Keluarga

Bagaimana Membantu Anak Anda Dengan Pekerjaan Rumah Mereka Walaupun Anda Tidak Memahaminya

Anak belajar bersama orangtuanya @Canva Pro
Anak belajar bersama orangtuanya @Canva Pro

Banyak orang tua yang harus mengatasi bagaimana cara membantu anak-anak mereka menyelesaikan banyak tugas, termasuk pekerjaan rumah.

Namun, dalam beberapa situasi, Anda mungkin kesulitan dalam memahami bagaimana membantu mereka mengerjakan pekerjaan rumah mereka.

Ini disebabkan oleh banyak hal. Mungkin Anda belum pernah menangani topik yang diajarkan kepada anak Anda.

Beberapa orang tua begitu sibuk dengan pekerjaan mereka sehingga mereka hampir tidak punya waktu untuk mengurus pekerjaan rumah anak-anak mereka. Jadi ketika anak mereka meminta orangtua mereka membantu pekerjaan rumahnya, mereka merasa kesulitan.

Namun, sisi baiknya adalah membantu anak Anda menyelesaikan pekerjaan rumahnya adalah hal yang memungkinkan walaupun Anda tidak menguasai mata pelajaran tersebut.

Tips yang dapat Anda gunakan untuk membantu anak Anda dalam mengerjakan pekerjaan rumah mereka:

1. Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah jangan panik.

Sebelum bereaksi, Anda harus mengatakan pada diri sendiri bahwa adalah normal jika tidak memahami segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan rumah anak-anak Anda. Hanya dengan bersikap tenang dan logis akan membuat prosesnya menjadi lebih sederhana bagi Anda.

2. Waktunya juga penting.

Ketika Anda kembali dari tempat kerja dan merasa lelah, pertama-tama Anda perlu bersantai terlebih dahulu, kemudian makanlah beberapa kudapan yang menyenangkan.

Jangan langsung tenggelam ke dalam pekerjaan rumah tersebut. Setelah siap, Anda dapat melihat pekerjaan rumah anak Anda. Itu akan membuat pekerjaan rumah tersebut lebih mudah untuk diatasi.

3. Pastikan suasananya tepat ketika Anda mencoba membantu anak Anda mengerjakan pekerjaan rumah.

Hilangkan sumber gangguan seperti TV dan ponsel untuk sementara waktu. Ketenangan adalah suatu keharusan agar pikiran Anda bekerja dengan baik.

4. Sebelum memutuskan untuk membantu anak Anda menyelesaikan pekerjaan rumahnya, penting untuk memeriksa terlebih dahulu apakah mereka sudah melakukan upaya atau belum.

Meskipun tidak setiap anak tidak berusaha dulu, terkadang mereka mungkin ingin meminta bantuan orang tua jika merasa mata pelajarannya sedikit lebih sulit dari biasanya.

Jangan mendorong kebiasaan ini. Biarkan anak Anda mencoba menjawab atau memecahkan topik tersebut terlebih dahulu. Anda turun tangan hanya jika Anda benar-benar merasa itu terlalu sulit untuk usia dan tingkat kecerdasan mereka.

5. Jika Anda menemukan pekerjaan rumah yang membuat anak Anda kesulitan menyelesaikannya, Anda dapat membantu mereka.

Ada banyak cara bagi Anda untuk melakukannya. Pertama, periksa buku pelajaran dan catatan kelas anak Anda. Ini akan membantu Anda menemukan contoh soal dan pertanyaan serupa.

Selain itu, ini dapat memberi Anda gambaran tentang cara pendekatan dalam mengatasi topik atau masalah tertentu yang membuat anak terjebak.

Kembangkan solusi alternatif jika pencarian melalui buku dan catatan pelajaran anak Anda tidak berhasil. Situs web adalah sumber ide yang bagus.

Lihat sumber informasi online untuk menemukan jawaban dan penjelasan tentang topik tersebut. Anda mungkin akan menemukan beberapa sumber informasi gratis tentang mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Jika Anda bersedia membayar, ada sumber informasi online berbayar juga.

Kadang-kadang Anda mungkin tidak dapat menemukan sumber informasi tentang tugas rumah anak Anda. Ketika hal semacam ini terjadi, Anda dapat meminta seseorang di lingkungan pertemanan atau pekerjaan Anda yang juga membantu anak-anak mereka dengan kebutuhan serupa.

Mereka mungkin dapat memandu Anda dalam hal ini. Jika ini pun gagal membuahkan hasil, satu-satunya pilihan adalah bertanya kepada guru yang memberikan tugas. Bagaimanapun juga, ini harus dicoba sebagai upaya terakhir. (nspirement/sia/may)

Lebih banyak artikel Keluarga, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI