Keluarga

Menyiasati Ruang Kecil Agar Tampak Luas

@pixabay

Sebagian orang memilih tinggal di rumah atau apartemen kecil karena faktor ekonomi. Semen­tara pertambahan jumlah penduduk yang berdampak pada meningkatnya kebutuhan tempat tinggal menyebabkan harga rumah melonjak naik sehingga tren rumah sederhana atau apartemen kecil mulai diminati sebagai cara me­nyiasati meningkatnya kebutuhan rumah atas permintaan konsumen.

Namun ada beberapa orang yang menyukai tinggal di rumah atau apartemen kecil dengan alasan lelah mengurus rumah besar dan in­gin “berhemat.”

Sementara yang lain berpenda­pat tidak ingin rumah besar. Kecil itu indah, mudah dan praktis!

Menempati tempat kecil, pasti­nya Anda perlu membuat beberapa kompromi untuk dekorasi rumah, hal-hal berkaitan dengan tata letak benda harus sepenuhnya terorga­nisir, dan perlu dibuat beberapa penyesuaian pada kebiasaan Anda untuk membuat segalanya pas dan tidak terkesan sempit.

Jika Anda menginginkan rumah kecil Anda terlihat leluasa, bisa dengan mengubah beberapa deko­rasi dan letak guna membuat area tersebut terlihat lebih luas tanpa harus mengganti dinding! Dengan warna, susunan perabot, dan penca­hayaan yang menarik, ruang Anda tidak akan terlihat penuh sesak.

Berikut beberapa tips yang ber­manfaat untuk ruang kecil Anda di rumah.

• Singkirkan barang-barang usang atau tak terpakai

Tidak ada yang membuat sebuah ruang kecil terasa sempit selain menimbun terlalu banyak barang. Jalan keluar untuk menciptakan kelegaan dengan menyimpannya di sudut-sudut tersembunyi seperti di balik pintu, atas lemari, gantungan dinding atau rak-rak.. Dengan se­gala sesuatu tersusun rapi dan tidak menghalangi pandangan, tampak ruangan yang luas dan terbuka.

Jangan menutupi jalan

Dengan adanya perabot atau barang menghalangi pandangan masuk dan keluar ruang akan me­nyebabkan sebuah ruangan terlihat sempit. Untuk menciptakan ke­san luas, Anda bisa mengatur letak perabotan sedemikian rupa hingga tidak menghalangi jalan masuk ke dalam ruang. Anda juga dapat memilih perabot yang tidak terlalu tinggi seperti sofa rendah tanpa sandaran tangan, bangku, meja ren­dah, atau Anda bisa memindahkan perabot yang tinggi ke area sepan­jang dinding.

Penataan prabotan yang tidak tepat menyebabkan ruangan terkesan sempit (Image: podlesakpetr/pixabay)

Pilihlah warna yang terang

Warna cerah dan terang men­ciptakan kesan ruang yang terbuka dan lapang. Untuk efek yang opti­mal, pilih paduan lembut dari biru dan hijau.

• Gunakan skema warna mo­nokrom

@pixabay

Warna monokrom (warna yang masih dalam kelompok warna yang sama seperti merah, merah muda) juga membantu membuat sebuah ruang tampak lebih luas.

• Keseimbangan warna

Warna-warna kontras cenderung menimbulkan sekatan pada sebuah ruang. Usahakan memilih pera­botan dengan warna yang senada dengan dinding sehingga berkesan menyatu dengan ruang.

Pemilihan warna yang seimbang membantu membuat ruangan tampak luas (Image: Unsplash)

Warna-warna kontras cenderung menimbulkan sekatan pada sebuah ruang. Usahakan memilih pera­botan dengan warna yang senada dengan dinding sehingga berkesan menyatu dengan ruang.

• Efek pencahayaan

@pixabay

Setiap ruang akan terlihat lebih besar apabila cukup cahaya, baik alami atau buatan. Hindari pemakaian gorden yang berlebihan dan buka jendela untuk membiarkan cahaya luar masuk ke dalam ruang. (ntdindonesia/chingling)