Fokus

Ahli Virologi Tiongkok Mengungkap Asal Mula Virus PKT

Yan Limeng, seorang ahli virologi dan pengungkap pertama Tiongkok, mengungkapkan pada Jumat lalu, bahwa virus PKT berasal dari laboratorium di Wuhan, di titik pusat wabah.

Dia berjanji untuk mengungkapkan bukti-buktinya dengan segera, ketika diwawancarai dalam sebuah acara bincang-bincang untuk jaringan Televisi Independen Inggris.

Dr. Yan bekerja di Universitas Hong Kong sebagai ahli virus, sebelum dia melarikan diri ke AS.

Dalam wawancara, dia mengungkapkan bahwa sebelum dia meninggalkan Hong Kong, otoritas Tiongkok mulai mendiskreditkannya, menghapus informasinya secara online, dan mengarahkan orang untuk menyebarkan rumor tentang dirinya, untuk menggambarkannya sebagai seorang “pembohong.”

Dia mengatakan kalau dia khawatir bahwa otoritas PKT akan “mengontrol” kerabat dan teman-temannya, untuk menyangkal kalau mereka tahu bahwa dia ada, untuk membuatnya “menghilang.”

Kini, seorang pejabat senior dari pemerintahan Trump menggunakan istilah virus PKT untuk menggambarkan virus korona.

Selama wawancara dengan Fox, penasihat perdagangan Gedung Putih, Peter Navarro, menggunakan istilah “Virus Partai Komunis Tiongkok,” atau singkatnya virus PKT.

Diyakini, ini adalah pertama kalinya seorang pejabat senior dari pemerintahan Trump menggunakan istilah ini.

Presiden Trump telah berulang kali menunjukkan bahwa, pada hari-hari awal,

Partai Komunis Tiongkok menghentikan penerbangan dari Wuhan ke bagian lain Tiongkok, tapi masih mengizinkan penerbangan ke luar negeri, menyebarkan virus ke seluruh dunia.

Lebih banyak artikel Fokus, silahkan klikĀ di sini. Video, silahkan klikĀ di sini.