Fokus

Wamenkominfo: “Dewan Media Sosial Lagi Dibahas”

Tawaran pembentukan Dewan Media Sosial dari UNESCO bagi Indonesia tahun lalu mulai digodok oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika. Ditemui usai acara Konferensi Ilmu Sosial dan Politik 2024 pada 17 Januari lalu, Wakil Mentri Kominfo Nezar Patria mengutarakan prosesnya saat ini.

[Nezar Patria, Wamenkominfo]:

“Lagi kita bahas yah, bersama juga dengan platform-platform media sosial yang ada untuk pembentukan dewan ini. Dan kita lagi coba exercise apa saja yang mau kita atur begitu.”

Menurut Nezar Patria, pembentukan Dewan Media Sosial merupakan ide yang bagus, mengingat tingginya penggunaan media sosial di Indonesia.

[Nezar Patria, Wamenkominfo]:

“Karena kita tau, penanganan hoaks, penanganan disinformasi, misinformasi, memang membutuhkan satu badan yang independen, untuk bisa melakukan assessment dan juga tindakan-tindakan yang akan diambil, terutama untuk meregulasi secara etik, apa saja yang harus dilakukan oleh, atau dijaga oleh platform media sosial agar ruang percakapan digital itu bisa makin sehat.”

Proyek yang dijalankan UNESCO dengan nama “Social Media 4 Peace” ini mengajukan proposal pembentukan Dewan Media Sosial ke empat negara lain selain Indonesia, yaitu Bosnia dan Herzegovina, Kolombia, dan Kenya, sebagai proyek percontohan dalam mengendalikan media sosial.

NTD News melaporkan dari Jakarta.

Lebih banyak artikel Fokus, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

VIDEO REKOMENDASI