Fokus

Apple Aktifkan Lagi App ‘HKmap Live’, Media Partai Komunis Geram

Aplikasi HKmap LIVE (Image: Google Playstore)
Aplikasi HKmap LIVE (Image: Google Playstore)

Aplikasi peta GPS Hong Kong, HKmap Live yang minggu lalu diturunkan dari App Store milik Apple, telah diaktifkan kembali oleh pihak Apple pada tanggal 4 Oktober. Aplikasi ini dapat menandai lokasi polisi, pengunjuk rasa, dan tempat-tempat yang telah ditembakkan gas air mata secara real-time. Saat aplikasi sempat diblok di App Store pada tanggal 2 Oktober, para pengguna mengecam Apple dan mengatakan bahwa aplikasi tersebut semata-mata hanyalah alat penentu lokasi yang membantu mereka untuk tetap aman.

Setelah akses pada aplikasi HKmap Live dibuka kembali, media corong Partai Komunis Tiongkok “Global Times” sangat jengkel. Pada hari Senin, 7 Oktober, media tersebut menurunkan tulisan yang mengecam pengembang perangkat lunak HKmap Live telah membantu “gerombolan perusuh Hong Kong” dalam menghindari polisi, dan mengecam “kekuatan Barat telah mengubah hitam menjadi putih”.

Dalam beberapa bulan terakhir, Hong Kong telah mengalami protes demonstrasi besar-besaran. Publik di Hong Kong menyatakan, aplikasi seperti HKmap Live telah menolong mereka menghindari daerah yang terkena gas air mata maupun terjadi bentrokan kerusuhan, membuat mereka tetap aman, terutama bagi anak-anak dan manula yang keluar rumah. (ntdtv/crl/lia)