Budi Pekerti

PODCAST Melepas Beban Hidup

Suatu hari, ada seorang pemuda putus asa yang mendatangi seorang Guru. Dia berkata: “Guru, saya datang dari tempat yang jauh dan telah menempuh perjalanan panjang dan berat. Saya merasa kesepian, menderita dan sangat kecewa dalam hidup ini. Tolong, berilah saya sedikit nasehat baik agar dapat tetap menjalani hidup ini dengan bahagia.”

PODCAST

Sang Guru melihat si pemuda sejenak kemudian mengajaknya untuk mengikuti langkahnya. Akhirnya mereka pun tiba di tepi sungai kecil yang di tepinya terletak sebuah sampan.

Sang Guru pun naik ke atas sampan tersebut diikuti oleh si pemuda, lalu mereka mendayung sampan menyeberangi sungai tersebut. Ketika sampai di seberang, mereka berdua pun turun dari sampan menuju ke tepian.

Kemudian sang Guru berkata: “Kita sudah sampai anak muda, sekarang tolong pikul sampan ini, dan kita akan melanjutkan perjalanan kita.”

Seketika si pemuda itu kaget dan menjawab: “Maaf Guru, bukan saya ingin menolak permintaan Guru, tapi…sampan ini begitu berat, mengapa saya harus memikulnya? Kita kan tidak membutuhkannya di daratan?”

Sang guru pun tersenyum mendengar perkataan ini.

“Benar sekali perkataanmu itu anak muda! Ketika kita menyeberangi sungai, sampan ini sangat berguna dan besar artinya. Tapi saat hendak meneruskan perjalanan kita yang berikutnya, sampan ini hanya akan menjadi beban saja. Kita harus meninggalkannya di tepi sungai, kalau tidak, bukankah sampan ini hanya akan memberatkan langkah kita?”

Sang pemuda terkejut mendengar kata-kata si Guru. Ia terdiam dan meresapi arti kata-kata Guru yang bijak ini, sebelum tersenyum dan membungkukkan diri.

“Guru, kata-kata Anda sungguh sangat bijaksana! Terima kasih atas nasehat Anda yang berharga ini!”

Penyesalan, kegagalan, tangisan dan air mata di masa lalu adalah hal yang membantu kita melewati masa-masa sulit dan menjadi penopang untuk menghadapi masa depan. Namun pada saatnya, Anda harus melepaskan hal-hal tersebut, kembali bangkit dan melangkah menuju masa depan yang baru.

Lebih banyak artikel Budi Pekerti, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.

Saksikan video kami:

Youtube ☛ https://www.youtube.com/ntdkehidupan
Dailymotion ☛ https://www.dailymotion.com/ntdkehidupan

Dengarkan Podcast kami:

Anchor ☛ https://anchor.fm/ntd-kehidupan
Spotify ☛ https://open.spotify.com/show/4phapkNi7D1INq8emRB1Tu

VIDEO REKOMENDASI