Fokus

China Menyita Kapal Taiwan, Menahan 5 Nelayan

Sebuah kapal penangkap ikan Taiwan dan awaknya ditahan oleh Penjaga Pantai China Selasa malam.

Taiwan mengatakan bahwa Penjaga Pantai China menaiki kapal tersebut, sebelum mengarahkannya ke sebuah pelabuhan di China daratan.

“Penjaga Pantai meminta pihak China daratan untuk tidak menggunakan faktor politik untuk menangani situasi ini. Mohon klarifikasi alasannya sesegera mungkin, dan lepaskan perahu serta orang-orangnya.

Insiden itu terjadi di Laut bagian dalam China. Lokasi di mana kapal ditumpangi berjarak 11,2 mil dari kota Shenhu, di Jinjiang, China, dan terletak di perairan teritorial China.

Kementerian Pertanian Taiwan mengatakan, ada beberapa wilayah yang tumpang tindih di mana nelayan dari China dan Taiwan sama-sama beroperasi.

Perahu Taiwan disita di salah satu wilayah tersebut.

Otoritas Maritim Taiwan mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa perahu Taiwan dicegat oleh dua kapal China di dekat kepulauan Kinmen.

Gugusan pulau itu berada tidak jauh dari pesisir China, namun dikendalikan oleh Taiwan.

Pernyataan tersebut mengatakan bahwa Taiwan mengirimkan tiga kapal untuk menyelamatkan kapal terkait, namun dihadang oleh kapal China.

Kapal yang disita itu memiliki 5 awak kapal termasuk 2 orang Taiwan, dan 3 pekerja migran.

Nelayan dari Taiwan dan China secara rutin mengarungi perairan di dekat Kepulauan Kinmen.

Ketegangan meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah kapal China di wilayah tersebut.

Kementerian Pertanian Taiwan mengatakan bahwa para nelayan dari China dan Taiwan selalu beroperasi di wilayah yang tumpang tindih, dan bahwa kapal Taiwan tidak melampaui wilayah standar, saat disita oleh pihak China.

Lebih banyak artikel Fokus, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

VIDEO REKOMENDASI