Keluarga

Penelitian Baru Membuktikan Waktu Luang Bersama Ayah Membantu Prestasi Anak

Anak bermain bersama Ayahnya @Canva Pro
Anak bermain bersama Ayahnya @Canva Pro

Banyak anak yang merasa kesepian dan berujung pada penggunaan gadget untuk mengatasinya terutama karena mereka tidak mendapatkan cukup waktu dan perhatian dari Orang tua mereka.

Terkadang, kurangnya perhatian dan waktu berkualitas bersama orang tua menyebabkan isolasi, depresi, dan timbulnya masalah mental pada anak.

Temuan dari penelitian baru-baru ini mengisyaratkan bahwa menghabiskan waktu berkualitas dengan Ayah mereka membuat segalanya menjadi lebih baik pada anak-anak.

Studi tersebut menunjukkan mereka yang mendapat cukup waktu dari Ayah mereka menjadi lebih baik dalam studi mereka dibandingkan dengan mereka yang tidak bisa menghabiskan cukup waktu dengan Ayah mereka.

Sebuah tim peneliti dari Universitas Leeds mempelajari data yang diambil dari Studi Millennium Cohort yang mengambil sampel ±4.000 anak.

Temuan ini dianggap ideal meskipun memasukkan variabel pengukur lain, termasuk pendapatan rumah tangga, jenis kelamin anak, etnis, status pekerjaan Orang tua, dan lain-lain.

Para Ibu dibandingkan para Ayah lebih merasa mereka menghabiskan cukup waktu dengan anak-anak mereka. Tingkat prestasi pada anak-anak bervariasi berdasarkan jenis kelamin dan kemakmuran.

Peneliti utama studi, Dr. Helen Norman, mengatakan: “Kami menemukan banyak dari anak-anak mencapai tingkat pencapaian yang baik pada tahun-tahun awal ketika secara teratur Ayah terlibat dalam kegiatan mengasuh anak seperti menggambar dan melukis, bermain, dan membaca bersama anak-anak mereka.” Ia menambahkan, sebagian besar Ibu berpandangan bahwa mereka sudah memberikan waktu yang cukup untuk anak-anaknya.

Hal-hal yang dapat dilakukan Ayah yang sibuk untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama anak

Seringkali, kita membaca artikel tentang bagaimana Ibu harus menyeimbangkan waktu antara pekerjaan formal dan waktu membesarkan anak.

Kami menaruh empati bagi para perempuan dengan tantangan yang mereka hadapi, tetapi pada saat yang sama, kami berharap mereka tidak akan mengecewakan sebagai pengasuh anak mereka.

Tetapi ketika berbicara tentang Ayah, kita kebanyakan mengesampingkan masalah mengasuh anak.

Laporan dari penelitian menunjukkan bahwa menghabiskan waktu bersama Ayah membantu anak-anak berprestasi lebih baik di sekolah.

Berbagi tugas dengan si kecil

Mintalah anak Anda untuk menolong dan membantu Anda dalam melakukan pekerjaan rumah tangga atau menjalankan berbagai macam tugas. Tugas itu mungkin membosankan bagi Anda, tetapi itu akan membawa kegembiraan besar bagi mereka.

Bantu mereka dengan pelajaran

Luangkan waktu sejenak dari jadwal super sibuk Anda dan bantu anak Anda belajar. Periksa apa yang mereka pelajari, jawab pertanyaan untuk mereka, dan bantu mereka dalam mempersiapkan pelajaran.

Bermain dan membacakan dongeng kepada mereka

Anak-anak suka mendengarkan cerita. Bacakan untuk mereka atau gunakan imajinasi Anda untuk membuat sebuah cerita. Anda juga dapat memainkan berbagai jenis permainan yang mereka sukai.

Percakapan empat mata

Tahukah Anda bahwa melakukan percakapan empat mata dengan anak Anda membantu mempererat ikatan batin keduanya? Meski hanya sebentar, bicaralah dengan anak Anda.

Tanyakan apa yang mereka rasakan, apakah mereka ingin membicarakan sesuatu, tanyakan tentang sekolah dan teman, dan lain-lain. Anda akan merasakan ikatan yang semakin kuat. (nspirement/sia/may)

Lebih banyak artikel Keluarga, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI