Fokus

Bisnis-Bisnis Inggris Ingin Memutuskan Hubungan dengan Tiongkok

Bisnis-bisnis di Inggris ingin memutuskan hubungan dengan Tiongkok. Dilaporkan, karena kekhawatiran terkait meningkatnya ketegangan politik.

Kepala Konfederasi Industri Inggris, Tony Danker, mengatakan bahwa setiap perusahaan yang dia ajak bicara memikirkan kembali rantai pasokan mereka. Itu karena:

“Mereka mengantisipasi bahwa politisi kita pasti akan mempercepat, menuju dunia yang terpisah dari Tiongkok.”

Tiongkok adalah sumber impor terbesar Inggris tahun lalu, menyumbang tiga belas persen dari totalnya, serta peringkat ke-enam untuk ekspor barang Inggris, menurut statistik perdagangan resmi Inggris.

Tapi kekhawatiran keamanan Inggris telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Dipicu oleh banyaknya ketidaksepakatan, termasuk soal Hong Kong.

Inggris juga telah semakin memblokir pengambilalihan perusahaan-perusahaan Inggris oleh Tiongkok, dengan alasan keamanan nasional.

Selain itu, kandidat yang tersisa untuk Perdana Menteri Inggris mengatakan, mereka berniat untuk mengambil sikap yang lebih keras terhadap Tiongkok.

Kembali ke Danker — dia menyebutkan pengaruh AS juga berperan. Memperhatikan bagaimana meningkatnya kekhawatiran AS atas Tiongkok, telah membuat perusahaan-perusahaan Inggris lebih waspada untuk bergantung pada pemasok Tiongkok.

Lebih banyak artikel Fokus, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI