Keluarga

Mudah Merapikan Rumah Berantakan dengan Metode “Simple”

Rumah berantakan (Getty Images via Canva Pro)
Rumah berantakan (Getty Images via Canva Pro)

Kamar atau rumah yang berantakan bisa terasa semrawut. Ketika barang berantakan, itu seperti berjalan melalui tumpukan yang tidak diketahui, di mana butuh waktu lama untuk menemukan apa yang anda cari.

Selain itu, melihat kekacauan(‘sampah’) menghilangkan ketenangan pikiran anda dan bahkan dapat memengaruhi produktivitas anda dalam menyelesaikan tugas-tugas lain di sekitar rumah.

Saat kekacauan(‘sampah’) menumpuk, merapikan dan mengatur bisa terasa sangat melelahkan. Dari mana anda mulai? Apa yang harus dibuang ke tempat sampah atau tetap di lemari anda? Menurut organisator profesional Kathy Jenkins, jawabannya terletak pada enam langkah metode SIMPLE.

Apa itu metode SIMPLE?

Jika anda mencoba untuk mengatur dan merapikan tanpa rencana, otak anda akan kewalahan memikirkan apa yang harus disimpan, di mana harus meletakkan barang, dan sebagainya, dan hal ini dapat membuat anda cepat lelah. Mengikuti metode SIMPLE memungkinkan anda mengatur selangkah demi selangkah, sehingga menghindari berpikir berlebihan.

Ingatlah SIMPLE – inilah langkah-langkah yang harus diikuti:

  • S(orting) untuk Menyortir yang sejenis
  • I(dentify) untuk Mengidentifikasi apa yang harus disimpan
  • M(aking home) untuk Menentukan tempat untuk itu
  • P(utting) untuk Memasukkan ke dalam wadah
  • L(abel) untuk memberi Label
  • E(stablish) untuk Membuat rutinitas

Dengan langkah-langkah sederhana ini, anda dapat memperoleh kembali kendali atas lingkungan anda dan menjaga barang-barang dan kehidupan rumah anda tetap teratur.

Menerapkan metode SIMPLE:

Yuk Mulai! dengan Menyortir Tumpukan Barang

Pilih apa yang anda ingin rapikan duluan, apakah kamar tidur yang berantakan atau garasi yang berantakan, dan mulailah mengkategorikan barang-barang. Anda dapat memilahnya berdasarkan fungsi, jenis, atau kriteria apa pun yang cocok.

Misalnya, jika anda mengatur lemari dapur, anda mungkin ingin menyortir makanan ringan dari rempah-rempah dan perlengkapan membuat kue. Di kamar, anda dapat mengkategorikan pakaian berdasarkan musim, jenis pakaian, dll. Yang penting barang-barang tersebut dipilah dengan cara yang mudah bagi anda.

Selain itu, disarankan untuk menuliskan kategori dan menempatkannya di tumpukan sortir yang ditentukan. Tanda-tanda ini membantu membuat pengkategorian lebih mudah dan lebih cepat.

Tentukan mana yang Harus Disimpan atau Dibuang

Setelah barang anda disortir, maka saatnya untuk memeriksa setiap tumpukan dan mencari tahu barang mana yang ingin anda simpan atau buang.

Sama seperti yang sering disarankan oleh konsultan beberes Jepang, Marie Kondo, dalam Metode KonMarie-nya, barang-barang yang anda simpan adalah yang masih memicu kegembiraan. Jika anda masih mengalami kesulitan membersihkan tumpukan yang telah diurutkan, berikut tips lainnya:

  • Anda dapat membaginya menjadi subkategori jika berurusan dengan tumpukan yang banyak. Ini akan bekerja dengan baik saat mengatur dan membersihkan pakaian.
  • Untuk barang yang rusak, pilih mana yang akan diperbaiki atau dibuang. Barang yang mau diperbaiki harus diperbaiki sesegera mungkin.
  • Untuk barang usang yang masih bisa digunakan, putuskan apakah akan dibuang, diperbaiki, atau disumbangkan.
  • Jika anda memiliki barang sejenis atau barang dengan penggunaan yang serupa, maka simpan barang yang lebih sering anda gunakan dan buang atau sumbangkan yang lainnya.

Mau Disimpan Dimana? 

Anda selesai mengkategorikan, membuang, dan memilih barang mana yang disimpan. Apa yang terjadi selanjutnya? Tentu saja, saatnya mencari tempat khusus untuk barang-barang anda. Wadah atau kotak penyimpanan sangat bagus untuk pemisahan yang mudah saat mengatur barang.

Anda dapat menetapkan laci, rak, atau lemari untuk objek tertentu, seperti bahan pembersih atau pakaian. Sementara itu, barang yang berbeda dengan kegunaan yang sama dapat ditempatkan di dalam kotak dan diberi label. Sementara beberapa orang mungkin menganggap pelabelan terlalu berlebihan, tetapi pelabelan kotak dan wadah berguna untuk menemukan barang lebih cepat dan mengetahui di mana harus meletakkan barang setelahnya.

Rutinitas: Menjaga ketertiban

Rumah yang rapi dan teratur mengundang kebahagiaan, produktivitas, dan ketenangan pikiran, oleh karena itu sebaiknya anda tetap menjaganya seperti itu. Setiap minggu, luangkan setidaknya 30 menit untuk menyimpan atau membuang barang-barang untuk meminimalkan tumpukan barang tidak rapi di sudut-sudut rumah Anda.

Jika anda menjadikan rutinitas pembersihan ini secara harian atau mingguan, beres-beres tidak akan terasa seperti pekerjaan berat yang memakan waktu lama.

Dan satu hal yang perlu diingat, awal mula kekacauan adalah disebabkan oleh keputusan yang tertunda. Anda menunda memutuskan untuk menaruh barang-barang pada tempatnya ketika anda baru pulang dan memilih untuk meletakkannya begitu saja di meja depan. Anda menunda merapikan meja setelah bekerja. Anda menunda membersihkan dapur setelah selesai masak, dan sebagainya.

Dan kekacauan mengundang kekacauan. Anak anda atau pasangan anda juga akan mulai menaruh barang-barang di meja yang dibiarkan berantakan, akhirnya pekerjaan beres-beres menjadi seperti tanpa akhir.  Jadi, pastikan selalu tertib, jangan tunda untuk menaruh barang-barang pada tempatnya setelah Anda menggunakannya atau setelah Anda membelinya.(nspirement)

Lebih banyak artikel Keluarga, silahkan klik di sini.

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

VIDEO REKOMENDASI