Keluarga

Bagaimana Melepas Keterikatan yang Tidak Sehat

Melepas (Brett Jordan @Pexels)
Melepas (Brett Jordan @Pexels)

Bukan rahasia lagi jika alam semesta, termasuk pikiran dan tubuh kita, mengikuti pola yang teratur. Yang harus kita lakukan adalah mengikuti alur alami yang sudah ada di dalam diri kita.

Untuk melepaskan kebiasaan tidak sehat, kita perlu memahami sifat alami jalur saraf otak. Kemudian kita dapat mulai melepaskan kecenderungan kebiasaan yang tidak lagi membantu kita mencapai tujuan kita.

Sifat Fraktal dari Otak Kita

Para ilmuwan mengklaim bahwa otak itu fractal, tidak hanya pada struktur namun juga pada proses yang fungsinya berdasarkan geometri fraktal. Setiap orang unik dan melihat dunia secara berbeda.

Tindakan dan pikiran yang berulang-ulang menciptakan pola yang kompleks dan bersifat material.

Kepingan salju, pepohonan, dan ombak adalah contoh fraktal, perulangan beragam skala ukuran tanpa henti dari suatu objek yang sama. Demikian pula, sistem saraf kita berinteraksi dengan seluruh tubuh kita melalui jalur saraf, yang pada akhirnya mengontrol tubuh kita sesuai dengan tujuan, keinginan, dan kebiasaan kita secara konsisten dan berulang. Tindakan tertentu yang berulang-ulang menciptakan rute yang biasa kita jalani, menjadi semakin menetap seiring waktu, menghasilkan pola perilaku.

Pengulangan adalah Kunci

Ketika kita melatih otak, dengan melakukan berbagai tugas, untuk membangun rute baru, kita perlu untuk mengulanginya berkali-kali agar otak menggolongkannya sebagai rute baru. Maka saat jalur saraf di otak terbentuk ketika makanan yang menenangkan dikonsumsi secara teratur, koneksi sinaptik baru dapat dibentuk dengan mengembangkan kebiasaan baru.

Karena otak terus berkembang, ia dapat membentuk jalur dan kebiasaan saraf baru. Penderita stroke, misalnya, dapat memperoleh kembali fungsi kognitif normal melalui pelatihan. 

Studi menetapkan, dibutuhkan dua puluh satu hari untuk membangun atau menghentikan kebiasaan. Perkembangan kebiasaan ini tergantung pada kemampuan kita untuk melatih otak kita mengembangkan koneksi saraf baru. Tindakan kompleks seperti mengemudikan kendaraan adalah contoh jalur saraf baru yang telah berkembang di otak.

Siapapun dapat membangun perilaku baru dan meningkatkan kualitas hidup mereka dengan mengikuti cara alam bekerja. Dengan tekad yang cukup, Anda dapat menghubungkan kembali koneksi saraf Anda dan mengubah rute otak Anda. 

Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang dapat diikuti:

Amati tindakan Anda setiap saat. Pola berirama dan tenang dapat terlihat di alam, dan kualitas serupa juga dapat ditemukan pada diri Anda. Dengan mengakui bahwa kebiasaan buruk itu bukan Anda atau kesalahan Anda, melainkan sesuatu yang Anda peroleh saat di perjalanan dan menghasilkan pola perilaku yang tidak diinginkan, Anda akan dapat membebaskan diri Anda dari kebiasaan itu secara bertahap.

  • Mengucapkan terima kasih

Sikap negatif akan memundurkan diri Anda. Perlakukan setiap rintangan sebagai kesempatan untuk meningkat dan sambut dengan rasa syukur. Tetapkan tujuan pada diri sendiri untuk mengungkapkan rasa terima kasih setidaknya pada lima individu atas segala sesuatu yang telah mereka lakukan atau atas kualitas yang mereka miliki. Jadikan pengungkapan rasa terima kasih ini sebagai kebiasaan maka kebahagiaan dan kesejahteraan Anda akan meningkat secara menyeluruh.

  • Kecintaan pada kehidupan

Semangat adalah energi, daya, atau kekuatan yang mendorong Anda mengejar tujuan Anda. Sebuah ide hanya sekedar ide jika tidak dibarengi dengan semangat; tidak cukup hanya mengulangi afirmasi positif. Tanyakan pada diri Anda, perasaan apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda? Apa arti penting tujuan tersebut bagi Anda? Pertimbangkan bagaimana perasaan Anda saat berkonsentrasi pada tujuan Anda.

  • Latihan

Salah satu metode paling efektif untuk mengubah rute otak Anda, memerangi depresi, dan bahkan mengurangi risiko Alzheimer dan penyakit neurodegeneratif lainnya adalah dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu merangsang perkembangan neuron di otak dengan meningkatkan kadar faktor neurotropik (BDNF) di otak.

