Fokus

Keterkaitan para Capres dengan China, Anies Masih Belum Pasti

Indonesia akan menggelar pemilihan presiden pada 14 Februari 2024. Komisi Pemilihan Umum sudah menetapkan tiga pasangan capres dan cawapres yakni: Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

Dari ketiga pasangan tersebut, Muhammad Zulfikar Rakhmat dari Center of Economic and Law Studies atau CELIOS, melihat semuanya berpotensi untuk melanjutkan kebijakan politik luar negeri Presiden Joko Widodo dalam masalah utang dan investasi China. 

[Muhammad Zulfikar Rakhmat, Direktur Study China-Indonesia Celios]:

“Siapapun yg terpilih akan melihat China sebagai alternatif. Karena China membawa uang ke Indonesia dengan syarat yang tidak begitu banyak. Nah nanti yang membedakan mereka, bagaimana mereka mengaproch China, apakah dengan tegas atau linier seperti sikap pemerintah saat ini. Misalnya ya udah investasi China masuk saja tak peduli dampak lingkungan dan masyarakatnya seperti apa. Atau oke kita terima investasi dari China, tapi mereka harus memperhatikan isu lingkungan, dampak sosialnya.”

Dari ketiga capres tersebut, menurut Zulfikar, Prabowo Subianto sudah pasti akan melanjutkan kebijakan Jokowi dalam bermitra dengan China. Begitu juga dengan Ganjar Pranowo, sedangkan Anies Baswedan bagi Zulfikar Rakhmat, masih belum jelas.

[Muhammad Zulfikar Rakhmat, Direktur Study China-Indonesia Celios]:

“Saya melihat kalau pak Ganjar kurang lebih tidak jauh berbeda yah (dengan Prabowo) karena beberapa kali dari statement beliau akan melanjutkan (Jokowi), kemudian beliau dalam beberapa kali statemennya akan tetap menggunakan pekerja China. Kalau Anies ini yang masih menjadi pertanyaan, saya juga tidak bisa melihat secara detail karena selama ini interaksinya dengan China sangat terbatas. Selama menjabat gubernur DKI, hanya satu dua kali bertemu (perwakilan China), itupun tidak menunjukan bagaimana beliau bersikap. Cuma dalam beberapa statemennya tetap akan bermitra dengan China. Makanya saya berkesimpulan, siapapun yang terpilih, dia (China) akan tetap berperan, siapapun yang terpilih akan bekerjasama dengan China. Pertanyaannya, seberapa kuat mereka bernegosiasi dengan China.”

NTD news melaporkan dari Jakarta.

Lebih banyak artikel Fokus, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

Lebih banyak informasi tentang Shen Yun silahkan kunjungi: shenyun.com