Fokus

Kongres AS Menuntut Rejim Tiongkok untuk Bertanggung Jawab Atas Wabah COVID-19

Sepertinya Partai Komunis Tiongkok, tidak lama lagi harus berurusan dengan tekanan penuh dari kongres AS. Tiga prakarsa terpisah telah muncul di DPR dan Senat AS.

Yang pertama adalah resolusi dari dua partai, mengutuk penanganan Beijing terhadap wabah virus. Resolusi itu dipimpin bersama oleh Jim Banks dari Republik, dan Seth Moulton dari Demokrat. Resolusi itu menerangkan dengan detail penyembunyian rejim. Mengatakan bahwa studi mereka menemukan, bahwa jika Tiongkok mengambil tindakan 3 minggu lebih awal, maka penyebaran virus korona akan berkurang 95% secara global.

Jim Banks: “Tiongkok harus membayar atas kelalaian itu, atas peran mereka karena membiarkan hal ini terjadi.”

Sejauh ini resolusi tersebut mendapat dukungan dari, lebih dari 30 pendukung bersama.

Yang kedua adalah resolusi dari senator Josh Hawley, untuk penyelidikan penuh atas kebohongan dan tindakan PKT yang telah membunuh ribuan rakyatnya sendiri dan menjadikan virus PKT menjadi pandemi global. Senator itu mengatakan bahwa Beijing harus membayar kerugian kepada seluruh dunia, atas tindak pidananya. Dia mengatakan bahwa resolusi itu mungkin akan diajukan pada hari Selasa.

Yang ketiga adalah permintaan dari 3 senator, agar presiden Trump membentuk sebuah gugus tugas, untuk melawan propaganda Partai Komunis Tiongkok perihal virus PKT.

Gugus tugas itu akan berada di bawah dewan keamanan nasional. Rejim Tiongkok telah menggandakan propaganda anti-Amerikanya. Yang awalnya menyatakan bahwa militer AS telah membawa virus ke Wuhan, dan kini menyalahkan presiden Trump secara langsung.

Tidak ada bukti apapun yang menunjukkan bahwa virus berasal dari manapun kecuali Wuhan, Tiongkok. Gugus tugas itu akan, satu, membuat lembar putih mengenai asal muasal COVID-19 dan bagaimana PKT berupaya untuk menyembunyikannya. Dan dua, memberikan panduan kepada para karyawan pemerintahan AS, dalam mengolah pesan-pesan mengenai COVID-19, dan untuk melawan narasi palsu PKT mengenai asal mula virus tersebut.

Lebih banyak berita tentang wabah pneumonia akibat infeksi Covid-19 dari Wuhan, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.