Fokus

Menteri Pertahanan China yang Hilang, Dilaporkan sedang Diselidiki

Perombakan dalam kepemimpinan militer China. Menteri Pertahanan negara yang ‘hilang’ itu dilaporkan sedang diselidiki karena korupsi, dan mungkin akan dicopot dari jabatannya. Berita ini menyusul penggantian menteri luar negeri China yang tidak dijelaskan, serta perombakan di dalam unit rudal nuklir China. Belum ada kabar mengenai keberadaan mantan pejabat itu dari Beijing. Bagaimana pembersihan tingkat atas akan mempengaruhi pengambilan keputusan militer China?

Pejabat tinggi China lainnya hilang. Yang menjadi berita utama kali ini adalah Menteri Pertahanan China, Li Shangfu. Dia menghilang dari pandangan publik 2 minggu lalu.

Pada hari Jumat, seorang reporter mempertanyakan Beijing tentang keberadaan Li.

“Saya tidak mengetahui situasi yang Anda sebutkan.”

Hilangnya Li menarik perhatian publik, sebagian adalah karena pejabat tinggi China di kabinet Xi, hilang satu demi satu.

Duta Besar AS untuk Jepang mengolok-olok serangkaian peristiwa tersebut di media sosial.

Memposting di X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, dia membandingkan pejabat yang hilang dengan novel misteri Agatha Christie, ‘And Then There Were None’.

Mengatakan “pertama, menteri luar negeri Qin Gang hilang, kemudian komandan pasukan roket hilang, dan sekarang menteri pertahanan Li Shangfu tidak terlihat di depan umum selama 2 minggu. Siapa yang akan memenangkan perlombaan pengangguran ini?”

Baik Menlu China dan komandan pasukan roket digulingkan setelah menghilang selama berbulan-bulan.

Li terakhir terlihat pada akhir Agustus, saat ia berpidato di forum keamanan, di Beijing.

Li dijadwalkan bertemu dengan para pemimpin pertahanan Vietnam pekan lalu. Namun para pejabat Vietnam mengatakan pertemuan itu dibatalkan, karena kondisi kesehatan.

Para analis mengatakan fenomena hilangnya para pejabat, mengisyaratkan sistem politik Beijing yang tidak jelas.

Laporan media mengatakan Li sedang diselidiki atas tuduhan korupsi, mengutip pejabat AS yang tidak disebutkan namanya. NTD menghubungi Deplu untuk komentar, tapi tidak mendapat tanggapan sebelum waktu tayang.

Washington menjatuhkan sanksi terhadap Li pada tahun 2018, atas pembelian senjata Rusia oleh China.

Lebih banyak artikel Fokus, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

Lebih banyak informasi tentang Shen Yun silahkan kunjungi: shenyun.com