Keluarga

Gunakan Tips Ini untuk Menyimpan Dana Pensiun

Pensiun
Pensiun. @Pixabay

Menabung untuk masa pensiun bisa tampak seperti ilmu yang sulit digapai. Namun, dengan strategi tabungan dan investasi yang tepat, tentu bukannya tidak mungkin.

Berapa banyak orang usia di atas 30 tahun yang serius mempertimbangkan bagaimana masa pensiun mereka akan terlihat secara finansial? Sepertinya akan lebih mudah untuk menundanya daripada memikirkannya.

Namun, melihat beberapa saran di situs web, dan mendengarkan pakar keuangan, menghemat cukup uang demi hidup nyaman setelah pensiun bukanlah hal yang mustahil.

Berikut ini adalah garis besar secara kasar tentang apa yang dapat membantu Anda menghemat sejumlah besar uang untuk masa pensiun.

Jangan menghabiskan uang untuk keperluan yang tidak penting

Bagi sebagian orang, ini adalah kebajikan menabung yang paling sulit diatasi. Di zaman sekarang ini, belanja dan konsumsi bukan hanya sekedar kebutuhan untuk bertahan hidup, tetapi juga cara untuk menghilangkan kebosanan, menjadi bagian dari kegiatan sosial, dan menjadi gaya hidup bagi banyak orang.

Menyimpan uang tampaknya sama dengan menjadi miskin di benak kebanyakan orang yang takut untuk mengurangi kopi, makanan ringan, makanan cepat saji, dan hiburan mingguan setiap hari.

Namun, yakinlah ada banyak cara menikmati hidup tanpa harus merogoh kocek lebih dari yang dibutuhkan setiap hari.

“Menurut laporan baru dari Chase Blueprint®, ‘Born to Spend? How Nature and Nurture Impact Spending and Borrowing Habits,’ bagian tertentu dari otak manusia menyala ketika kita menghadapi pilihan, seperti, katakanlah, membelanjakan sesuatu yang kita tahu seharusnya tidak kita lakukan,” demikian yang tertulis dalam sebuah artikel di Forbes.

Hanya untuk memasukkan jenis pengeluaran sederhana ke dalam angka, mari kita ambil kopi ukuran biasa, seperti kopi “berukuran tall” yang Anda dapatkan di Starbucks yang harganya rata-rata 40 ribu. Jika Anda membuat kopi sendiri di rumah dan membawanya ke kantor, dan hanya membeli kopi di akhir pekan, Anda akan menghemat 584 juta setelah 40 tahun.

MENGADOPSI GAYA HIDUP DISIPLIN DAN TETAP PADA ANGGARAN ADALAH KUNCI DALAM BELANJA.

Berapa rata-rata pengeluaran perokok untuk rokok? Jika Anda merokok 3,5 bungkus per minggu, dengan harga rata-rata sekitar 16 ribu per bungkus, Anda akan mengeluarkan biaya 832 ribu per tahun untuk rokok. Selama 40 tahun ke depan, Anda akan menghabiskan 33,3 juta untuk rokok.

Tambahkan rata-rata pengeluaran rokok dan pengeluaran kopi rata-rata yang kami hitung sebelumnya, dan Anda mencapai jumlah total 617 juta. Itu adalah jumlah yang cukup untuk digunakan sebagai tabungan masa pensiun.

Sisihkan uang untuk rencana pensiun

Paket pensiun dapat bervariasi di berbagai negara, dan dapat bervariasi bergantung pada undang-undang dan peraturan negara tersebut.

Di Amerika Serikat, Anda memiliki opsi untuk membayar ke rekening pensiun 401(k). Ini pada dasarnya berarti berapa banyak yang Anda masukkan ke dalam akun setiap bulan adalah berapa banyak yang akan dimasukkan bos Anda juga.

“Jika Anda bekerja di perusahaan yang menawarkan 401 (k) dan mereka setuju untuk berkontribusi, Anda harus benar-benar menabung untuk rencana itu. Ini cara yang bagus untuk mulai membangun tabungan pensiun Anda,” kata Wei-Yin Hu, wakil presiden penelitian keuangan di Financial Engines, California, seperti dikutip U.S.News Money.

Jika Anda wiraswasta, ada cukup banyak opsi yang dapat Anda pilih, sehingga sedikit lebih sulit untuk memilih sarang mana yang Anda inginkan untuk meletakkan telur pensiun Anda.

Menurut Hu: “Ada sebagian orang yang berwiraswasta atau memiliki bisnis sendiri, dan memiliki pilihan yang lebih rumit untuk dibuat.”

