Keluarga

Meditasi untuk Memperbaiki Diri, Anak-anak Ikut Mendapat Manfaat

Kesehatan fisik dan mental berkorelasi langsung dengan kultivasi pikiran dan tubuh seseorang, itulah sebabnya meditasi, sesuatu yang telah ada sejak zaman kuno, semakin banyak digunakan orang-orang dalam masyarakat modern ini dalam upaya menopang gaya hidup mereka.

Banyak jenis meditasi yang bertujuan memperbaiki spiritual seseorang berdasarkan nilai-nilai tradisional Timur kuno dan terbukti memiliki manfaat kesehatan yang besar. Meditasi adalah bagian tradisional dari budaya Timur, dan makin banyak orang Barat yang tertarik.

©Emma Morley

Salah satu contohnya adalah meditasi spiritual Falun Gong (juga dikenal sebagai Falun Dafa), yang sekarang menyebar ke seluruh dunia setelah diperkenalkan ke publik oleh Mr. Li Hongzhi di Tiongkok pada tahun 1992.

Selain lima perangkat latihan meditasi Falun Gong yang lembut dan mudah dipelajari, Falun Gong membimbing praktisi untuk berlatih “Zhen-Shan-Ren” (Sejati-Baik-Sabar), yang merupakan jantung dari budaya tradisional Tiongkok.

©Emma Morley

Sudah diketahui umum bahwa meditasi tidak hanya mengembangkan kesadaran fisik tetapi juga kesadaran mental, yaitu pikiran, yang dapat mengatasi ketakutan, kecanduan merokok, nafsu seksual, penyalahgunaan narkoba dan sebagainya.

Apakah itu di dalam rumah, di taman, atau bahkan di samping danau yang tenang, melakukan meditasi sebentar setiap hari adalah latihan yang menyenangkan dan memiliki manfaat jangka panjang yang sangat positif. Kombinasi kultivasi pikiran dan tubuh membantu mempertahankan kondisi kesejahteraan secara berkelanjutan.

©Minghui

Meditasi memiliki efek menenangkan, yang dapat mengurangi stres dan kegelisahan, menyesuaikan kembali dengan alam. Bagi anak-anak, ini adalah cara yang bagus untuk membantu dalam menopang perkembangan yang sehat dan merupakan kebiasaan sehat yang dapat dilakukan sampai dewasa.

Gadis kecil yang digambarkan di bawah, bernama Fadu, usianya 3 tahun saat foto ini diambil. Dia dibantu oleh ibunya, Jane Dai, untuk berlatih meditasi duduk Falun Gong.

©Minghui

Posisi meditasi dengan kedua kaki bersilang disebut lotus penuh, menyerupai bunga lotus.

Tubuh anak-anak adalah fleksibel, anak laki-laki dan perempuan biasanya tidak menemui kesulitan duduk dalam posisi lotus penuh. Posisi lotus memiliki landasan dan efek menenangkan pada pikiran, khususnya emosi dan tubuh.

Sedihnya, individu-individu tertentu dalam elit penguasa Tiongkok menganggap pertumbuhan meteorik Falun Gong sebagai ancaman terhadap pemerintahan otokratis rezim Tiongkok dan memobilisasi semua tingkatan Partai Komunis, polisi, dan media nasional untuk menganiaya dan menjelek-jelekkan latihan popular ini, yang diperkirakan memiliki 100 juta praktisi pada tahun 1999.

Catatan hak asasi manusia yang mengerikan di Tiongkok bukanlah rahasia, tetapi penganiayaan terhadap Falun Gong – yang melibatkan pengambilan organ secara hidup-hidup – adalah bentuk kejahatan baru yang belum pernah terjadi di dunia sebelumnya.

Ayah Fadu, Chen Chengyong, adalah seorang pria yang jujur dan baik hati yang hidup berdasarkan prinsip-prinsip Falun Gong.

Ketika Fadu berusia 9 bulan, ayahnya dipukuli secara brutal hingga mati oleh kaki tangan rezim Tiongkok hanya karena ia berbicara tentang Falun Gong.

©Minghui

Ketika ayah Fadu dibunuh, Jane melarikan diri bersama putri mereka dan mencari perlindungan di Australia.

Setelah dapat mengatasi rasa kehilangan yang mendalam akan suaminya, Janemerenungkan bagaimana bunga lotus muncul dari lumpur dan mekar dengan indah di atas permukaan air — tidak ternoda dan murni.

©Minghui

Saat itulah Jane mendirikan Petals of Peace, sebuah proyek yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian tentang kisah Fadu kecil, dan tentang penganiayaan yang masih terjadi pada jutaan praktisi Falun Gong di Tiongkok saat ini.

Jane dan Fadu melakukan perjalanan ke lebih dari 40 negara, bahkan hingga ke Afrika Selatan, untuk menceritakan kisah tragis mereka kepada LSM, pemerintah dan kelompok masyarakat.

©Minghui

Petals of Peace cocok untuk segala usia dan populer di kalangan anak-anak, yang mengajarkan bagaimana membuat origami bunga lotus “sebagai lambang perdamaian dan persahabatan bagi anak-anak yang kurang beruntung”.

Proyek yang digagas oleh relawan di seluruh dunia, mengadakan lokakarya di sekolah, festival dan acara komunitas.

Petals of Peace di Moldova (©Minghui)

Proyek ini masih berjalan. Untuk informasi lebih lanjut tentang Petal of Peace, atau untuk mengundang pemrakasa komunitas gratis ini ke daerah Anda, klik di sini.

Proyek ini masih berjalan. Untuk informasi lebih lanjut tentang Petal of Peace, atau untuk mengundang pemrakasa komunitas gratis ini ke daerah Anda, klik di sini.

Untuk menemukan situs latihan Falun Dafa terdekat, klik tautan ini untuk daftar kontak lokal. Semua kegiatan Falun Dafa tidak dikenai biaya. (ntd/bud/eva)