Keluarga

Manfaat Luar Biasa dari Rutinitas Berlatih Setiap Hari

Lari pagi (Kate Trifo @Pexels)
Lari pagi (Kate Trifo @Pexels)

Saya telah berulang kali menyadari tentang kekuatan dari berlatih sesuatu secara teratur. Setiap hari adalah yang terbaik, saya telah mengalaminya, tetapi beberapa kali seminggu juga akan mendapatkan hasil yang baik juga.

Anda akan terkejut betapa banyak kemajuan yang dapat Anda buat bahkan dengan sedikit latihan yang diterapkan secara teratur. Berikut adalah beberapa contoh dari kehidupan saya:

Latihan yoga 10 menit setiap hari

Saya sangat tidak fleksibel, dan karena saya hanya berlatih yoga sesekali, saya tidak benar-benar membuat kemajuan. Tapi baru-baru ini saya berkomitmen untuk berlatih hanya 10 menit sehari. Ketika saya mulai, bahu saya mengalami kelelahan dalam pose dengan cukup cepat. Tapi sekarang, saya bisa menahannya lebih lama tanpa terlalu lelah. Saya telah melihat beberapa kemajuan yang solid hanya dengan 10 menit berlatih setiap hari. Tentu saja, itu bukan inti dari yoga, tetapi tetap menakjubkan untuk melihat kemajuan yang nyata.

Lari 3 sampai 4 kali seminggu.

Istri saya, Eva, dan saya mulai melakukan rencana pelatihan setengah maraton sekitar enam minggu yang lalu. Kami melakukan lari 3 kali per minggu. Ketika kami memulai, kami berdua sangat tidak bugar. Eva harus berhenti beberapa kali bahkan dalam lari dua mil, dan saya jauh dari kondisi prima. Tapi  enam minggu ke depan—hanya melakukan lari pendek—kami bisa melihat perbedaan besar. Kami tidak memaksakan diri terlalu keras, tetapi hanya melakukannya secara teratur untuk kemajuan yang konsisten.

Belajar hanya 10 hingga 20 menit sehari.

Saya telah mempelajari permainan strategi catur Tiongkok kuno “Go” tahun ini, dan saya masih sangat lemah dalam hal itu. Jika saya memiliki lebih banyak waktu untuk belajar, saya mungkin jauh lebih hebat. Tetapi meskipun saya baru belajar sekitar 10 hingga 20 menit per hari, saya membuat kemajuan yang nyata dengan kemampuan menghitung saya.

Berlatih Chin-up tiga kali seminggu.

Dalam beberapa minggu terakhir, putra saya yang berusia 13 tahun dan saya telah melakukan tantangan berlatih chin-up. Tiga kali seminggu, kami melakukan lima set chin-up di siang hari. Ketika saya mulai, saya hanya bisa melakukan 10 hingga 11 chin-up per set, tetapi sekarang saya dapat melakukan 16 hingga 17 per set—dalam waktu kurang dari dua minggu. Kemajuan semacam itu sungguh menggembirakan.

Cara Membuatnya Berkelanjutan

Hanya sedikit berlatih harian, atau setidaknya beberapa kali seminggu, akan menjadi sangat kuat. Inilah yang telah saya pelajari tentang cara memaksimalkan usaha Anda dan memastikan Anda tetap melakukannya.

Jika Anda mempelajari sesuatu secara teratur, Anda akan lebih sedikit lupa.

Sangat bagus untuk belajar selama beberapa jam, tetapi jika Anda tidak belajar selama beberapa hari setelah itu, Anda akan mulai lupa. Sesi belajar harian, meskipun singkat, akan mengganggu proses lupa. Ini lebih efisien, karena Anda tidak akan tergelincir ke belakang dan akan terus membuat kemajuan.

Jika Anda lemah, Anda akan menjadi lebih kuat tanpa cedera.

Aktivitas fisik bisa mengintimidasi saat Anda lemah (saat yoga, lari, chin-up, apa pun). Tapi dosis kecil aktivitas teratur akan membuat Anda lebih kuat, perlahan. Jika Anda memberi diri Anda tantangan besar, berharap untuk kemajuan yang lebih cepat, maka kemungkinan besar Anda akan terluka, kelelahan, atau kehilangan motivasi karena tingkat kesulitannya. Lambat dan mantap lebih baik.

Kemajuan tidak terlihat pada awalnya

Jika Anda melakukan pelatihan kecil atau sesi belajar, Anda tidak akan melihat perbedaan pada awalnya. Tidak apa-apa; terus melakukannya. Setelah beberapa minggu, Anda akan melihat beberapa kemajuan yang solid. Sebulan ke depan, Anda akan melihat peningkatan besar. Tetaplah begitu.

Dosis Kecil Membuatnya Mudah Dilakukan

Jika Anda ingin berlatih selama satu jam sehari, itu hanya berkelanjutan untuk sementara waktu. Pada akhirnya, Anda akan kehabisan energi, atau segala sesuatunya akan menjadi sibuk dan Anda tidak akan punya waktu untuk sesi Anda. Jika Anda melewatkan dua atau tiga hari berturut-turut, kemungkinan besar Anda akan kehilangan motivasi dan berkecil hati. Lebih baik melakukannya dalam dosis kecil karena lebih mudah untuk memulai ketika Anda tahu Anda hanya melakukan 10 hingga 15 menit. Lebih mudah menemukan waktu dan motivasi untuk sesi kecil.

Pastikan itu Menyenangkan

Melakukan tugas itu membosankan dan sulit, dan Anda akan menundanya, bahkan jika itu hanya sesi 10 menit. Sebaliknya, jangan membuatnya terasa seperti tugas yang harus Anda lalui. Jadikan itu permainan yang Anda nantikan. Atau sesi meditasi mini yang membawa kedamaian dalam hidup Anda, waktu untuk bersantai. Atau momen keajaiban dan keindahan. Buat aktivitas yang Anda nantikan.

Cobalah membawa keajaiban peningkatan diri ke dalam hidup Anda dengan cara yang berkelanjutan, dengan latihan teratur yang dapat dikelola. (Epochtimes/aus)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI