Fokus

WTA Siap Menarik Bisnis dari Tiongkok Terkait Hilangnya Seorang Bintang Tenis

Dengan dua setengah bulan sampai Olimpiade Musim Dingin Beijing, seorang atlet Tiongkok mendapatkan perhatian lebih banyak secara internasional.

PBB mendukungnya, dan Asosiasi Tenis Wanita sedang mempertimbangkan apakah akan menarik diri dari Tiongkok karena dirinya.

Beberapa mengatakan Beijing menderita, karena perbuatannya sendiri.

Kantor HAM PBB meminta informasi mengenai keberadaan bintang tenis Tiongkok, Peng Shuai pada hari Jumat.

Jubir HAM PBB, Liz Thorssell: “Kami akan menekankan bahwa penting untuk mengetahui di mana dia berada, dan, keadaannya, tahu tentang kesejahteraannya. Dan seperti yang saya katakan, kami pikir penting, bahwa ada penyelidikan atas tuduhan penyerangan seksualnya.”

Mantan nomor satu dunia ganda Peng, belum terlihat atau terdengar secara publik, sejak dia mengatakan di media sosial Tiongkok pada 2 November, bahwa mantan wakil perdana menteri Zhang Gaoli memaksanya berhubungan seks, dan mereka kemudian memiliki hubungan suka sama suka.

Baik Zhang maupun pemerintah Tiongkok tidak mengomentari tuduhannya.

Postingan media sosial Peng dengan cepat dihapus dan topik tersebut telah diblokir dari diskusi di internet Tiongkok yang sangat disensor.

Kekhawatiran di antara komunitas tenis global dan sekitarnya telah berkembang, atas keselamatan Peng.

Asosiasi Tenis Wanita, atau WTA, menyerukan penyelidikan dan mengatakan siap untuk menarik turnamennya, yang bernilai puluhan juta dolar, keluar dari Tiongkok karena masalah ini.

Pada hari Rabu (17 Nov) Kepala Eksekutif WTA, Steve Simon, mengatakan dia telah menerima email yang mengaku berasal dari Peng, dan menyangkal tuduhan penyerangan seksual, tapi dia meragukan kebenaran email tersebut.

Sebuah outlet media pemerintah Tiongkok juga merilis surat itu di Twitter.

Hu Xijin, editor media pemerintah Tiongkok yang berpengaruh, menimpali skandal itu di Twitter pada Jumat pagi, dengan mengatakan, dia tidak percaya Peng telah menjadi target pembalasan.

Beberapa pemain tenis top dunia, termasuk Naomi Osaka dan Serena Williams telah men-tweet #WhereIsPengShuai.

Tagar tersebut telah mengumpulkan lebih dari 32 juta sebutan di Facebook, Instagram dan Twitter, menurut situs web Brandmentions.

Semua platform itu diblokir di Tiongkok.

Dan meskipun Peng tidak terlihat di depan umum selama lebih dari dua minggu, pada hari Jumat, fotonya diposting di Twitter, bukan oleh dirinya, tapi oleh editor CGTN.

CGTN adalah salah satu corong media utama Partai Komunis Tiongkok.

Editor itu berkata, “Momen WeChat Peng Shuai baru saja memposting tiga foto terbaru dan berkata ‘Selamat berakhir pekan’.”

Lebih banyak artikel Fokus, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI