Fokus

Shen Yun “Membuat Kita Bisa Bernafas,” Kata Penonton di Paris

Banyak penonton di Prancis telah menunggu kembalinya Shen Yun. Dan akhirnya, Shen Yun memulai turnya di Paris, tampil di kota untuk pertama kalinya dalam dua tahun karena pandemi.

Beberapa mengatakan melihat pertunjukan memungkinkan mereka untuk bernapas lagi.

“Saya membeli tiket saya dua tahun lalu. Pertunjukan itu membuat kami bernafas lega,” kata Bérengère Paulack, mantan pemulih buku.

“Saya sangat senang bisa datang ke pertunjukan sekarang, karena itu sangat menakjubkan, sangat unik, sangat luar biasa, pengalaman yang luar biasa untuk mata, semangat, dan hati,” kata Joao Calado, manajer proyek dari GFI.

“Saya perhatikan ada beberapa konotasi spiritual dalam tarian dan teks yang tertulis di belakang tarian,” kata Charles Bernard, direktur RCF Radio Burgundy. “Itulah yang menyentuh saya terutama karena saya sendiri adalah presiden radio Kristen berbahasa Prancis.”

Dari legenda hingga pahlawan masa lalu hingga sastra klasik dan banyak lagi, setiap mini-drama mewujudkan dan merayakan kebajikan yang menjadi inti peradaban China selama ribuan tahun.

“Benar-benar luar biasa, sangat mengharukan,” kata profesor François Bricaire, anggota Akademi Kedokteran Nasional Prancis. “Menurut saya pertunjukan itu indah karena menampilkan budaya China yang sebenarnya, dan kami merasa terhormat dapat menikmati tarian yang luar biasa ini.”

“Ini adalah pembangkitan kekuatan dunia lain yang lebih tinggi, hubungan antara bumi dan surga,” kata Dr. Joëlle Dubois, seorang dokter yang berspesialisasi dalam kesehatan masyarakat dan pengobatan sosial.

Shen Yun didedikasikan untuk menampilkan dan melestarikan nilai-nilai China kuno—yang memiliki budaya yang secara luas dikenal sebagai inspirasi ilahi—sebelum komunisme.

“Nilai Shen Yun dalam menjaga tradisi tetap hidup sangatlah besar. Sayangnya, China telah merosot menjadi materialisme, di mana semangat dan banyak nilai telah hilang atau musnah, sehingga kelompok seperti Shen Yun, yang menjaga tradisi tetap hidup, merupakan aset besar bagi budaya China dan harus dilanjutkan,” kata François Kimmel, mitra dari François Kimmel Conseil.

“Ini adalah pengalaman yang mutlak harus dialami! Apalagi saat ini ketika kita hidup terlalu cepat—itu benar-benar sesuatu yang baik untuk hati dan jiwa,” kata Gilles Maroteaux, seorang guru-penerjemah.

“Jika kita manusia bisa menjadi seperti itu lagi, itu akan bermanfaat bagi banyak orang… dan mungkin seluruh umat manusia… Maaf, saya sangat tersentuh, sangat tersentuh oleh kasih sayang dan keindahan yang luar biasa… inilah yang kita rindukan saat ini,” imbuhnya.

(NTD News)

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

Lebih banyak informasi tentang Shen Yun silahkan kunjungi: shenyun.com