Fokus

Polisi China Mendirikan Kantor Layanan Tidak Resmi di Luar Negeri

Sebuah biro polisi China telah mendirikan puluhan stasiun layanan tidak resmi di luar negeri, termasuk di Inggris. Para ahli mengatakan Partai Komunis China ingin memperluas pengaruhnya secara internasional.

Investigasi oleh organisasi nirlaba, Safeguard Defenders mengatakan stasiun-stasiun itu adalah bagian dari program yang diujicobakan oleh Biro Keamanan Publik Fuzhou.

Dinamakan “stasiun layanan luar negeri satu-satu-nol,” mengacu pada versi China dari sembilan-satu-satu atau ‘nine-one-one’, lebih dari 50 stasiun telah diidentifikasi di luar negeri.

Stasiun-stasiun tersebut tampaknya merupakan nomor lokal yang dapat dihubungi oleh orang Tionghoa perantauan, untuk melaporkan kasus penipuan atau pembaruan dokumen.

Tapi beberapa stasiun telah dituduh memeras warga Tionghoa, untuk membuat mereka kembali ke China.

Ada dua stasiun seperti itu di London. Salah satu alamat tampaknya adalah milik agen real estat, tapi tidak jelas untuk alamat lainnya.

Laporan Safeguard Defenders mengatakan, “Meskipun bukan objek penyelidikan ini, pada pandangan pertama setidaknya beberapa asosiasi di luar negeri terkait dengan sistem ‘Front Persatuan.’”, itu mengacu pada sistem yang mengatur operasi pengaruh Partai Komunis China di luar negeri.

Menurut laporan media China, Biro Keamanan Publik kota Fuzhou telah mendapat telepon dari orang-orang Tionghoa yang tinggal di AS, Kanada, dan Australia.

Lebih banyak artikel Fokus, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI