Keluarga

7 Rahasia Orang Berproduktivitas Tinggi

Photo by Andreas Klassen on Unsplash

Beberapa orang dalam bekerja sangat efektif dan efisien. Mereka mempunyai banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan semuanya sangat berkualitas. Energi dan antusiasme mereka seakan tak berbatas. Mungkin Anda mempunyai teman atau kolega yang seperti itu, atau mungkin juga pasangan hidup Anda, dan berpikir bahwa mereka memiliki gen produktif dan memang terlahir demikian.

Namun sebenarnya, setiap orang dapat meningkatkan produktivitasnya sendiri dengan memahami dan menggunakan rahasia yang digunakan orang berproduktivitas tinggi.

Mungkin Anda akan menemukan beberapa tips berikut sudah tidak asing bagi Anda. Jika demikian, apakah Anda mau benar-benar mengikutinya?

1. Memahami jam-jam sibuk

Orang produktif memiliki kepekaan ritme harian mereka yang baik, dan berusaha menerapkan saat merencanakan agenda hariannya. Mereka juga mengetahui bahwa tidak semua jam diciptakan sama.

Apakah Anda tahu kapan waktu sibuk Anda? Bisa jadi Anda memiliki kepekaan yang bagus. Mungkin saat beraktivitas di pagi hari Anda merasa sangat baik, namun harus bertahan untuk tetap fokus di sore hari. Atau mungkin juga setiap hari Anda justru memiliki dorongan energi pada jam 3 sore.

Lakukan: Ketika Anda telah memahami jam-jam terbaik Anda, manfaatkan ini untuk mengerjakan tugas terberat Anda – apapun yang membutuhkan konsentrasi penuh atau kreativitas. Jika Anda sangat terfokus antara pukul 10.00 dan 12.00, jangan menggunakan waktu itu untuk membaca email.

2. Berfokus pada satu tugas

Orang produktif tahu bahwa multitasking adalah tidak mungkin. Mereka tidak akan mengerjakan beberapa pekerjaan dalam waktu bersamaan, untuk mencapai tujuan yang dikehendaki mereka hanya bisa berfokus pada satu tugas.

Bagaimana dengan Anda? Barangkali Anda akan masuk perangkap, bila saat bekerja Anda membuka akun Facebook atau Twitter. Anda akan selalu memeriksa inbox Anda setiap menitnya. Atau saat di rumah, Anda mencoba untuk belajar ketika sedang menonton televisi. Dengan mencoba mengerjakan multi tugas, Anda akan kehilangan fokus setiap kali beralih dari tugas yang satu ke lainnya.

Lakukan: Pilih salah satu tugas untuk dikerjakan, misalnya menyelesaikan laporan, membersihkan inbox Anda, dan mengarsip surat-surat Anda, baru kemudian pilih pekerjaan berikutnya.

3. Mengonsumsi Makanan Sehat (terutama saat makan siang)

Orang produktif tahu, mereka perlu secara hati-hati mengatur energi fisik mereka untuk beraktivitas dalam keseharian. Ini berarti mereka perlu memberi asupan yang baik bagi tubuh dengan makanan bergizi.

Seperti apa menu makan siang yang biasa Anda konsumsi? Jika Anda lebih menyukai fast food plus segelas besar coke di meja Anda setiap harinya, maka dengan sebentar perut Anda akan bertambah buncit.

Lakukan: Konsumsi makan siang Anda dengan porsi sedang dan fokus pada makanan yang memberi energi lebih (seperti protein dan biji-bijian). Cobalah buah-buahan, kacang atau biji-bijian sebagai camilan diantara jam-jam makan pagi, siang dan malam.

4. Perkenankan bantuan orang lain

Orang produktif tidak akan melakukan segala sesuatunya sendirian. Mereka akan membagikan tugas di tempat kerja, bahkan di rumah mereka juga melakukannya. Orang berkarakter ini pandai mengatur orang, tidak hanya mengerjakan pekerjaannya sendiri.

Apakah Anda pernah meminta bantuan? Mungkin Anda kuatir akan tampak lemah – namun sesungguhnya tidak ada satu pun orang bisa bekerja sendiri, sepanjang perjalanan hidup kita pasti akan selalu membutuhkan dukungan (baik emosional maupun prakteknya).

Lakukan: Pilah tugas-tugas yang bisa Anda delegasikan di tempat kerja maupun di rumah.

5. Berkata “tidak” untuk komitmen yang tidak diinginkan

Orang produktif mungkin tampak melakukan segala sesuatu, namun mereka juga mengatakan  ‘tidak’ pada komitmen  yang tidak sesuai dengan yang telah mereka lakukan. Mereka tidak akan pernah ragu untuk menetapkan prioritas dan terikat padanya.

Apakah Anda merasa sulit untuk mengatakan “tidak”? Mungkin Anda takut menyinggung perasaan seseorang atau merasa tidak enak untuk menolak permintaan mereka. Tetapi jika Anda mengambil setiap komitmen yang datang, Anda akan segera menemukan bahwa Anda tidak mampu menyelesaikan apa pun secara tepat waktu dan dengan standar yang tinggi.

Lakukan: Pilihlah hal-hal baru yang ditawarkan pada Anda. Jika Anda tidak memiliki banyak pilihan (misalnya atasan meminta melakukannya), cobalah untuk menjelaskan kondisi Anda telah terbebani pekerjaan setumpuk, dan mungkin Anda perlu untuk melepaskan beberapa tugas.

6. Berolahraga secara teratur

Seberapa sering Anda mengatakan, “Saya tidak punya waktu untuk berolahraga.” Mungkin juga dikarenakan Anda terlalu lelah, sehingga pulang dari bekerja hanya merebahkan diri di atas sofa menonton tv. Namun jangan lupa, olahraga adalah investasi kesehatan Anda. Bila Anda sakit, maka Anda juga tidak bisa bekerja.

Lakukan: Mulailah dari hal kecil. Luangkan waktu berjalan cepat selama 15 menit saat makan siang, dan lihatlah apa yang membuat energi Anda meningkatkan hingga sore hari.

7. Investasi waktu untuk menghemat waktu

Orang produktif mempunyai pilihan cerdas, yakni menghabiskan sedikit waktu sekarang untuk menghemat banyak waktu di masa depan.

Apakah Anda pernah berjuang dengan metode yang tidak efisien, karena Anda “tidak punya waktu” untuk mengubahnya? Mungkin Anda dapat menyelesaikan tugas tertentu dalam 30 menit, namun bila Anda ingin mencari cara/metode yang lebih efisien, mempelajari cara baru itu membutuhkan waktu dua jam.

Jika mengerjakan tugas 30 menit muncul setiap minggu atau bahkan setiap hari, meskipun membutuhkan dua jam di awal untuk memperbaiki sistem agar lebih efisien, misalnya yang tadinya 30 menit bisa menjadi 10 menit, maka dua jam untuk mempelajari metode baru itu sangat layak dilakukan!

Lakukan: Setiap kali Anda terlibat dalam tugas yang berulang dan memerlukan waktu lama, cari tahu apakah ada metode yang lebih efisien.  (secretchina/mla)