Fokus

Jeratan PKT: Lusinan Pemain NBA Terjangkit COVID-19

Pada 31 Maret, setidaknya 15 orang di NBA telah terinfeksi virus PKT. Diantaranya adalah superstar NBA Kevin Durant, bos New York Knicks James Dolan.

Pada 11 Maret, NBA mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan permainan musim ini, dan kerugian diperkirakan dapat melebihi 1 miliar USD.

Laporan keuangan menunjukkan bahwa laba NBA tahun lalu mencapai 9,5 miliar USD. Pendapatan tiket, pendapatan hak cipta siaran media, dan sponsor komersial adalah tiga sumber pendapatan utamanya.

Penangguhan liga NBA juga memengaruhi sponsor dari Tiongkok.

Di Tiongkok, selain hampir 500 juta penggemar, NBA juga memiliki lebih dari 20 sponsor termasuk Tencent.

Pada 2015, Tencent dan NBA menandatangani kontrak kerja sama 5 tahun senilai 500 juta USD untuk mendapatkan hak siar ekslusif NBA di Tiongkok. 5 tahun kemudian, harga pembaruan kontrak Tencent menjadi 1,5 miliar USD.

Pada saat yang sama, semua hak cipta media dari NBA di Tiongkok, adalah milik CCTV PKT.

Pada tahun 1989, mantan komisioner NBA saat itu David Stern, demi meminta CCTV menyiarkan video NBA, menurut laporan telah menunggu selama satu jam.

Tanggal 8 Juni 1994, CCTV menyiarkan game pertama NBA Finals tahun itu.

Setelah hampir sepuluh tahun beroperasi, NBA telah berhasil memasuki pasar Tiongkok.

Pada tahun 2004, NBA mengadakan pertandingan pertamanya di Tiongkok, di atas lapangan ada Yao Ming, pemain Tiongkok yang baru saja bergabung dengan tim Rockets pada tahun 2002. NBA mengubah Yao Ming menjadi bintang Tiongkok paling terkenal di dunia. Yao Ming juga menjadi mesin pendorong bagi NBA untuk mengembangkan pasar Tiongkok.

Rating yang mengesankan juga membawa masuk banyak sponsor dan penjualan brand.

Rockets adalah tim yang paling disukai di antara 30 tim NBA. Sejumlah besar perusahaan Tiongkok seperti Li-Ning, ANTA, SPD Bank, Changhong, dan lainnya mengalir ke Houston dengan sejumlah besar dana sponsor.

CEO Rockets Ted Brown, dalam sebuah wawancara dengan media pada tahun 2017, mengatakan bahwa pendapatan kotor sponsor Rockets di Tiongkok sekarang mencapai 8% -10% dari total pendapatan (tidak termasuk biaya siaran dan pendapatan merchandise berlisensi).

Menurut laporan media, pendapatan tahunan NBA saat ini di pasar Tiongkok adalah sekitar 1,2 miliar USD. Selama beberapa dekade di Tiongkok, NBA telah menghasilkan banyak sekali uang.

Namun tahun lalu, general manager Rockets Daryl Morey secara vokal mendukung rakyat Hong Kong dalam aksi anti-ekstradiksi, yang juga membuat sikap pro-komunis NBA terungkap ke publik.

Ketika PKT memblokir NBA dan Rockets secara menyeluruh, bisnis senilai puluhan miliar RMB NBA di Tiongkok dihentikan sementara.

Di bawah tekanan, NBA mengeluarkan pernyataan minta maaf kepada Tiongkok, mengklaim sangat kecewa dengan “komentar tidak patut” Morey.

Bintang Lakers LeBron James, juga mengkritik Morey di media, dengan mengatakan: “Meskipun kita memiliki kebebasan berbicara, namun kita tetap harus lebih berhati-hati sebelum berbicara.”

Semua ini telah mendorong NBA masuk dalam pusaran badai opini publik. Semua kalangan mengkritik NBA karena tunduk pada PKT.

Wakil Presiden AS Mike Pence menggambarkan NBA bertindak seperti anak perusahaan PKT.

Xing Tianxing, komentator masalah terkini di Amerika Serikat: “Sejak insiden Morey tahun lalu, sejumlah orang di liga, yang mempunyai ikatan erat dengan kepentingan PKT, telah mengubah pemikiran mereka. Jika dia bisa tahu bahwa PKT adalah pembohong besar, dan memiliki ambisi tersembunyi, dia tidak akan begitu ceroboh di tengah wabah epidemi. Karena bersikap cuek, pada akhirnya dalam liga sebagian besar terinfeksi.”

Xing Tianxing, komentator masalah terkini di Amerika Serikat, mengatakan bahwa dia berharap bahwa para pemain NBA yang terinfeksi dapat pulih sesegera mungkin, tetapi juga berharap bahwa mereka dapat dengan serius berefleksi, apakah ingin menjadi umat Tuhan ataukah menjadi pengikut kejahatan .

Xing Tianxing berkata: “PKT sendiri adalah anti Jalan Langit, anti-Tuhan, PKT tidak manusiawi dan tidak memiliki nurani. Orang yang terus mengabaikan kebohongan dan tirani PKT, terus bekerja sama dengannya, dan mencari keuntungan bersama, orang inilah yang paling korup. Tuhan dalam proses memusnahkan PKT tidak akan membiarkan orang-orang ini. Saat ini, adalah kesempatan bagi orang-orang untuk memilih. Anda memilih untuk menjauh dari PKT, mencampakkan PKT, berarti anda berdiri di sisi keadilan. Berarti anda memilih keselamatan masa depan anda sendiri.”

Sebagai salah satu pemain dengan bayaran tertinggi di NBA, Lebron James telah menjalin hubungan bisnis yang erat dengan Tiongkok. Kobe Bryant, superstar lain, juga sering bepergian ke Tiongkok untuk mempromosikan dukungan. Pensiunan bintang Miami Heat Dwayne Wade dan bintang Portland Trail Blazers CJ McCollum, semuanya menandatangani kontrak dengan perusahaan Tiongkok Li-Ning. Bintang di bawah kontrak ANTA, meliputi bintang Warriors Klay Thompson, bintang Celtics Gordon Hayward dan veteran Lakers Rajon Rondo, dan lainnya. (ntdtv/ljy/lia)

Lebih banyak berita tentang wabah pneumonia akibat infeksi COVID-19 dari Wuhan, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.