Fokus

Cuitan Pompeo Terkait Pencapaian Administrasi Trump dalam Menindak Ancaman PKT

Dengan hanya dua hari tersisa untuk administrasi Trump, Menlu AS, Pompeo memberikan gambaran luas tentang pencapaian kebijakan luar negeri.

Dia menyoroti bagaimana administrasi Trump melawan Partai Komunis Tiongkok.

Menlu AS, Mike Pompeo menyoroti pencapaian administrasi Trump dalam menindak ancaman dari Partai Komunis Tiongkok, dalam serangkaian tweet yang diposting selama akhir pekan.

Dia berkata Partai Komunis Tiongkok atau PKT, adalah ancaman utama zaman kita sekarang, bahwa:

“Selama 50 tahun Amerika bertekuk lutut ke Tiongkok, di bawah administrasi Trump, tidak lagi.”

Menlu Pompeo mengatakan administrasi ini memerangi pengaruh dan operasi PKT di Amerika.

Itu termasuk menutup hampir setengah dari semua Institut Konfusius yang didanai PKT pada kami kampus-kampus perguruan tinggi AS.

Menutup konsulat Tiongkok di Houston karena melakukan spionase.

Mengharuskan lembaga think tank untuk mengungkapkan pendanaan asing,

Melabeli 15 organisasi media PKT sebagai perwakilan luar negeri dan menuntut mata-mata PKT karena mencuri teknologi dan kekayaan intelektual Amerika.

Di bidang perdagangan, administrasi Trump menghukum praktek perdagangan curang PKT dengan menjatuhkan sanksi terhadap barang-barang Tiongkok.

Menambahkan perusahaan yang terkait dengan PKT ke daftar entitas departemen perdagangan AS.

Mengecualikan raksasa telekomunikasi Huawei dan ZTE dari jaringan 5G terkait hubungan mereka dengan rezim PKT.

Dan memblokir rekening pensiunan pemerintah AS dari berinvestasi di militer rezim PKT.

Tindakan administrasi Trump tidak hanya melindungi orang Amerika, namun juga menghukum PKT karena pelanggaran hak asasi manusia-nya di Tiongkok.

Hal itu dilakukan dengan memberlakukan sanksi dan pembatasan visa bagi para pelanggar hak asasi manusia, memblokir impor yang dibuat dengan kerja paksa, dan mencabut status perdagangan khusus Hong Kong ketika PKT mengikis otonominya.

Meskipun administrasi Trump yakin untuk mengutamakan orang Amerika lebih dulu namun tidak pernah sepihak dalam berurusan dengan PKT.

Administrasi Trump membangun koalisi dengan negara-negara yang berpikiran serupa, untuk melawan ancaman PKT dalam skala global.

Ini termasuk memperkuat Aliansi Quad dengan Jepang, Australia dan India, menjalin interaksi dengan pejabat Taiwan, mengekspos sikap bermusuhan PKT ke negara-negara bebas lain, menyangkal klaim PKT di Laut Tiongkok Selatan dan meminta pertanggungjawaban rezim PKT karena menutupi pandemi virus.

Menlu Pompeo mengatakan bahwa melalui tindakan-tindakan ini:

“Administrasi Trump mengakhiri beberapa dekade kebijakan peredaan dan keterlibatan yang salah arah terhadap Partai Komunis Tiongkok.”

Dia yakin tindakan-tindakan tersebut telah mengungkap ancaman PKT kepada rakyat Amerika dan kepada dunia.

Lebih banyak artikel Fokus, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.