Budi Pekerti

PODCAST Kisah Kakek Tua yang Memadamkan Api

Ada sebuah desa yang terletak di dekat hutan. Suatu malam, tiba-tiba terjadi kebakaran di hutan, yang dekat dengan desa tersebut.

PODCAST

Semua orang panik dan melarikan diri, mereka khawatir api itu akan menjalar dan membakar desa mereka.

Namun ada seorang kakek tua yang melakukan hal yang berbeda. Dia tidak melarikan diri, tapi justru menggunakan sebuah ember kecil, untuk berlari bolak-balik ke sungai, mengambil seember air kecil, untuk disiramkan pada api yang menyala di hutan.

Beberapa penduduk desa melihat apa yang Kakek tua itu lakukan. Salah seorang dari mereka berkata: 

“Kakek tua, apa yang kamu lakukan? Api itu sudah sangat besar, apa artinya seember kecil air yang kamu siram? Bagaimana bisa kamu memadamkan api dengan cara seperti itu?”

Sambil terus berlari mengambil air, Kakek tua ini menjawab: 

“Saya hanya melakukan yang terbaik yang bisa saya lakukan. Lagipula jika saya tidak berupaya memadamkan apinya, lalu siapa yang akan melakukannya?”

Penduduk desa yang mendengar jawaban Kakek tua itu terkejut. Kemudian, mereka semua juga ikut mengambil air dari sungai dan berupaya memadamkan api.

Pada akhirnya mereka semua berhasil memadamkan apinya, dan desa mereka selamat.

Tak peduli besar atau kecil, lakukanlah  selalu hal yang terbaik yang bisa kita lakukan. Seringkali, satu hal yang kecil dapat menghasilkan sebuah perbedaan yang besar.

Lebih banyak artikel Budi Pekerti, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.

Dengarkan Podcast kami:

Anchor ☛ https://anchor.fm/ntd-kehidupan
Spotify ☛ https://open.spotify.com/show/4phapkNi7D1INq8emRB1Tu