Fokus

Pesan Tahun Baru Xi Jinping, Menyinggung tentang Perekonomian China

Ketika sebagian besar dunia merayakan tahun 2024 dengan penuh kegembiraan, pemimpin komunis China, Xi Jinping, berbagi cerita yang berbeda pada akhir pekan, perekonomian China sedang berada dalam kesulitan.

Ini adalah pertama kalinya Xi membuat pernyataan seperti itu dalam pesan-pesan tahun barunya selama beberapa dekade.

Mengakui hilangnya lapangan pekerjaan dan bisnis-bisnis yang kesulitan, Xi memperingatkan akan lebih banyak tantangan ekonomi di tahun depan, berbicara tentang gelombang angin dan hujan ekonomi.

Pernyataan tersebut menyusul data baru dari Beijing yang menunjukkan tanda-tanda baru kesulitan ekonomi China.

Aktivitas pabrik di negara tersebut mencapai titik terendah dalam 6 bulan pada Desember, karena terbatasnya pesanan baik di dalam maupun di luar negeri.

Perekonomian menjadi perhatian utama bagi China tahun ini, dengan permasalahan mulai dari kemerosotan properti hingga meningkatnya pengangguran serta meningkatnya hutang lokal.

“Hal ini juga membuat perekonomian China sangat sulit untuk diinvestasikan, sehingga membuat takut banyak investor. Mereka pada dasarnya menciptakan gelembung real estat yang meletus ketika Evergrande, bangkrut, jadi mereka punya banyak tantangan struktural yang harus dihadapi.”

Selain peringatan ekonomi, Xi Jinping menambahkan lapisan lain ke dalam pesan tahun barunya, sebuah peringatan segar bagi Taiwan, yang menyebut reunifikasi Taiwan dan China “tidak bisa dihindari.”

Komentar tersebut muncul kurang dari 2 minggu sebelum para pemilih di pulau yang mempunyai pemerintahan sendiri itu memilih pemimpin barunya.

Partai Komunis China mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri meski belum pernah memerintah wilayah tersebut.

Inilah yang dikatakan presiden Taiwan Presiden dalam pidato tahun barunya yang lalu pada Senin.

“Bagaimana masa depan hubungan lintas negara? Saya pikir hal ini harus konsisten dengan prinsip-prinsip demokrasi, yaitu menemukan kemauan bersama dari rakyat Taiwan untuk membuat sebuah keputusan. Bagaimanapun juga, kita adalah negara demokratis. Adapun arah apa yang harus diambil dalam hubungan dengan China, kita harus mengikuti proses demokrasi.”

Lebih banyak artikel Fokus, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

VIDEO REKOMENDASI