Faktor neurotropik yang ditentukan secara biokimia (BDNF) adalah protein yang mendorong perkembangan neuron dan koneksi baru (sinapsis). Cobalah untuk menggabungkan olahraga rutin Anda dengan lokasi yang dapat menstimulasi (seperti hiking di alam terbuka). Ini akan membantu kelangsungan hidup dan integrasi neuron yang baru terbentuk ini.

  • Tanpa tindakan

Kita tahu bahwa orang yang memiliki kecenderungan karakter bahagia bersedia dan mampu menunda kepuasan. Jika mereka menginginkan sesuatu, mereka mungkin mempertimbangkan biaya dan manfaat jika ingin mendapatkannya saat itu juga. “Saya sangat menginginkan sesuatu, tetapi dengan pertimbangan lebih lanjut, saya harus menunggu,” adalah pola pikir yang berharga untuk dimiliki. Ini menunjukkan kemauan dan pengendalian diri.

Pertimbangkan skenario ini: Anda telah mengeluarkan uang terlalu banyak, namun saat Anda melihat suatu barang, Anda menginginkannya segera. Cobalah membuat komitmen seperti, jalan-jalan ke mal lima kali tanpa membeli apa pun sampai kunjungan kelima.

Paksa diri Anda hanya melihat-lihat, tetapi jangan membeli apa pun sampai kunjungan terakhir Anda. Dengan pengalaman tersebut, Anda akan lebih dekat ke puncak rangkaian kepuasan yang tertunda dan semakin menuju ke arah karakter seseorang yang memiliki kecenderungan bahagia secara alami.

  • Buat gambaran mental tentang apa yang Anda inginkan

Otak tidak membedakan antara apa yang nyata dan apa yang dibayangkan. Mulailah melakukan latihan mental membentuk kebiasaan baru yang meningkatkan kapasitas Anda untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Temukan gambar yang konsisten akan tujuan Anda dan luangkan waktu membayangkannya setiap hari untuk mencapai tujuan Anda.

  • Persahabatan

Pilihlah seseorang di luar keluarga Anda yang Anda merasa nyaman bersamanya dan dapat mengekspresikan diri secara bebas dan bermartabat, orang yang akan menghormati privasi Anda. Menyendiri terlalu lama dapat menyeret Anda ke bawah dan membatasi perspektif Anda.

Puisi dari Jonn Donne:

Tiada seorangpun bak sebuah pulau

Yang terpisah sendirian;

Setiap manusia adalah sebuah potongan kecil dari benua

Suatu bagian dari keseluruhan

  • Meditasi

Orang yang melakukan latihan meditasi secara teratur memiliki hipokampus lebih besar. Hipokampus adalah area otak yang mengatur memori, pembelajaran, dan emosi, serta dapat menghasilkan neuron baru sepanjang hidup kita. Proses ini dikenal sebagai neurogenesis atau regenerasi saraf. Seberapapun jumlah waktu yang dihabiskan untuk mengurangi stres dan relaksasi akan bermanfaat bagi fungsi hipokampus Anda.

  • Lakukan tindakan yang konsisten dengan tujuan anda.

Tindakan Anda harus konsisten sesuai dengan apa yang Anda afirmasi atau sebaliknya. Tidak mungkin Anda menginginkan dan merasakan satu hal namun melakukan sebaliknya. Misalnya, jika Anda tetap mengonsumsi junk food namun mengafirmasi diri tentang hidup sehat dan aktif, Anda tidak akan dapat mengatur ulang otak Anda. Atau, jika Anda pergi ke gym namun mengeluhkan tentang betapa Anda membenci olahraga, Anda tidak akan dapat memperbaiki otak Anda. Tentukan aktivitas apa yang sesuai dengan ide Anda dan apa yang Anda nikmati.

  • Kekuatan pengulangan

Perubahan membutuhkan pembangunan kebiasaan baru. Lagi pula, itu didasarkan pada pepatah barat, “use it or lose it,” yang kurang lebih berarti “jika Anda tidak terus berlatih atau menggunakan kemampuan, Anda mungkin kehilangan kemampuan itu.”

Kita secara sadar berlatih untuk berpikir, mengalami, membayangkan, dan berperilaku sesuai dengan tujuan yang ingin Anda tuju. Maka kebiasaan yang tidak kita sadari -yang mengulang masa lalu- akan dipatahkan, dan Anda akan diberi kesempatan untuk memperbaiki otak Anda sepanjang kehidupan Anda.

Daniel Pinchbeck menulis: “Manusia modern terpaku halusinasi kolektif pada waktu linier, mengabaikan spiral fraktal alam semesta di sekitarnya.” (simonejonker/visiontimes/sia/feb)

Lebih banyak artikel Keluarga, silahkan klik di sini

VIDEO REKOMENDASI