Budi Pekerti

Tips Belajar Hal-Hal Sulit dan Mengatasi Frustasi

Frustasi @Canva Pro
Frustasi @Canva Pro

Belajar adalah keterampilan hidup penting yang membawa kepuasan batin yang besar.

Menguasai keterampilan baru atau akhirnya memahami beberapa konsep yang rumit dapat meningkatkan harga diri kita dan memberikan rasa pencapaian, kebanggaan, dan kekuatan yang luar biasa; namun setiap orang memiliki keahlian dan kemampuan yang berbeda, jadi terkadang kita menghadapi tantangan yang tampaknya tidak dapat diatasi? menciptakan “penghalang frustrasi”.

Di bawah pengaruh frustrasi, kita mungkin menjadi tidak termotivasi, kehilangan harapan, atau bahkan menyerah. Untuk mencegah hal ini, kita perlu menjaga tujuan kita tetap terlihat, tetap termotivasi, dan menerobos hambatan.

Mempelajari Hal-Hal Yang Sulit Tidak Selalu Sukar

Kegagalan dalam belajar dapat diakibatkan oleh kurangnya usaha, tentu saja hal ini bukanlah merupakan akar masalahnya. Beberapa hal secara alami terjadi pada seseorang, sementara orang lain mungkin mengalami kesulitan untuk beradaptasi.

Masalah yang paling sering menghambat orang untuk mempelajari hal-hal yang sulit adalah hambatan frustrasi. Mempelajari hal-hal baru bisa sangat memuaskan, tetapi anda perlu termotivasi untuk melewati tantangan.  

Menghapal dan belajar banyak hal yang rumit atau panjang cenderung membuat sebagian pelajar frustrasi, menghasilkan mentalitas yang inferior. Fisikawan Richard Feynman percaya bahwa “kesederhanaan adalah kunci untuk belajar.”

Semakin sederhana sumbernya, semakin mudah dipahami, membuat pembelajaran lebih mudah. sementara pelajaran yang dihafal tetapi tidak dipahami kemungkinan besar akan terlupakan.

Di sisi lain, beberapa pelajar menciptakan kesulitan mereka sendiri dengan berpikir berlebihan, membuatnya lebih rumit dari yang sebenarnya.

Hal ini terbukti benar terutama dengan belajar bahasa. Penelitian oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT) menemukan bahwa terlalu banyak berpikir cenderung menghalangi kemampuan orang dewasa untuk memilih “nuansa rileks” dalam belajar bahasa asing.

Mengatasi kesulitan belajar bisa menjadi tantangan, tetapi ada sejumlah metode yang terbukti dapat membantu anda menerobos penghalang frustrasi.

Menerobos Penghalang Frustrasi

Jika anda ingin mempelajari sesuatu yang baru, anda harus berkomitmen untuk berusaha keras, tetapi strategi berikut dapat membantu anda bergerak maju sehingga upaya anda membuahkan hasil.

Langsung Masuk

Jika anda ingin mempelajari sesuatu yang baru, tidak ada yang lebih baik daripada langsung belajar saat antusiasme masih segar.

Menghadapi tantangan secara langsung dengan tekad adalah resep untuk kemajuan cepat. Penghalang frustrasi akan mulai terbentuk ketika seseorang menarik proses pembelajaran dengan menyusun strategi dan berpikir berlebihan, jadi biarkan motivasi anda menjadi panduan anda.

Jangan Bandingkan Dirimu Dengan Orang Lain

Setiap orang belajar secara berbeda dan dengan kecepatan mereka sendiri. Hindari membandingkan kemajuan anda sendiri dengan kemajuan orang lain.

Mentalitas kompetitif ini dapat menyebabkan kecemburuan, frustrasi, dan keputusasaan; merusak kemampuan kita untuk belajar.

Prestasi anda tidak akan pernah sama persis dengan orang lain. Jika anda fokus pada kekuatan anda dan melakukan yang terbaik, anda bisa bangga dengan kesuksesan pribadi anda sambil merayakan kesuksesan orang lain dengan sukacita daripada iri hati.

 “Terkadang anda di depan, terkadang anda di belakang. Perlombaan itu panjang dan pada akhirnya anda hanya berlomba dengan diri anda sendiri.” — Mary Schmich

Bimbingan adalah satu-satunya cara yang baik untuk menghindari perbandingan antar siswa, tetapi yang lebih baik adalah memperkuat karakter anda, fokus pada pengembangan anda sendiri, dan tidak terlalu khawatir tentang bagaimana anda membandingkan diri anda dengan orang lain.

Ingatlah bahwa setiap orang memiliki perjuangannya masing-masing, meskipun mungkin tidak terlihat, dan dukungan serta pengakuan anda atas pencapaian orang lain tidak akan pernah menjatuhkan anda; itu hanya akan membuat anda lebih baik

Mengatasi Frustrasi

Frustrasi adalah emosi normal yang dirasakan setiap orang di beberapa titik. Ini bisa menjadi sangat mengganggu, tetapi jangan sampai menghambat prestasi anda. Ada beberapa cara positif untuk mengatasi frustrasi ketika itu muncul.

Jika frustrasinya kuat, istirahatlah sebentar. Keluar, berolahraga, bermeditasi, atau sekadar mengubah aktivitas. Ini akan membantu menjernihkan pikiran dan menenangkan saraf sehingga anda dapat menghadapi masalah dengan lebih segar.

Seringkali, perubahan kecil dalam hidup dapat menjadi solusi untuk melewati penghalang. Cobalah untuk melihat kesulitan yang anda hadapi dengan cara berbeda.

Pertimbangkan teknik belajar lain yang mungkin efektif, dan cobalah. Seperti kata pepatah, “Di mana ada kemauan, di situ ada jalan.”

Teknik Penyederhanaan Feynman

Dengan keyakinannya pada manfaat menyederhanakan pembelajaran, Feynman memperkenalkan teknik untuk membantu mempermudah mempelajari hal-hal yang sulit.

Dengan topik apa pun yang ingin kita pelajari, Feynman menyarankan agar setelah belajar, kita harus mengulangnya dan mencoba menjelaskannya dengan cara yang sederhana. Teknik ini membantu mengembangkan pemahaman anda sendiri tentang hal tersebut.

Pasti ada saatnya di mana anda akan mentok; ketika mengalami hal ini, ulang kembali dan cari tahu lebih banyak tentang materi yang membingungkan.

Setelah belajar, coba jelaskan kembali topik tersebut secara sederhana. Setelah anda dapat menjelaskan materi secara menyeluruh dan sederhana, anda telah menguasai dan memahaminya.

Frustrasi bisa menjadi sangat mengganggu dan luar biasa, tetapi itu bisa diatasi. Dengan pikiran terbuka dan ketekunan, anda dapat maju dengan cara apa pun, unggul, dan menikmati hal-hal baru dalam hidup.

Jika anda ingat akan kegagalan, jadikan itu sebagai peluang untuk berkembang, tidak ada yang bisa menghentikan anda! (visiontimes)

Lebih banyak artikel Budi Pekerti, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini

VIDEO REKOMENDASI