang warisan tersebut sama rata. Dan mulailah mereka menggali Iadang bagiannya dengan hati-hati.

Setiap jengkal tanah, mereka gali dengan cangkul. Mereka melakukannya berulang kali seperti nasihat Ayahnya. Namun, mereka tetap tidak menemukan harta karun itu.

Sambil beristirahat sejenak, anak tertua berkata: “Ayah adalah orang yang jujur dan bijaksana, jadi tidak mungkin Ayah menyuruh kita mencari harta itu, jika memang tidak ada.”

(Anak kedua): “ Benar juga ya Kak, kita sudah mencangkul lahan ini berulang kali, tapi tidak menemukan juga harta tersebut. Bahkan, tanah di ladang ini pun, sudah cocok untuk ditanami gandum, karena kita telah mencangkulnya berulang-ulang.

(Anak bungsu): “Emm…kalau begitu, bagaimana kalau kita mulai tanam gandum saja di lahan ini?

Mereka pun setuju untuk mulai menanam gandum di ladang. Saat musim panen tiba, ladang mereka menghasilkan gandum yang banyak dan bagus. Akhirnya, mereka pun mengerti maksud amanat yang disampaikan oleh Ayahnya.

Walaupun mereka tidak mendapatkan harta, namun dengan hasil panen yang bagus, mereka telah mendapatkan harta yang sesungguhnya.

Tidak ada jalan pintas untuk mencapai sebuah kesuksesan. Setiap keberhasilan, hanya bisa dicapai dengan kerja keras, dan ketekunan.

Lebih banyak artikel Budi Pekerti, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.

Saksikan video kami:

Youtube ☛ https://www.youtube.com/ntdkehidupan
Dailymotion ☛ https://www.dailymotion.com/ntdkehidupan

Dengarkan Podcast kami:

Anchor ☛ https://anchor.fm/ntd-kehidupan
Spotify ☛ https://open.spotify.com/show/4phapkNi7D1INq8emRB1Tu

VIDEO REKOMENDASI