Fokus

Penonton: Shen Yun adalah ‘Penawar’ Pandemi

Pandemi yang seolah tak kunjung usai bisa membuat semangat seseorang turun.

Tapi para penonton Shen Yun mengatakan bahwa pertunjukan tarian China klasik membawa kelegaan yang sangat dibutuhkan.

“Sangat indah dan membangkitkan semangat,” kata Dan Hare, pensiunan sutradara film dokumenter. “Ini semacam perasaan holistik untuk itu. Saya sangat terkesan. Anda mengambang di udara saat Anda pergi.

“Saya sangat senang kami datang ke sini untuk menonton karena, selama dua jam itu, kami benar-benar lupa bahwa kami sedang berada dalam pandemi,” kata Cherie Jaynes, yang bekerja di Departemen Urusan Veteran AS. “Dan saya benar-benar lupa saya memakai masker, karena itu sangat menyenangkan.”

“Pertunjukan ini memancarkan energi melalui musik, tapi juga melalui keterampilan di atas panggung, yang menurut saya membantu kita melawan virus,” kata Bernard Monnot, yang menonton Shen Yun di Paris, Prancis.

“Saya merasakan perbedaan, saya memiliki lebih banyak energi sekarang. Saya memiliki lebih banyak energi, dan hati saya lebih penuh dengan kegembiraan,” tambahnya.

“Saya pikir pertunjukan itu adalah penawar yang baik untuk pandemi,” kata Philio Lancaster, yang memiliki perusahaan manajemen real estat.

“Pandemi membuat Anda berubah menjadi diri sendiri dan menjadi depresi, sendirian, dan terisolasi,” katanya. “Program seperti ini mengajarkan Anda bahwa Anda terhubung dengan orang lain dan bahwa Anda perlu memikirkan sesuatu di luar diri Anda, sesuatu yang transenden.”

Menurut situs web mereka, Shen Yun menarik inspirasi dari 5.000 tahun kebudayaan China—yang dikenal sebagai inspirasi ilahi.

Para seniman ini membawa kembali nilai-nilai kuno tersebut ke panggung modern, dengan tujuan untuk menampilkan China sebelum komunisme.

“[Ini] memberi kita pengalaman spiritual dan emosional yang kaya, yang penting, terutama saat ini,” kata Dominique Clavier, psikolog klinis dari Paris.

“Mereka mewakili budaya China sebagaimana seharusnya diceritakan di dunia, apa itu China,” kata John Williams, asisten profesor di San Diego State University.

“Bagi saya, China bukanlah Partai Komunis China, inti dari China adalah orang-orangnya. Dan saya pikir dalam waktu dekat, kita akan melihat China baru yang selalu ingin kita lihat, tanpa Partai Komunis China,” tambahnya.

Penonton mengatakan bahwa mereka dapat memahami unsur-unsur tradisional Tionghoa bahkan di Barat.

“Di Amerika, kami kehilangan banyak budaya dan nilai-nilai yang mengakar. Saya pikir itu pesan yang bagus untuk Amerika,” kata Hare. “Saya pikir ini cara yang bagus untuk terhubung kembali dengan akar spiritual kita. Saya pikir itu adalah hal yang luar biasa untuk menunjukkan kesamaan umat manusia dan membawa kita kembali ke akar inti dari siapa kita sebenarnya.”

“Kita telah mengalami banyak hal negatif di dunia menjelang tahun 2020. Dan saya pikir kita perlu kembali ke kualitas yang menjadikan kita manusia,” kata Williams.

(NTD News)

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

Lebih banyak informasi tentang Shen Yun silahkan kunjungi: shenyun.com