Jika Anda memilih untuk menginvestasikan uang Anda dalam reksadana dengan harapan menerima pengembalian yang bagus dari waktu ke waktu, Anda harus mempertimbangkan dua dasar berikut:

Semakin tinggi pengembalian, investasi semakin berisiko, dalam hal kehilangan sebagian uang ketika pasar keuangan tak menentu. Namun, Anda dapat menghasilkan pengembalian yang jauh lebih tinggi dalam waktu yang lebih singkat, jika Anda beruntung.

Di sisi lain, menerima pengembalian yang lebih rendah akan memberi Anda lebih banyak keamanan finansial, tetapi juga akan memakan waktu lebih lama agar uang Anda bertambah.

Kebanyakan orang yang berinvestasi dalam reksadana membayar penasihat keuangan untuk mengurus detailnya. Jika Anda tidak mampu membelinya, jangan khawatir. Anda bisa mendapatkan banyak informasi penting secara gratis dari institusi yang menyimpan uang Anda, dan terkadang mereka menawarkan beberapa jenis program pendidikan untuk investor mereka.

Ada juga Individual Retirement Account (IRA), yang pada dasarnya adalah “rekening tabungan dengan potongan pajak yang besar, menjadikannya cara yang ideal untuk menyisihkan uang tunai demi masa pensiun Anda,” seperti dilansir CNN Money. Ada beberapa IRA yang berbeda untuk dipilih, jadi pastikan Anda mencari tahu lebih lanjut tentang IRA mana yang paling cocok untuk Anda dari seorang pakar.

Bunga majemuk

Menurut para ahli keuangan, menggunakan bunga majemuk untuk menabung adalah cara untuk mendapatkan hasil maksimal dari tabungan Anda. Bunga majemuk, singkatnya, berarti Anda memperoleh bunga dari jumlah tabungan awal Anda, ditambah Anda mendapatkan bunga atas bunga yang terakumulasi di atas tabungan awal Anda dari waktu ke waktu.

Menjadi paham tentang pajak

Hanya segelintir orang yang tidak percaya bahwa melakukan sesuatu dengan sendirinya dapat menghemat uang mereka. Terkadang, bagaimanapun, bukanlah ide yang buruk untuk mendengarkan beberapa saran ahli, atau membiarkan seorang ahli menangani semuanya bersama-sama, seperti pajak.

Mengapa? Nah, sementara kebanyakan dari kita terbiasa untuk sekedar membayar pajak atau potongan setiap bulan, setiap kuartal, atau tahunan, ada juga cara untuk mendapatkan pengembalian pajak jika Anda berusaha untuk mengajukan pengembalian pajak.

Pengembalian pajak pada dasarnya adalah “dokumen yang diajukan kepada otoritas negara bagian atau federal yang menyatakan kewajiban wajib pajak untuk dikenakan pajak, berdasarkan pendapatan tahunan mereka. Jika mereka ditagih terlalu banyak, pemerintah harus mengembalikannya” demikian dilansir WiseGeek.

Turbo Tax menunjukkan 5 Cara Tersembunyi untuk Meningkatkan Kemungkinan Pengembalian Pajak Anda.

Mengapa menyewa jika Anda bisa membeli?

Jika Anda mampu membeli rumah, Anda mungkin menganggapnya sebagai investasi jangka panjang. Jika Anda merasa pekerjaan Anda cukup aman dan Anda tidak keberatan tinggal di area yang sama untuk waktu yang lama, maka membeli rumah mungkin merupakan pilihan investasi yang masuk akal.

Dalam jangka panjang, rumah yang Anda miliki dan nilainya adalah bagian dari jumlah aset yang Anda miliki saat Anda memasuki masa pensiun.

Kesehatan dan kekayaan moral di atas segalanya

Sebuah pepatah Yunani kuno oleh filsuf terkenal Plato mengatakan: “Bagian tidak akan pernah baik kecuali keseluruhannya baik.”

Hal yang sama berlaku untuk kekayaan dalam kaitannya dengan kesehatan. Kesehatan adalah dasar dari semua kekayaan, dan tanpanya, Anda mungkin merasa sangat sulit untuk mencapai tujuan apa pun, terutama di usia pensiun.

Dengan kata lain, uang sebanyak apapun tidak dapat menggantikan kesehatan dan kebahagiaan. (eva/nspirement)



Lebih banyak artikel Keluarga, silahkan klik di sini



VIDEO REKOMENDASI