Keluarga

Bagaimana Memberi Dukungan Tanpa Membela Pasangan Anda

Istri menyemangati suaminya @Canva Pro
Istri menyemangati suaminya @Canva Pro

Ada satu hal yang kita semua sepakat: Penting untuk menyeimbangkan hidup dengan mempertimbangkan semua yang merupakan prioritas.

Ini berlaku juga untuk hubungan, terutama dengan orang yang paling dekat dengan Anda. Penting untuk memberinya dukungan ketimbang mencoba membela atau menyelamatkan orang yang Anda cintai.

Acap kali kita cenderung melakukan hal yang berlebihan sebagai upaya untuk menyelamatkan orang-orang tersayang dari masalah.

Tanpa disadari, dari sinilah sumber masalah berawal? baik bagi orang yang Anda selamatkan dan juga untuk Anda. Perbedaan dan argumen berpengaruh tehadap keseimbangan hubungan.

Apakah Anda memiliki kecenderungan untuk selalu menyelamatkan suami Anda?

Sebagai seorang istri, jika Anda memiliki kecenderungan untuk selalu menyelamatkan suami Anda, yakinlah bahwa Anda tidak sendirian.

Ini adalah masalah umum yang dihadapi para istri tetapi mereka sebenarnya tidak menyadarinya sampai sudah terlambat.

Pada dasarnya, hal tersebut merupakan kecenderungan alami wanita atas rasa peduli. Kebanyakan wanita cenderung berupaya melakukan sesuatu untuk orang-orang ketika mereka terluka atau ketika mereka membutuhkan bantuan apa pun.

Dan jika orang itu adalah suami Anda, Anda pasti akan terjun untuk membantu dan menyelamatkannya dari situasi tersebut.

Pada banyak kasus, ”menyelamatkan” mengarah pada membawa masalah suami ke pundak Anda sendiri. Dan secara bertahap, Anda mungkin akhirnya melakukan semua pekerjaan suami, membawa beban terhadap diri Anda sendiri. Dan suami Anda sangat mungkin tidak memperhatikan masalah Anda.

Hal lain yang muncul dari studi dan survei adalah bahwa ketika seorang wanita terus-menerus membantu dan menyelamatkan seorang pria dengan mengambil alih tanggung jawabnya atau dengan memecahkan masalahnya, pada dasarnya dia memperlakukan pria itu seperti anaknya.

Pria itu mendapatkan kebebasan penuh dari keadaan tersebut dan melakukan apa pun yang dia inginkan tanpa memikirkan konsekuensinya.

Jadilah orang yang memberi dukungan

Jika Anda melihat suami Anda sedang bergumul dengan sesuatu, ada baiknya Anda memberi dukungan daripada langsung bergegas menyelamatkannya. Menyelamatkan suami Anda bukanlah solusi untuk masalah tersebut.

Lagipula, jika Anda terus melakukannya berulang-ulang, suami Anda akan menjadi laki-laki inferior di mata Anda dan lebih seperti seorang anak yang membutuhkan perawatan dan perlindungan terus-menerus.

Berempati adalah baik, Anda dapat menawarkan bimbingan atau membantu. Tapi jangan menganggap masalahnya sebagai masalah Anda sendiri.

Kiat tentang cara memberi dukungan kepada suami Anda

  • Memberinya semangat dan pengakuan?
    Kata-kata yang menyemangatkan membantu meningkatkan tingkat kepercayaan setiap pria. Dan ketika itu datang dari istri, akan bekerja seperti sihir. Ketika Anda menyemangati suami Anda, Anda membantunya meningkatkan kepercayaan dirinya sehingga dia dapat menangani masalah sendiri.
  • Mendengarkan masalah tanpa terburu-buru membantu?
    Terkadang, sekadar berbagi masalah membantu dalam menemukan solusi. Ketika suami Anda stres tentang sesuatu, jadilah pendengar yang baik; itu akan membuatnya merasa lebih baik. Begitu kekhawatirannya berkurang, dia mungkin bisa menemukan solusi untuk masalahnya sendiri.
  • Luangkan sedikit waktu?
    Hanya menahan diri dari melompat untuk membantu suami Anda dalam sekejap mata. Bersabarlah dan luangkan sedikit waktu. Anda akan melihat bahwa suami Anda mungkin mencoba menjadi mandiri dan berusaha memecahkan masalahnya sendiri.
  • Bantuan dengan mengajukan pertanyaan yang mendukung?
    Ajukan pertanyaan yang mendukung yang mungkin memiliki petunjuk bantuan di dalamnya. Suami Anda akan mendapatkan ide dan sekaligus merasa didukung. Selain itu, ia akan dapat berpikir untuk dirinya sendiri, meningkatkan kepercayaan dirinya.

Menyelamatkan suami Anda bukanlah tindakan ideal untuk dilakukan. Itu tidak menunjukkan betapa Anda mencintai suami Anda. Cobalah untuk mendukung dan membantunya mendapatkan kembali kepercayaan dirinya sehingga dia dapat mengatasi masalahnya sendiri. (inspirasi/sia/may)

Lebih banyak artikel Keluarga, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI