Fokus

Shen Yun Luar Biasa dan Menginspirasi: Penonton

Selama pertunjukan terakhirnya di Berkeley, Shen Yun membuat para penonton kagum dan menginginkan lebih banyak lagi.

“Oh, ini spektakuler. Sangat indah sehingga membuat Anda tercengang,” kata Sharon Sagan, rekan peneliti di UCSF. “Pria dan wanitanya sama-sama anggun dan elok. Dan kostumnya sangat halus. Dan musiknya juga sangat menginspirasi. Jadi secara visual itu adalah pengalaman yang luar biasa.

“Kostumnya luar biasa, tariannya, koreografinya, Anda tahu, benar-benar membuat saya terpesona. Saya sangat menikmatinya,” kata Norm DeWitt, anggota Dewan Direksi untuk Asosiasi Pesawat Eksperimental.

Beberapa penonton terinspirasi untuk menggabungkan aspek budaya tradisional Tiongkok ke dalam kehidupan mereka.

“Itu menginspirasi saya sebagai pelukis. Saya pikir saya ingin melukis beberapa penari karena itu adalah sesuatu yang [belum] pernah saya lihat atau yang tidak dilihat orang,” kata Linda Shumaker, seorang pelukis dari Santa Cruz. “Saya hanya sedikit kewalahan dengan kualitas, dan penguasaan para penari serta musisinya juga.”

“Kostumnya luar biasa. Saya duduk di sana menonton koreografi dan saya juga melihat bagaimana kostum serta kainnya bergerak, dan cara kostum itu benar-benar menekankan gerakan para penari, atletisitas. Dan mereka memiliki ekspresinya sendiri, Anda tahu? Sangat cantik,” kata Nicole Guarascio, seorang fashion stylist.

Bagi mantan walikota Novato, Bill Cope, ini adalah kali ke-9 atau ke-10 dia menonton Shen Yun.

“Ada banyak sekali tentang 5.000 tahun budaya Tiongkok yang saya tidak tahu dan kebanyakan orang tidak tahu, sebagai orang Barat, atau orang Kaukasia di sini di Amerika. Jadi saya pikir ada banyak hal yang harus dipelajari. Dan saya menikmati hal-hal yang informatif, mendidik, dan menghibur,” kata Cope.

Ribuan tahun budaya Tiongkok hampir hancur dan hilang di bawah rezim Komunis. Misi Shen Yun adalah untuk menghidupkan kembali budaya yang diilhami secara ilahi tersebut.

“Untuk orang seperti saya yang bukan orang Tionghoa, saya pikir itu akan memungkinkan saya untuk lebih berempati dengan mereka yang pernah hidup melalui komunisme,” kata Patrick Roach, seorang pengacara pajak. “Dan Anda tahu, mudah untuk menentangnya sebagai orang Amerika, tapi melihat pertunjukan seperti itu, menurut saya membantu Anda menghargai apa yang sebenarnya diderita -orangorang. Jadi ada saat-saat di mana Anda hanya merasakan kesedihan dan empati yang intens terhadap orang-orang.

“Keinginan untuk kebajikan dan kesejatian serta kebaikan, dan saya suka itu, kesabaran, tampak seperti spiritualitas universal,” kata Sagan. “Dan saya benar-benar dapat terhubung dengan rasa sakit yang dirasakan orang-orang, serta keindahan budaya dan agama.”

“Ketika menyukai, semacam, unsur-unsur keyakinan dan agama, mereka sangat memakai hati mereka di lengan baju mereka,” kata Roach. “Dan itu, menurut saya, hal yang tidak biasa untuk dilihat, tapi sesuatu yang sangat saya hargai. Saya senang melihatnya. Ini menyegarkan.”

8 rombongan tari Shen Yun sedang melakukan tur keliling dunia, salah satunya akan menuju ke Folsom dengan tiga pertunjukan di Harris Center for the Arts. (NTD News)

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

Lebih banyak informasi tentang Shen Yun silahkan kunjungi: shenyun.com

VIDEO REKOMENDASI

Lebih banyak artikel Fokus, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.