Fokus

Komunis Tiongkok adalah Pencuri yang Bertingkah Seperti Polisi: Mantan Penasehat Pompeo

Setelah Beijing menekan Biden untuk membalikkan kebijakan Trump terkait Tiongkok, mantan penasihat kebijakan Tiongkok untuk Menlu AS saat itu, Mike Pompeo, mengatakan bahwa Beijing tidak memiliki logika untuk mengatakan hal seperti itu.

Miles Yu memberi tahu Radio Free Asia bahwa PKT tidak hanya menghadapi konflik dengan AS, tapi juga bermasalah dengan negara-negara lain di dunia, seperti negara-negara tetangganya juga Eropa.

Dia berkata PKT “tidak memiliki teman yang tulus.”

Oleh karena itu, tidak masuk akal untuk hanya menyebut AS.

Duta Besar PKT untuk AS mengatakan baru-baru ini bahwa masalah Taiwan, Hong Kong, dan Xinjiang adalah garis merah bagi Beijing.

Yu menanggapi dengan mengatakan bahwa PKT telah melewati garis merah dalam masalah-masalah ini.

PKT tidak memiliki dasar batasan, dan tidak ragu untuk melakukan apapun yang diinginkannya, katanya.

Yu juga menanggapi narasi PKT bahwa negara lain tidak memiliki hak untuk ikut campur dalam apa yang disebutnya “masalah domestik”.

Dia menjelaskan bahwa pencurian massal rahasia komersial AS oleh PKT, upaya PKT untuk mencegah komunitas internasional menyelidiki asal-usul virus, dan penindasannya terhadap aktivis pro-demokrasi di luar Tiongkok, bukanlah “masalah domestik” rezim PKT.

Yu juga menekankan, “jika rezim Tiongkok ingin dihormati oleh yang lain, pertama-tama rezim harus menghormati hukum internasional dasar.

Rezim Tiongkok sekarang berbicara tentang saling menghormati, karena mereka ingin komunitas internasional menutup mata ketika rezim itu melanggar norma internasional.”

Dia kemudian mengatakan perilaku PKT, adalah, seperti pencuri yang bertingkah seperti polisi.

Lebih banyak artikel Fokus, silahkan klikĀ di sini. Video, silahkan klikĀ di sini.

VIDEO REKOMENDASI